Logo Daihatsu
Menu

Bukan Hanya Sekadar Aksesori, Inilah Fungsi Penting Rongga Grill Mobil

Otomotif

2021-03-17

fungsi grill mobil

Rongga grill mobil adalah celah pada grill yang fungsinya tidak banyak diketahui. Kebanyakan, pengguna mobil tidak begitu memperhatikan ini dan memasang grill hanya sekadar sebagai aksesori padahal fungsi rongga grill mobil begitu penting.

Untuk tahu apa saja fungsi rongga grill mobil, yuk langsung simak saja penjelasan berikut! Dari penjelasan fungsi rongga grill mobil di bawah ini, Sahabat juga bisa menambah ilmu mengenai otomotif sehingga tidak sembarangan ketika menentukan akan membeli mobil jenis apa.

Identitas Sebuah Mobil

Seperti yang kita semua tahu bahwa letak grill ada di bagian depan mobil. Letaknya yang sangat strategis untuk dilihat itu dimanfaatkan oleh brand mobil untuk memamerkan logo perusahaan sebagai identitas mobil. Biasanya, logo tersebut terdapat di bagian tengah grill sehingga sangat mudah untuk diketahui merk mobil apa.

Oleh sebab hal ini, banyak perusahaan mobil yang mendesain bentuk grill dengan berbagai model dengan bentuk-bentuk rongganya yang beragam, mulai dari yang begitu renggang hingga sempit. Fungsi rongga grill mobil menjadi tumpuan keestetikan sendiri untuk sebagian mobil.

Nah, karena memang juga dikhususkan berfungsi sebagai penambah penampilan mobil agar lebih manis bahkan gagah, beberapa mobil memang mendesain grill mobil dengan sedemikian rupa. Rongga grill mobil ada yang didesain secara vertikal ataupun horizontal sebagaimana identitas yang ingin ditonjolkan oleh suatu brand untuk mobil keluarannya.

Meningkatkan Aerodinamika Mobil

Fungsi rongga grill mobil yang begitu penting untuk performa mesin adalah bisa meningkatkan aerodinamika mobil. Hal ini bisa terjadi jika bentuk rongganya tidak terlalu lebar sehingga udara yang menabrak dari bagian depan ketika mobil dioperasikan sehingga mobil menjadi lebih aerodinamis.

Meningkatnya aerodinamika mobil ini akan membuat performa mobil menjadi lebih optimal sehingga mesin bekerja dengan begitu baik. Itulah mengapa semakin ke sini, desain grill mobil semakin minim lubang sehingga fungsi rongga grill mobil menjadi lebih maksimal.

Desain lubang yang minim pada rongga grill mobil itulah yang akan membuat area bagian depan mobil dialihkan secara langsung ke sisi-sisi mobil sehingga tidak mengganggu performa mesin.

Bahkan ya, Sahabat, ada beberapa mobil yang khusus mendesain rongga grill mobil bisa dibuka tutup sehingga bisa optimal fungsinya, baik untuk sisi estetika maupun performa mesin.

Saluran Udara

Fungsi rongga grill mobil yang satu ini tentu saja tidak bisa dimungkiri, yaitu untuk saluran udara. Udara ini tentu saja berasal dari luar selama mobil dijalankan dan berfungsi sebagai pendingin mesin.

Mesin yang sedang dijalankan tentu saja akan memiliki temperatur yang tinggi sehingga perlu didinginkan. Udara yang berasal dari rongga grill inilah yang memiliki jasa hebat sehingga mesin tidak mengalami overheat.

Itulah fungsi rongga grill mobil yang ternyata sangat penting. Tidak hanya sekadar untuk pemanis tampilan mobil dan tempat logo terpampang ya, Sahabat. Jadi, jangan sampai luput dari perhatian, sebab grill juga memiliki peran penting untuk keseimbangan fungsional mobil.

Nah, ketika sudah tahu sepenting itu fungsi rongga grill mobil, Sahabat tentunya harus rajin merawat bagian tersebut dong. Jangan sampai dibiarkan dalam keadaan kotor terlalu lama tanpa dibersihkan karena bisa menimbulkan jamur.

Terlebih letaknya di bagian depan dan dianggap sebagai jantungnya identitas suatu mobil sehingga jika memiliki tampilan yang kurang baik tentu saja akan membuat keseluruhan mobil menjadi kurang enak dipandang.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Modifikasi Mobil Daihatsu Taruna yang Unik dan Inspiratif

2023-09-29

Memberikan Daihatsu Taruna modifikasi dapat membuat kendaraan Anda terlihat menjadi up to date. Berikut ini adalah beberapa inspirasi modifikasi unik dan menarik yan

thumbnail

5 Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi dan Cara Memperbaikinya

2023-05-09

Klakson mobil tidak bunyi kerap kali terjadi begitu saja sehingga membuat para pengemudi bingung dan panik. Pasalnya komponen yang satu ini memiliki peranan vital ya

thumbnail

Cara Mengecek Dinamo Starter yang Bermasalah

2021-01-12

Dinamo merupakan komponen dalam mobil yang perlu dirawat secara berkala. Pasalnya, jika bagian krusial ini rusak maka dapat berpotensi menyebabkan mobil susah distarter.

thumbnail

Fungsi Kunci Socket Pada Mobil dan Cara Menggunakannya

2023-03-15

Kunci shock atau kerap disebut juga kunci socket merupakan peralatan penting bagi pemilik mobil. Ada banyak fungsi kunci soket seperti mengencangkan baut dan sebagai