Logo Daihatsu
Menu

Yuk Simak Cara Melacak Mobil Dengan Google Maps yang Mudah

Tips & Trick

2021-03-22

melacak mobil di gmaps

Semakin berkembangnya teknologi yang ada, maka mobil bisa dilacak dengan menggunakan GPS dengan mudah. Dengan kecanggihan fitur ini, maka Anda bisa memantau dan melacak armada kendaraan roda empat Anda dengan mudah. Bagi Anda yang ingin menikmati kemudahan ini, maka tidak perlu khawatir. Berikut cara melacak mobil dengan Google Maps dengan mudah!

1. Unduh Aplikasinya

Sebelum dapat melacak kendaraan roda empat dengan Google Maps, Anda perlu memastikan apps sudah terpasang. 

Hal ini akan sangat berguna untuk mengetahui posisi kendaraan yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi tindak kejahatan dan penyalahgunaan. 

2. Menyambungkan Ke Ponsel 

Setelah berhasil mengunduh aplikasi, Anda perlu mendaftarkan akun. Klik sign in dan masukkan username serta password yang telah Anda buat sebelumnya. 

Namun, jika Anda hanya ingin menggunakan Google Maps, maka langsung saja masuk ke akun email yang masih aktif. Jika sudah, maka akan langsung teralihkan pada halaman utama Google Maps.

Cara melacak mobil dengan Google Maps selanjutnya yaitu menyambungkan ke perangkat yang dimiliki agar mendapatkan pemberitahuan.  

Jika sudah, Anda bisa menekan tombol tambahkan perangkat GPS dan klik jenis mobil pada ID akun. Sebagai saran, agar lebih mudah ditemukan, Anda bisa menggunakan nama Anda untuk kendaraan roda empat yang dimiliki. 

Baca Juga: Cara Mudah Setting Ganjil Genap di Google Maps

3. Berbagi Lokasi Kendaraan

Jika sudah Log In, maka Anda akan mendapatkan tampilan Google Maps dengan titik dimana mobil Anda berada. Di sini Anda bisa  mengubah tampilan peta yang ada dengan memilih ikon di sebelah kanan. 

Dalam pilihan tersebut Anda bisa menentukan tampilan Maps mulai dari satelit yang tampak dari atas hingga default yang menampilkan peta jalan tanpa bangunan. 

Lanjutkan cara melacak mobil dengan Google Maps untuk mengetuk lingkaran kecil di sebelah kanan yang berwarna biru. Ikon ini akan menunjukkan dimana perangkat yang Anda miliki. 

Selanjutnya berbagi lokasi atau share location. Karena sudah dihubungkan ke perangkat, maka secara otomatis sudah terdaftar pada akun Google dan bisa dilacak. 

Baca Juga: Ini 5 Aplikasi GPS Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Unduh

4. Tentukan Waktu Lama Berbagi Lokasi

Jika sudah, Anda bisa menentukan berapa lama durasi yang ingin dibagikan. Waktu ini akan menampilkan secara real time lokasi yang ada. Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini. Hal ini sangat penting untuk memudahkan Anda dalam memantau lokasi terkini mobil yang Anda miliki jika digunakan orang lain. 

5. Mengecek Riwayat Perjalanan 

Selain itu, Google Maps juga bisa memantau riwayat perjalanan yang sudah dilakukan. Disini akan tertera dari mana saja perjalanan yang sudah dilakukan. 

Apabila tidak menerima notifikasi yang ada di perangkat, maka pastikan ponsel Anda sudah terhubung dengan sambungan internet atau WIFi. Dengan begitu, Anda bisa melihat riwayat perjalanan tersebut. 

Riwayat perjalanan bisa diketahui dengan cara menekan menu sebelah kanan. Kemudian, pilih riwayat perjalanan, maka akan langsung tertera. 

Cara melacak mobil dengan Google Maps ini akan memudahkan Anda dalam memantau lokasi kendaraan roda empat secara real time. Tidak hanya itu saja keberadaan mobil juga dapat diketahui secara mendetail.

Mengetahui lokasi terkini kendaraan yang Anda miliki bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan Google Maps. Anda hanya perlu memastikan perangkat terhubung dengan GPS yang ada di mobil. 

Dengan begitu Anda bisa memantau mobil secara tepat dan akurat. Hal ini juga akan mencegah adanya penyalahgunaan mobil ataupun potensi pencurian. 

Baca Juga: Aplikasi Waze Vs Google Maps, Mana yang Paling Diminati?


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Mengapa Jalan Tol Harus Bayar

2020-08-18

Di perkotaan besar ataupun jalan lintas provinsi biasanya tersedia jalan bebas hambatan yang disebut dengan jalan tol. Jalan ini disebut memiliki kelebihan di jalanan bi

thumbnail

7 Jajanan Pasar Khas Jogja, Nikmat, Murah, dan Selalu Diburu Wisatawan

2021-02-04

Yogyakarta adalah salah satu kota di Pulau Jawa yang terkenal dengan harga murah untuk setiap makanannya. Terlebih, banyak sekali jajanan tradisional yang tetap lestari

thumbnail

Cara Belajar Efektif untuk Dibiasakan Setiap Hari

2020-11-10

Setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Pernahkan melihat teman yang sepertinya tidak pernah belajar, tapi selalu memahami materi dengan cepat? Di sisi lain, materi yang sudah d

thumbnail

Informasi Daftar Golongan Kendaraan di Tol dan Tarifnya

2023-01-12

Untuk menempuh perjalanan jauh, maka penggunaan tol menjadi opsi terbaik. Sebelum melintas, pastikan kendaraan sudah sesuai dengan aturan golongan yang boleh melewat