Logo Daihatsu
Menu

Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Benar

Otomotif

2022-08-22

Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Benar

Aki mobil merupakan komponen vital yang mempengaruhi sistem kelistrikan mobil. Komponen ini berfungsi sebagai cadangan listrik dan menyuplai kebutuhan listrik secara menyeluruh. Aki yang sudah tekor dapat mempengaruhi performa mobil bahkan menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba sehingga penggantian aki harus diperhatikan. Berikut cara melepas aki mobil yang benar dan cara memasangnya kembali. 

Cara Melepas Aki Mobil Yang Benar

Meski terlihat mudah, cara melepas aki tidak bisa sembarangan karena air aki bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Berikut cara mudah aki yang benar :

1. Siapkan Peralatan Penggantian

Langkah pertama, Anda siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk melepas atau memasang aki seperti tang, obeng, kunci pas, wadah, agar proses penggantian lebih cepat, dan efektif, tanpa perlu mondar-mandir.

2. Matikan Mesin Mobil

Sebelum proses pelepasan aki, sebaiknya Anda matikan terlebih dahulu mesin mobil apabila masih menyala karena dapat menyebabkan korsleting. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati.

3. Lepas Kutub Negatif

Selanjutnya, Anda lepas kutub negatif aki. Perhatikan tanda minus dan warna hitam agar tidak salah saat melepas.

4. Lepas Kutub Positif

Selanjutnya, lepas kutub positif dengan memperhatikan tanda plus atau warna merah. Lepas kabel, baut dan klem secara hati-hati.

5. Lepas Bracket

Bracket merupakan penghubung antara rangka mobil dan aki. Lepas bagian bracket dengan kunci pas nomor 12 atau 10. 

6. Angkat Aki Lama atau Aki Rusak Secara Hati-Hati

Selanjutnya, angkat aki lama atau aki rusak yang akan diganti secara hati-hati. Perhatikan posisi aki saat diangkat dari kerangka mobil. Posisi harus tegak dan tidak miring untuk menghindari air aki yang tertumpah. 

Baca Juga : Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung Ke Aki

Cara Memasang Aki Yang Benar

Setelah mengetahui cara melepas aki yang benar, berikut beberapa cara memasang aki yang benar dan aman :

1. Pastikan posisi aki tidak miring ketika dipasang

Jika Anda ingin memasang kembali aki lama, Anda harus membersihkan bagian terminal aki agar tidak ada endapan di bagian terminal. Setelah itu Anda bisa langsung memasangnya.

Namun jika Anda ingin memasang aki baru, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah pasang aki pada bracket dengan posisi tegak lurus dan tidak miring seperti posisi sebelum dilakukannya pelepasan aki. 

2. Pasang kabel kutub positif terlebih dahulu

Berbeda dengan cara melepas aki, yang mewajibkan melepas kutub negatif untuk menghindari korsleting. Pada proses pemasangan justru kabel kutub positif yang harus dipasang terlebih dahulu untuk menghindari percikan api yang timbul.

3. Pasang kabel kutub negatif

Selanjutnya, pasang kabel kutub negatif. Anda tidak perlu khawatir jika pada proses pemasangan kabel kutub negatif timbul percikan api karena percikan tersebut akan berhenti bila kepala aki sudah terpasang sempurna.

4. Pastikan kabel dan seluruh klem terpasang sempurna

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, pastikan seluruh kabel dan klem sudah terpasang sempurna seperti kondisi sebelum melakukan proses pelepasan aki.

Cek dengan teliti apakah sudah terpasang dengan benar atau belum, jika kabel kendor atau tidak terpasang dengan tepat segera perbaiki agar mobil bisa menyala. 

5. Nyalakan mobil kembali

Setelah proses pemasangan selesai, coba nyalakan mesin mobil untuk mengetahui pemasangan aki sudah berhasil atau belum.

Namun jika mesin tidak mau menyala secara terus menerus meskipun sudah dilakukan pelepasan dan pemasangan berulang, sebaiknya Anda dapat menghubungi dealer Daihatsu terdekat untuk mengatasi keluhan Anda.

Itulah cara melepas dan memasang aki mobil yang aman dan benar. Semoga bisa membantu, ya. Jangan lupa kunjungi artikel menarik lainnya mengenai otomotif hanya di web Daihatsu.co.id.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apakah Oil Sludge Bisa Terjadi pada Mobil Matic?

2022-08-22

Oil sludge merupakan istilah untuk menyebut lumpur oli atau kotoran yang berasal dari hasil oksidasi maupun pencemaran pada oli mesin. Hal ini mungkin saja terjadi pada semua jenis kendaraan, terma

thumbnail

Tips Ampuh Membuka Baut Berkarat

2022-08-22

Baut pada kendaraan lama kelamaan akan berkarat, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Jika baut sudah berkarat, maka akan sulit dibuka. Simak hingga akhir arti

thumbnail

16 Komponen Differential dan Fungsinya Untuk Mobil

2022-08-22

Bicara tentang performa mobil saat berkendara dengan jarak jauh, tidak terlepas dari peran komponen differential. Ketika mendengar nama komponen tersebut, mungkin sebagian orang merasa asing. Namun

thumbnail

Kisaran Harga Airbag Mobil Beserta Daftar Mobil yang Sudah Dilengkapi Airbag

2022-08-22

Mengetahui kisaran harga airbag mobil adalah hal yang perlu Sahabat lakoni, bila Sahabat tertarik membeli