Logo Daihatsu
Menu

Yuk Simak Cara Memasang Aki Mobil yang Aman

Otomotif

2021-01-14

cara memasang aki mobil

Cadangan listrik utama pada kendaraan terdapat dalam Aki. Komponen tersebut bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan listrik pada mobil. Jika Aki tidak berfungsi secara optimal, maka akan menghambat pengguna mobil dan menyebabkan mesin tidak menyala. Maka dari itu, berikut cara memasang aki mobil yang tepat ketika terjadi masalah. 

1. Melepas Aki Lama Terlebih Dahulu

Mengganti aki agar bekerja seperti sedia kala harus melewati beberapa tahapan. Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu dengan melepas aki lama. 

Agar aman, sebaiknya lepas kabel, klem pada katup negatif, dan baut terlebih dahulu. Setelah itu, lanjutkan dengan melepaskan pada bagian kutub positifnya yang ada di aki. Perlu diingat mencabut katup harus dimulai pada negatif terlebih dahulu. 

Hal ini dikarenakan jika Anda melepas kabel positif terlebih dahulu dan secara tidak sengaja menjatuhkan alat kerja di bagian tersebut, maka akan menimbulkan bahaya. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah hubungan arus pendek listrik yang tidak diinginkan. 

Sementara itu, Jika mendahulukan katup negatif pada komponen aki yang dilepas, aliran listrik pada kendaraan akan langsung terputus. Apabila semua kabel beserta klem sudah terlepas, maka Anda harus mengangkat aki tersebut dengan tegak supaya cairan di dalam aki tidak tumpah. 

Baca Juga: Rahasia Umur Aki Panjang

2. Melakukan Pembersihan di Bagian Komponen Aki yang Berkarat 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa keadaan klem dan kabel pada Aki. Jika terdapat karat atau kotoran membandel, Anda bisa menggunakan cairan pembersih anti karat. 

Selain itu, Anda juga dapat menggosoknya dengan alat tambahan agar menghilangkan karat tersebut. Biasanya karat ini menempel pada ujung kabel dan menjadi penghalang aliran listrik,

3. Memasang Aki Baru dengan Tepat 

Cara memasang aki mobil ini cukup mudah dan simpel untuk dilakukan. Setelah memastikan kondisi kabel serta klem aki bersih dan tidak berkarat, maka Anda bisa melanjutkan untuk memasang aki baru pada kendaraan. Anda hanya perlu memasang aki dengan cara yang berlawanan seperti halnya melepas aki lama. 

Anda dapat meletakkan aki pada posisi dudukannya dengan tegak lurus. Setelah itu pasangkan kabel bagian positifnya terlebih dahulu. 

Jika sudah, Anda harus melanjutkan dengan memasang kabel negatif pada aki. Langkah ini penting untuk dilakukan agar mencegah potensi munculnya percikan api pada bagian katup positifnya. 

Jangan lupa memastikan semua klem dan kabel terkunci dengan tepat. Langkah selanjutnya, Anda dapat menyalakan mesin mobil yang Anda miliki. Jika mobil dapat menyala, berarti cara memasang aki mobil yang Anda lakukan berjalan dengan lancar. Sehingga Anda dapat menutup kap kendaraan roda empat Anda dan melanjutkan perjalanan. 

Itulah beberapa cara untuk memasang aki pada kendaraan roda empat. Anda hanya perlu memastikan untuk melepas sesuai urutan yaitu dari kabel katup negatif dan dilanjutkan katup positif. Selanjutnya untuk memasang aki lakukan berkebalikan dengan mendahulukan katup positif, lalu katup negatif. 

Baca Juga: Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Timbulkan Suara Berisik, Ini Ciri Tensioner Mobil yang Sudah Rusak

2021-01-12

Seringnya pemakaian, memang terkadang membuat mesin pada kendaraan roda empat cepat rusak. Hal ini tentunya membuat Anda sebagai pemilik kendaraan akan kebingungan bagai

thumbnail

Apa yang Dilakukan oleh Bengkel Ketok Magic? Berikut Jawabannya!

2021-01-20

Apa yang dilakukan oleh bengkel ketok magic adalah hal yang mungkin terbayang di benak Sahabat. Terutama, jika melihat jasa ketok magic, serta orang-orang yang mengandal

thumbnail

Cara Mudah Membuat Charger Aki Mobil Sendiri

2020-11-17

Aki merupakan salah satu komponen penting yang terdapat dalam semua kendaraan bermotor, seperti mobil. Tanpa adanya aki, maka per

thumbnail

5 Bengkel Ketok Magic Jakarta, Kualitas Terbaik dan Harga Terjangkau

2021-01-18

Ketok Magic adalah proses sederhana dalam memperbaiki mobil yang rusak. Cepat dan harga terjangkau menjadikan ketok magic banyak digemari oleh pemilik mobil. Mungkin tid