Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Membuat Rute Perjalanan di Google Maps, Mudah & Cepat!
13 April 2023
Cara Membuat Rute Perjalanan di Google Maps, Mudah & Cepat!

Mengetahui cara membuat rute perjalanan di Google Maps merupakan hal yang sangat bermanfaat. Pasalnya aplikasi peta ini akan mempercepat perjalanan Anda sampai ke tujuan. Karena aplikasi ini mampu menentukan rute mana yang sedang padat kendaraan atau tidak. Selain itu, aplikasi ini juga mampu memberikan informasi mengenai estimasi waktu tempuh perjalanan. Lantas bagaimana cara pengoperasiannya yang tepat? Untuk selengkapnya, yuk perhatikan cara berikut ini.

5 Cara Membuat Rute Perjalanan di Google Maps

Ada beberapa cara membuat rute perjalanan di Google Maps yang perlu Anda ketahui ketika hendak melakukan perjalanan. Berikut cara selengkapnya. 

1. Menentukan lokasi tujuan terlebih dahulu

Sebelum Anda memulai perjalanan dengan menggunakan aplikasi Google Maps, Anda perlu menentukan lokasi tujuan perjalanan Anda terlebih dahulu. Caranya, Anda buka layanan Google Maps terlebih dahulu. Tunggu hingga halaman aplikasi tersebut terbuka.

Selanjutnya, Anda cari tulisan pencarian atau search. Setelah itu, Anda klik bagian tersebut, dan jangan lupa masukkan lokasi atau nama wilayah yang Anda tuju. Jika sudah, tekan tombol enter.

Baca Juga :  Yuk Simak Cara Melacak Mobil Dengan Google Maps yang Mudah

2. Pilih menu rute

Setelah langkah di atas selesai, Anda perlu mencari bagian menu rute, lalu tekan tombol rute tersebut. Selanjutnya, Google Maps akan menampilkan beberapa pilihan rute beserta estimasi waktunya. Selanjutnya, Anda pilih moda transportasi yang Anda gunakan, misalnya Anda menggunakan mobil atau motor.

Jika sudah, Google Maps akan memberikan estimasi dan rute yang tepat sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan. Disini Anda bisa memilih rute mana yang menurut Anda paling cepat, dan Anda kuasai.

3. Gunakan titik antara

Apabila Anda ingin mampir ke beberapa tempat ketika melakukan perjalanan. Anda bisa menambahkan fitur titik antara pada layanan rute. Misalnya, Anda ingin mengunjungi SPBU terdekat, atau singgah ke pusat oleh-oleh atau masjid, titik antara bisa memberikan informasi mengenai rute terdekat dan terbaik. 

Untuk menggunakan fitur ini, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menekan gambar ikon +. Fitur ini bisa Anda temukan di bagian kolom lokasi awal perjalanan dan tujuan terakhir perjalanan. Selanjutnya, Anda masukkan nama lokasi yang ingin Anda kunjungi, misalnya Masjid Istiqlal.

4. Memanfaatkan mode satu arah

Langkah selanjutnya, Anda bisa memilih mode satu arah agar Anda mendapatkan rute yang terhindar dari kemacetan. Untuk caranya sendiri, Anda cukup menekan tombol opsi satu arah. Tombol tersebut biasanya terdapat di bawah kolom lokasi tujuan awal dan akhir. 

Baca Juga : Cara Mudah Setting Ganjil Genap di Google Maps

5. Tekan tombol simpan

Setelah Anda mendapatkan rute perjalanan terbaik sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa menyimpan rute tersebut dengan menekan tombol save atau simpan. Jangan lupa berikan nama pada rute perjalanan Anda tersebut.

Agar nantinya Anda bisa menemukan rute tersebut dengan mudah apabila dibutuhkan. Selain itu, Anda bisa membagi rute perjalanan Anda ke sanak saudara yang juga melakukan perjalanan di lokasi tujuan yang sama. 

Demikian beberapa cara membuat rute perjalanan di aplikasi Google Maps yang bisa Anda praktikkan. Bagaimana, sangat mudah dipahami bukan? Selain, menggunakan beberapa fitur di atas, untuk memudahkan perjalanan Anda, Anda bisa menggunakan fitur lainnya seperti fitur lalu lintas. 

Fitur ini akan memberikan gambaran kondisi lalu lintas secara langsung atau lintas, Anda juga bisa menggunakan fitur dekat saya, untuk menemukan SPBU, ATM, atau tempat kuliner terdekat ketika sedang melakukan perjalanan. Atau bisa juga menggunakan fitur lain seperti street view, waze atau tanya pada ahli. 

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku