Logo Daihatsu
Menu

Boros atau Irit? Begini Cara Menghitung Konsumsi BBM

Otomotif

2021-03-22

 Cara Menghitung Konsumsi BBM

Sebagian pemilik kendaraan roda empat tentu akan memperhatikan angka konsumsi BBM yang dimilikinya. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah bahan bakar yang digunakan boros atau irit. Tetapi, tidak sedikit juga orang yang belum paham akan cara menghitung konsumsi BBM. Daripada penasaran, yuk simak ulasan detailnya berikut ini!

1. Isi Penuh Tank dan Catat Odometernya

Cara pertama yang bisa Anda terapkan untuk menghitung pemakaian BBM yaitu dengan mengisinya tangki bahan bakar secara penuh. Ada baiknya, Anda melakukan hal ini sebelum melanjutkan rutinitas menggunakan kendaraan yang dimiliki. Hal ini bisa memudahkan Anda nantinya untuk menghitung pemakaiannya selama seharian penuh. 

Selain itu, Anda bisa menentukan jarak kilometer atau jarak tempuh dengan cara mencatat kilometer odometer sesudah mengisi BBM. 

Jika Anda sudah mencatat BBM di dari odometer Anda, maka langkah berikutnya menentukan cara hitungnya. Rumus untuk menghitungnya yaitu B-A/F = Hasil Kilometer. Perlu diketahui A merupakan kilometer awal, B kilometer akhir, dan F indikator konsumsi BBM. 

2. Melakukan Aktivitas Sehari Hari 

Apabila ingin mengetahui cara menghitung konsumsi BBM, tentu kendaraan Anda harus digunakan seperti biasanya. 

Misalnya saja Anda menggunakannya untuk perjalanan melakukan kegiatan sehari hari, yaitu kuliah, bekerja, bepergian jarak jauh, dan lain sebagainya. Hal inilah yang dapat menentukan seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang Anda gunakan. 

Baca Juga: Jenis BBM di Indonesia yang Mesti Sahabat Ketahui

3. Isi Kembali saat BBM Sudah Menipis

Tidak berhenti sampai disitu saja, beberapa cara lainnya adalah dengan mengisi kembali bahan bakar kendaraan. Apabila kendaraan telah digunakan selama seharian penuh, nantinya pengisian kedua akan tertera seberapa besar selisih pemakaian BBM sehingga lebih mudah dibandingkan. 

Dengan cara ini Anda bisa mengetahui seberapa besar konsumsi yang telah digunakan apakah irit atau boros. Anda bisa mencatat BBM yang telah digunakan untuk melakukan rutinitas sehari hari dengan tepat. Langkah ini menjadi cara menghitung konsumsi BBM yang mudah jika Anda tidak ingin menghitung dengan cara menggunakan rumus. 

4. Menggunakan Oli Sintetis

Langkah berikutnya yang bisa diterapkan itu menggunakan oli sintetis. Hal ini menjadi salah satu cara jitu untuk menghitung konsumsi BBM yang Anda miliki. Penggunaan oli sintetis diketahui dapat menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan hingga mencapai 5 persen, sehingga membuat pengeluaran semakin berkurang. 

5. Memperhatikan Cara Mengemudi Dengan Tepat

Selain menggunakan oli sintetis, cara menentukan konsumsi bahan bakar pada kendaraan roda empat bisa dilakukan berdasarkan cara mengemudi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penggunaan BBM. 

Jadi, akan sangat krusial jika Anda tidak memperhatikan poin ini. Sebab, cara mengemudi akan menentukan seberapa besar konsumsi bahan bakar Anda.

Cara menghitung konsumsi BBM bisa diketahui dari cara mengemudi. Menginjak pedal gas kendaraan roda empat Anda dibatas yang kurang normal akan membuat konsumsi bahan bakar semakin banyak. 

Sebaliknya, jika Anda mengemudi dalam keadaan normal dan sesuai batasan, maka konsumsi BBM akan lebih irit dan hemat pengeluaran. 

Menghitung konsumsi bahan bakar kendaraan roda empat tidak sesulit  yang Anda bayangkan. Anda bisa memulainya dengan cara mencatat odometer bahan bakar. Setelah itu, Anda bisa menggunakan rumus untuk mengetahui angka pastinya.

Selain itu, langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mengisi bahan bakar kembali dan melihat seberapa biaya yang dikeluarkan. 

Baca Juga: Pilihlah Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mesin Mobilmu


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu ECM (Engine Control Module) Pada Mobil? Ini Fungsinya

2023-09-29

Perkembangan teknologi di bidang otomotif, khususnya mobil sangat berkembang pesat. Beberapa tahun terakhir ini, mobil-mobil di pasaran sudah dilengkapi dengan fitur

thumbnail

Kisaran Harga Kaca Spion Mobil Daihatsu, serta Tips untuk Memilihnya

2020-12-22

Mengetahui kisaran harga kaca spion Daihatsu adalah hal yang harus diketahui terlebih dulu, saat hendak membeli kaca spion untuk mobil Daihatsu milik Sahabat. Mengetahui

thumbnail

Plat D Daerah Apa? Ini Informasi Selengkapnya!

2024-01-15

Plat D merupakan kode kendaraan dari daerah apa? Jika Anda belum mengetahuinya, mari perhatikan informasi berikut. Kendaraan Plat D dari Daera