Logo Daihatsu
Menu

Cara Memanaskan Mobil Matic Berapa Lama? Ini Langkahnya

Otomotif

2022-12-29

Cara Memanaskan Mobil Matic Berapa Lama? Ini Langkahnya

Mobil matic saat ini memang banyak digemari di Indonesia, karena cara penggunaannya mudah. Mobil jenis ini, bak primadona bagi kaum hawa dan kaum pemula yang hendak belajar menyetir mobil. Meski masyarakat Indonesia sekarang ini banyak yang memiliki mobil matic. Namun, tidak semuanya memahami cara memanaskan mobil matic yang benar. 

Lantas bagaimana cara yang benar? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Cara Memanaskan Mobil Matic yang Tepat

Cara memanaskan mobil matic perlu dilakukan secara rutin, seperti 2-3 kali dalam seminggu, meski mobil tidak digunakan. Tujuan utama memanaskan mobil secara rutin, bertujuan agar kualitas mesin mobil semakin prima. Mobil yang jarang dipanaskan, dapat membuat kondisi mesin sudah untuk dihidupkan. 

Selain itu, juga dapat membuat laju mobil tersendat-sendat ketika berjalan. Mobil matic juga tidak boleh dipanaskan terlalu lama. Apabila kondisi mesin terlalu panas, maka dapat menyebabkan beberapa masalah baru. Mulai dari busi mudah kotor, korosi di bagian pipa knalpot, boros bahan bakar, hingga menyebabkan mobil overheat

Lantas berapa lama waktu yang tepat untuk memanaskan mobil matic? Jika mobil matic digunakan setiap hari, Anda cukup memanaskan mobil selama 1 hingga 3 menit.

Namun, sekiranya mobil matic Anda jarang digunakan, atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Anda bisa memanaskan mobil matic selama 10-15 menit. 

Baca Juga : 7 Tips Memanaskan Mobil Jarang Dipakai Agar Tidak Rusak

Berikut langkah-langkah dan cara memanaskan mobil matic, antara lain :

1. Nyalakan mesin terlebih dahulu

Untuk memanaskan mobil matic, Anda perlu menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Posisikan kontak mobil dari posisi off ke on. Tunggu beberapa saat hingga indikator mesin mati, untuk menghindari aki mudah soak

2. Atur tuas transmisi di posisi P

Cara memanaskan mobil matic selanjutnya, Anda bisa mengatur posisi tuas transmisi ke posisi P. Jika posisi sudah tepat, starter mobil. Anda pasti bertanya-tanya mengapa sebelum memanaskan mobil matic harus memindahkannya ke posisi P terlebih dahulu? Seperti diketahui, setiap mobil matic memiliki beberapa tuas, seperti P, D, dan N. Setiap tuas transmisi tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Tuas P artinya posisi mobil sedang parkir atau diam. Posisi tuas N memiliki arti netral, dan posisi D artinya drive atau berjalan. Apabila Anda memanaskan mobil dengan posisi tuas transmisi D dan N, dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan. Apalagi jika Anda tidak sengaja menginjak pedal gas. Kondisi tersebut dapat membuat mobil langsung bergerak bebas sehingga berpotensi menabrak objek di depannya. 

Baca Juga : Bagi yang Belum Tahu, Ini Sejumlah Fungsi Tuas Pada Mobil Matic

3. Hindari memanaskan mobil terlalu lama

Setelah mobil Anda di starter, biarkan kondisi mesin mobil matic Anda menyala sesuai waktu ideal pemanasan mesin mobil, yaitu 1-3 menit. Hindari memanaskan mobil terlalu lama jika mobil digunakan untuk keperluan harian, kecuali mobil jarang digunakan. Apabila mobil dipanaskan terlalu lama dapat menimbulkan beberapa masalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. 

4. Pindahkan tuas transmisi ke posisi D apabila hendak berkendara

Jika Anda hendak bepergian setelah memanaskan mobil, Anda bisa memindahkan posisi tuas transmisi dari P ke posisi D. Tujuan pemindahan tuas tersebut, agar mobil mudah bergerak dan mudah untuk dikendalikan. 

Demikian, beberapa cara yang bisa Anda praktikan ketika hendak memanaskan mobil. Bagaimana, sangat mudah bukan? Agar kondisi mesin mobil matic Anda selalu prima. Anda bisa melakukan perawatan secara rutin di bengkel profesional atau dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Arti Tanda Bulatan Kuning di Ban Mobil dan Fungsinya

2021-12-20

Ban merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan. Tahukah Anda bahwa terdapat tanda kuning di

thumbnail

Komponen Sistem Kemudi Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

2022-10-21

Sistem kemudi mobil bisa dibilang sistem yang paling penting karena berfungsi sebagai pengatur arah gerak roda mobil. Oleh karena itu, Anda wajib memahami komponen s

thumbnail

Seperti Apa Ciri Kompresor AC Mobil Rusak?

2020-12-03

Mengetahui ciri kompresor AC mobil rusak adalah mutlak adanya. Mengetahui hal itu bikin Sahabat paham mengapa sebuah kompresor AC mobil bisa mengalami kerusakan. Jika Sahabat belum mengetahui hal i

thumbnail

9 Komponen Blok Silinder Mobil, Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-01-18

Komponen blok silinder mobil merupakan salah satu komponen krusial pada mesin mobil. Komponen tersebut bisa dibilang memiliki fungsi yang beragam. Agar Anda lebih me