Logo Daihatsu
Menu

Berapa Standar RPM Normal Mobil Matic? Ketahui Disini!

Otomotif

2022-08-09

standar rpm yang normal untuk mobil matic

Bicara soal otomotif memang tidak akan pernah kehabisan materi untuk dibahas termasuk hal-hal penting tentang RPM. Setiap mobil yang dipasarkan tentu memiliki RPM yang berbeda-beda termasuk mobil matic. Lantas berapa nilai standar RPM normal mobil matic? Untuk selengkapnya simak ulasan berikut ini. 

Standar RPM yang Normal Mobil Matic

Tidak semua pengemudi mobil mengetahui berapa nilai standar RPM kendaraan mereka termasuk mobil matic.

Padahal RPM merupakan indikator berupa jarum petunjuk untuk menentukan berapa kali crankshaft mesin berputar, sehingga sangat penting untuk Anda  ketahui. Dari RPM tersebut Anda dapat mengetahui kinerja mesin mobil ketika berkendara.

Lalu berapa nilai standar RPM untuk mobil matic?

Mobil Matic mempunyai standar RPM normal yang sudah di desain memiliki nilai rata-rata sekitar 2.500 hingga 3.000 RPM.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu RPM simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Yuk, Cari Tahu 5 Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

Apa Itu RPM (Revolutions Per Menit) ?

Secara singkat fungsi RPM dapat diartikan sebagai satuan  yang digunakan untuk menghitung berapa kecepatan putaran mesin dan dihitung menggunakan menit.

Sementara di kalangan pengemudi, secara teknis tidak sedikit yang salah mengartikan apa itu RPM? Banyak yang mengira bahwa RPM merupakan singkatan dari Rotation Per Menit. Padahal yang benar adalah Revolutions Per Menit. 

Meskipun revolusi dan rotasi memiliki pergerakan secara melingkar, tetapi memiliki arti yang berbeda.

Gerakan berputar mengelilingi poros benda disebut rotasi, contohnya seperti gasing, sedangkan revolusi merupakan gerakan mengelilingi pusat benda, contohnya bumi berputar mengelilingi matahari. 

Bagaimana Cara Membaca RPM Mesin?

Setelah Anda mengetahui apa itu RPM dan fungsinya? Sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara kerja RPM dan membacanya.

RPM memiliki indikator berupa lingkaran yang disertai dengan gauge (meter petunjuk) dan penunjuk berupa jarum.

Gauge ini sering disebut juga tachometer atau RPM meter. Pada tachometer tertera angka 1 sampai dengan 10, yang masing-masing angkanya dikonversikan menjadi ribuan.

Sehingga pada saat jarum penunjuk menunjuk ke angka 3 maka bisa diartikan poros engkol pada mesin mencapai 3.000 RPM. 

Baca Juga : 3 Hal yang Menyebabkan Motor Keluar Asap Putih Saat RPM Tinggi

Alasan Mengapa Tachometer Memiliki Desain Manual

Alasan tachometer dibuat dengan tampilan desain manual adalah untuk memudahkan pengemudi membaca indikator tersebut.

Karena pada kondisi pedal gas ditekan maka RPM bisa berubah sangat cepat dengan respon waktu kurang dari sedetik. Jika menggunakan angka-angka maka akan terlalu sulit dibaca oleh pengemudi. 

Apakah RPM mesin memiliki hubungan terhadap kecepatan mobil dan efisiensi penggunaan bahan bakar?

Ketika bicara soal RPM mesin, pertanyaan yang sering kali timbul adalah apakah berdampak pada kecepatan mobil dan efisiensi penggunaan bahan bakar?

Untuk perihal kecepatan, RPM tidak memiliki hubungan karena kecepatan putaran RPM bersifat revolusi dan tidak mempengaruhi putaran roda yang bersifat rotasi. 

Sedangkan untuk hal efisiensi penggunaan bahan bakar, RPM memiliki pengaruh yang signifikan. Apabila RPM mobil naik maka kinerja mesin juga meningkat sehingga semakin banyak bahan bakar yang digunakan.

Oleh karena itu selalu perhatikan nilai RPM mobil Anda agar tidak berdampak pada efisiensi penggunaan bahan bakar. 

Nah, setelah mengetahui apa itu RPM dan nilai standar RPM normal mobil matic seperti di atas. Semoga Anda bisa  lebih bijak dalam mengemudikan mobil.

Pastikan gunakan RPM mobil dalam batas normal untuk menghindari masalah dan kerusakan pada mobil di kemudian hari. Dapatkan juga tips aman berkendara di website Daihatsu


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-Jenis Mobil Daihatsu Lama, Yuk Lihat Daftarnya

2023-10-10

Beberapa tahun terakhir ini, minat terhadap mobil keluaran tahun lama atau mobil jadul semakin meningkat. Bahkan, penggemar mobil jadul ini sudah merambah ke kaum mi

thumbnail

Cara Perbaiki Velg Mobil Penyok dan Harus Segera Ditangani

2021-03-02

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang setiap komponennya harus diperhatikan dengan baik. Tidak hanya untuk kenyamanan berkendara, komponen-komponen mobil juga perlu

thumbnail

Cara Memanaskan Mobil Matic Berapa Lama? Ini Langkahnya

2022-12-29

Mobil matic saat ini memang banyak digemari di Indonesia, karena cara penggunaannya mudah. Mobil jenis ini, bak primadona bagi kaum hawa dan kaum pemula yang hendak

thumbnail

Jangan Disepelekan, Ini Efek Buruk dari Tutup Tangki Bahan Bakar yang Kotor

2021-12-30

Salah satu bagian mobil yang seringkali diabaikan oleh sang pemilik ialah tutup tangki bahan bakar. Hal ini cukup disayangkan, karena efek lubang tutup