Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Mobil-mobilan dari Kardus Bekas Pasta Gigi

Family

2020-12-01

cara membuat mobil mobilan dari kardus

Kardus adalah barang yang sangat mudah ditemukan di rumah. Banyak sekali barang yang dikemas dengan kardus, mulai dari makanan hingga barang elektronik. Adakalanya kardus ini hanya menjadi sampah yang tidak berguna.

Tetapi ternyata Sahabat dapat menyulap kardus bekas menjadi mainan mobil-mobilan. Apalagi mobil mainan dari kardus ini tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuatnya bersama anak. Berikut ini cara membuat mobil-mobilan dari kardus pasta gigi.

Cara Membuat Mobil Mobilan Dari Kardus

Mobil mobilan dari kardus dapat dibuat bersama anak dengan usia minimal tiga tahun ke atas. Beberapa langkah mungkin akan cukup berbahaya bagi anak karena menggunakan benda tajam seperti cutter atau gunting. Pastikan Sahabat untuk berhati-hati dan mendampingi anak saat membuat mobil mobilan dari kardus ini.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Ada berbagai macam jenis dan ukuran kardus. Sahabat dapat menentukan kardus dengan ukuran seperti apa yang akan digunakan untuk membuat mobil mobilan dari kardus. Kardus yang cukup mudah ditemukan di rumah adalah kardus pasta gigi atau kardus susu.

Setelah menentukan kardus yang akan dipakai, siapkan alat seperti cutter, gunting, penggaris, spidol, cat air, tutup botol (jika menggunakan kardus berukuran kecil seperti) dan tusuk sate.

Membuat Pola Mobil yang Diinginkan

Cara membuat mobil mobilan dari kardus selanjutnya adalah membuat pola mobil. Kardus yang digunakan pada cara membuat mobil mobilan kardus ini adalah kardus pasta gigi dengan ukuran kecil.

Membuat Bagian depan Mobil

Pada badan kardus yang terdapat logo produk, buat garis miring kira-kira 5 cm dari ujung kardus. Buat garis miring yang sama pada sisi satunya. Setelah itu potong menggunakan gunting. Pastikan Sahabat menyisakan dua sisi lainnya yang tidak dipotong.

Pada sisi lain yang tidak dipotong, masukan ke dalam kardus tadi hingga terlihat seperti kepala mobil bus. Rekatkan dengan lem sisa kardus tadi.

Membuat Bagian Roda

Setelah mendapatkan kepala mobil, sekarang waktunya membuat roda mobil. Siapkan dua tusuk sate dan juga empat tutup botol bekas. Untuk hiasan, Sahabat dapat menempelkan kertas berwarna pada tutup botol bekas. Lubangi botol bekas tersebut.

Pada kardus pasta gigi tadi, tusuk menggunakan bagian tusuk sate yang runcing hingga menembus sisi satunya. Ulangi untuk bagian belakang mobil. Lalu masukan tutup botol bekas yang sudah dilubangi.

Menghias Badan Mobil

Mobil Sahabat sekarang sudah hampir jadi sedikit lagi. Sahabat hanya tinggal menambahkan beberapa potong kertas berwarna untuk membuat jendela dan juga pintu mobil. Caranya, ukur terlebih dahulu di kertas yang akan digunakan. Setelah mendapatkan hasil yang diinginkan, gunting dan rekatkan dengan lem pada badan mobil.

Nah sekarang mobil mobilan dari kardus bekas pasta gigi sudah jadi dan siap dimainkan.

Membuat mobil-mobilan dari kardus pasta gigi ini cukup mudah dilakukan. Jika Sahabat memiliki kardus yang lebih besar lagi, Sahabat dapat membuat mobil-mobilan dengan ukuran yang lebih besar. Bahkan Sahabat dapat membuat mobil-mobilan dari kardus yang bisa dinaiki oleh anak. Tentunya proses pengerjaannya pun akan lebih sulit jika dibandingkan dengan cara membuat mobil mobilan dari kardus pasta gigi ini.

Karena terbuat dari kardus mobil-mobilan ini mudah sekali untuk rusak. Agar mobil-mobilan dari kardus tidak cepat rusak, pastikan kardus tidak terciprat air. Letakan mobil-mobilan ini pada tempat yang mudah terlihat sehingga tidak terinjak.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Hati-Hati! Inilah Bahaya Tidur Larut Malam Bagi Ibu Hamil!

2021-03-16

Kalau Sahabat adalah seorang ibu yang tengah hamil, mohon untuk tidak terlalu sering tidur larut malam. Pasalnya, tidur larut malam bisa menyebabkan bahaya untuk Sahabat

thumbnail

Cara Memperoleh Kewarganegaraan Indonesia Melalui Perkawinan

2020-12-03

Menurut Undang-undang nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, seseorang dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan dengan beberapa kriteria. Pertama, orang asing yang menik

thumbnail

Alasan Jitu Supaya Jangan Ada yang Bertanya Lagi tentang Membersihkan Rumah Tanggung Jawab Siapa!

2021-03-16

Membersihkan rumah adalah sebuah rutinitas yang tidak bisa dielakkan lagi. Terlebih, rumah menjadi tempat pulang dan sebagian besar waktu dalam seharinya dihabiskan di r

thumbnail

Catat! Inilah Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

2021-02-11

Menyantap makanan sehat merupakan salah satu hal yang mesti dilakukan ibu hamil muda. Melakukan hal tersebut bisa janin dalam kandungan menjadi sehat dan kuat. Ada beber