Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Memasang Selang Radiator Mobil, Ini Langkah Mudahnya!
28 Agustus 2023
Cara Memasang Selang Radiator Mobil, Ini Langkah Mudahnya!

Sudah seharusnya para pemilik mobil mengetahui cara memasang radiator mobil. Selang radiator mobil berfungsi sebagai penghubung radiator mobil dengan blok mesin. Selang ini terbagi atas dua bagian yaitu selang atas atau upper hose, dan selang bawah atau lower hose. Jika selang ini mengalami kerusakan atau bocor maka kinerja radiator dalam mendinginkan mesin akan terganggu sehingga menimbulkan mesin mobil overheat. Agar hal tersebut dapat dicegah, Anda perlu mengetahui cara memasang selang radiator yang benar seperti berikut.

Cara Memasang Selang Radiator Mobil yang Benar dengan Mudah

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memasang selang radiator mobil. Berikut cara selengkapnya.

1. Kuras terlebih dahulu sistem pendinginan mesin mobil

Sebelum Anda memasang selang radiator mobil, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Salah satunya, dengan menguras sistem pendingin ketika kondisi mesin mobil sudah benar-benar dingin. Seperti diketahui, pemasangan selang radiator sebaiknya, dilakukan dengan melakukan penggantian selang radiator yang aus atau rusak dengan yang baru.

2. Kendurkan klem selang radiator

Langkah selanjutnya, Anda kendurkan klem selang radiator yang retak atau pecah. Caranya mudah, Anda tinggal mengendurkan klem dan menarik selang dari sambungan, baik itu sambungan ke blok mesin ataupun sambungan ke radiator.

3. Lepaskan selang

Langkah selanjutnya, Anda bisa melepaskan selang dari sambungan selang. Mungkin Anda perlu mengeluarkan tenaga yang lebih besar lagi apabila selang sudah terpasang dengan kurun waktu yang lama. Hal tersebut biasanya membuat selang menjadi macet dan sulit untuk di lepas. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan pisau untuk memotong selang radiator.

4. Ganti selang radiator yang lama dengan yang baru

Setelah selang radiator yang lama atau aus sudah Anda lepas. Selanjutnya, Anda perlu memasang klem selang kembali ke selang radiator yang baru. Selanjutnya, Anda perlu memasukkan selang radiator ke sambungan selang, baik bagian blok mesin atau radiator mobil. Dorong selang radiator ke depan, sembari memutar selang ke arah kiri dan ke kanan agar proses pemasangan selang menjadi mudah. Dorong terus hingga selang radiator baru masuk sampai ke titik dimana pemasangan selang radiator lama dilakukan.

5. Lakukan pemasangan klem lagi

Jika klem selang radiator mobil yang Anda gunakan memiliki daya pegas. Anda hanya perlu menekan dan menggeser klem ke tempat pemasangan klem, kemudian lepaskan. Pastikan klem tersebut melewati area bubungan (area sambungan selang dengan selang). Namun, jika Anda menggunakan klem selang radiator dengan tambahan baut. Anda perlu menggunakan bantuan kunci pas atau obeng untuk mengencangkan selang. Pastikan selang terpasang cukup kencang, namun jangan terlalu kencang. Jika selang terpasang terlalu kencang, akan menyusahkan Anda apabila hendak melakukan pemasangan selang radiator kembali.

6. Lakukan pengisian ulang air pendingin (air radiator)

Ketika selang radiator sudah terpasang, Anda bisa melakukan pengisian ulang air pendingin atau air radiator. Selanjutnya, Anda perlu memeriksa kembali bagian selang radiator. Pastikan selang radiator yang baru Anda pasang tidak tertekuk, ataupun mengalami kebocoran. Jika, kebocoran terjadi, periksa bagian klem apakah sudah terpasang dengan rapat atau tidak. Rapatkan klem, atau ganti klem selang jika diperlukan.

7. Nyalakan mesin

Selanjutnya, Anda perlu menyalakan mobil untuk mengetahui apakah ada kebocoran klem atau selang pada sambungan radiator. Jika tidak ada kebocoran, berarti pemasangan selang radiator mobil sudah pas. 

Mengingat pentingnya peranan selang radiator terhadap kinerja radiator dalam mencegah overheat. Sudah sepatutnya, Anda rutin mengganti selang radiator bersamaan ketika Anda menguras air radiator. Anda bisa melakukan penggantian setiap mobil menempuh jarak 20.000 kilometer atau setiap enam bulan sekali. Jika Anda merasa kurang ahli dalam melakukan penggantian selang radiator, Anda bisa meminta bantuan mekanik kompeten dengan mengunjungi bengkel Daihatsu

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku