Logo Daihatsu
Menu

Biar Nggak Rugi, Ini Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas

Otomotif

2020-12-22

pick up bekas

Tips membeli mobil pick up bekas merupakan cara yang perlu diterapkan biar mendapat mobil pick up bekas yang sesuai ekspektasi. Mobil pick up sendiri termasuk mobil angkutan barang yang khusus digunakan untuk keperluan bisnis dan usaha atau jasa transportasi.

Soal penggunaannya, mobil jenis ini mungkin terbiasa mengangkut beban berat, barang kering atau basah, hingga perilaku pengemudi yang nggak bisa ditebak seperti apa gaya menyetirnya. Perlu ketelitian dan berhati-hati biar nggak rugi, mengingat jam terbang alias penggunaan mobil pick up jauh lebih berat ketimbang mobil penumpang biasa. 

Apalagi kalau sudah berpindah-pindah tangan beberapa kali. Bisa dibayangkan betapa sulitnya mencari mobil pick up bekas yang masih prima yang cocok untuk jenis usaha kita. 

Tips Membeli Mobil Pick Up Bekas

Memang tidak mudah dalam mencari mobil pick up bekas dengan kondisi yang baik dan layak. Namun ada beberapa hal yang bisa jadi patokan sebelum membeli mobil pick up bekas biar nggak rugi. Apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Sesuaikan dengan kebutuhan 

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum beli mobil pick up bekas adalah menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan jenis usaha. Hal ini sangat membantu karena mobil pick up hadir dengan spesifikasi yang berbeda. 

Ada yang mengandalkan kapasitas muatan yang lebih besar, hingga mesin yang bandel dan lincah untuk angkut barang jarak jauh. 

2. Cek bagian depan mobil 

Memeriksa body depan mobil pick up bisa mengetahui paling tidak 50 persen dari kondisi mobil. Kenapa demikian? Jangan sampai terkecoh dengan harga mobil pick up bekas yang terlalu mahal, kondisi body depan yang masih bagus menandakan tidak ada indikasi mobil pernah mengalami kecelakaan hingga terguling. Paling mudah, coba ketuk dengan jari dan lihat reaksinya. 

Jika terdengar bunyi nyaring alias suara kaleng, maka mobil masih dalam kondisi bagus. Sedangkan kalau suara ketukan cenderung meredam, mobil tersebut sudah pernah didempul akibat penyok. 

3. Kondisi bak 

Kondisi bak mobil pick up juga perlu jadi pertimbangan. Pilih mobil dengan bak yang masih rata dan tidak bergelombang. Bak mobil yang bergelombang menandakan kalau mobil sering digunakan mengangkut barang kecil dan berat, misalnya batu, tong besi, mesin genset dan lain sebagainya. Hal itu bisa membuat beban terpusat di bak pada titik tertentu saja atau tidak merata. 

4. Rangka mobil 

Rangka mobil adalah bagian yang paling rawan dan perlu jadi perhatian lebih bagi calon pembeli mobil pick up bekas. Rangka mlbil yang baik bisa dilihat dari kondisi rangka yang halus, tidak ada, tidak ada lekukan, dempul bahkan keropos. 

Lihat juga kondisi rangka mobilnya apakah masih lurus dan sejajar dengan roda atau tidak. Kalau saat mobil berjalan namun terlihat miring, tandanya rangka mobil tidak lurus. Kemudian periksa juga kesesuaian nomor rangka dengan STNK,

5. Periksa suspensinya 

Mobil pick up yang menggunakan suspensi berupa leaf spring atau daun, maka dipastikan mobil bisa diandalkan. Artinya mobil bisa berjalan stabil meski tengah mengangkut beban berat. 

Periksa juga bagian shock breaker masih dalam kondisi baik dan seimbang baik bagian belakang atau depan mobil. Sebisa mungkin hindari mobil pick up yang shockbreakernya bocor atau jebol akibat muatan yang berlebih.  

Jangan lupa juga saat memilih mobil pick up bekas untuk memeriksa kelengkapan surat atau dokumen mobil seperti BPKB, STNK sampai KIRnya. Pastikan semuanya lengkap dan asli agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Itulah tips memilih mobil pick up bekas biar nggak rugi. Semoga bermanfaat! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penting, Ini Fungsi Lampu Mundur Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui

2021-08-31

Semakin hari mobil sebagai kendaraan utama semakin dibekali dengan banyak fitur keamanan yang menarik. Salah satunya adalah lampu mundur mobil. Lampu ini cenderung lebih

thumbnail

Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil yang Banyak Digunakan Saat Ini

2021-01-07

Salah satu komponen yang keberadaannya cukup penting pada kendaraan bermotor, yaitu suspensi. Suspensi ini merupakan komponen yang berfungsi dalam meredam kejutan, serta

thumbnail

Tips Mengetahui Metal Duduk Mobil Mulai Aus dan Penyebabnya

2022-03-19

Metal duduk yang sudah aus biasanya akan memberikan pertanda tertentu yang perlu Anda waspadai. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih lengkap beserta penyebabnya, se