Logo Daihatsu
Menu

Aplikasi Waze Vs Google Maps, Mana yang Paling Diminati?

Otomotif

2020-11-23

waze vs google maps

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan Waze dan Google Maps. Jenis aplikasi navigasi yang dikembangkan Google ini, tentunya sering anda gunakan sebagai petunjuk jalan ketika bepergian. Meskipun keduanya dikatakan mempunyai kemampuan navigasi yang baik, namun tentu ada perbedaannya. Lantas, antara Waze vs Google Maps, aplikasi manakah yang lebih unggul?

Keunggulan Waze

Ketika bepergian ke suatu tempat baru yang masih asing, semua orang tentunya akan menggunakan aplikasi navigasi, sebagai penunjuk jalannya. Salah satu aplikasi GPS yang bisa digunakan adalah Waze. Saat menggunakan peranti ini, pengguna akan diberi tahu petunjuk jalannya mulai dari lokasi awal keberadaan hingga sampai di tujuan.

Diantara kelebihan yang dimiliki Waze adalah mampu menampilkan waktu tempuh, menyajikan detail rute yang hendak dilalui, jalur alternatif, dan berbagai informasi lalu lintas. Misalnya saja info kemacetan, kecelakaan, maupun penutupan jalan. Menariknya lagi, lewat Waze, anda juga bisa mendapatkan informasi perubahan jalan satu arah serta razia lalu lintas.

Baca juga: Naik Mobil dari Jakarta ke Bali? Ini Rute dan Tipsnya

Antara Waze vs Google Maps, tentu keduanya mempunyai kelebihan tersendiri. Menjadi aplikasi navigasi yang berbasis komunitas, Waze membawakan fitur yang hampir sama dengan media sosial. Dengan menggunakan aplikasi GPS tersebut, memungkinkan anda bisa membagikan kondisi lalu lintas yang anda lewati kepada pengguna lainnya.

Sehingga, pengguna lain yang menggunakan Waze bisa mengetahui keadaan lalu lintas di jalan tersebut. Misalnya saja, info kecelakaan, pengalihan jalan, jalur alternatif, dan razia polisi. Semua informasi tersebut bisa anda share melalui Waze. Menariknya lagi, aplikasi ini dilengkapi fitur suara navigasi dengan banyak pilihan. Selain itu, Waze juga bisa dipadukan bersama aplikasi streaming music.

Keunggulan Google Maps

Jika Waze merupakan aplikasi berbasis media sosial, maka lain halnya dengan Google Maps yang tergolong masih sederhana. Meskipun begitu, antara Waze vs Google Maps, aplikasi ini lebih detail dalam memberikan informasi rute perjalanan. Google Maps membawakan lebih banyak pilihan rute transportasi, baik untuk pejalan kaki, sepeda, motor, maupun mobil. 

Bahkan, anda juga bisa mendapatkan bantuan akses ke transportasi umum. Tak sampai disitu, aplikasi GPS ini juga akan memberikan anda pertimbangan perjalanan dengan menggunakan transportasi ride sharing lengkap beserta biaya dan estimasi waktu perjalanan. Misalnya saja seperti Grab, GoJek, Uber, dan sebagainya. 

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 7 Aplikasi GPS Mobil Selain Google Maps

Lewat Google Maps, anda bisa mendapatkan informasi mengenai ATM, rest area, tempat ibadah, restaurant, dan lainnya selama dalam perjalanan. Beda dengan Waze yang terintegrasi dengan streaming music seperti Spotify, Google Maps justru terintegrasi dengan layanan Google Assistant dan Google Street View. Jadi, pengguna akan lebih mudah menemukan lokasi.

Aplikasi GPS satu ini sangat membantu pengguna di hampir semua daerah, bahkan wilayah terpencil. Hal ini dikarenakan Google Maps membawakan mode offline, sehingga meskipun tidak ada jangkauan internet, GPS masih bisa berfungsi. Lalu, antara Waze Vs Google Maps, mana yang lebih unggul? Sejatinya, semua tergantung pada kebutuhan anda.

Waze dan Google Maps memang mempunyai kemampuan navigasi yang baik. Meskipun begitu, keduanya tentu membawakan kelebihan tersendiri. Jadi, untuk dapat mengetahui mana yang lebih unggul, bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Waze bisa anda gunakan jika ingin mendapat navigasi real time. Sedangkan Google Maps, dapat dipilih jika ingin navigasi offline.

 

Rekomendasi bacaan lainnya

Agar Selamat Sampai Tujuan, Berikut Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil

7 Persiapan untuk Perjalanan Mudik yang Lebih Menyenangkan!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mudah Pasang Ring Piston Mobil Anti Ngebul

2022-08-09

Saat performa mesin mobil Anda mengalami masalah seakan tidak bertenaga lagi, berarti Anda perlu waspada. Biasanya kondisi tersebut menandakan ring piston harus segera diganti. Cara pasang

thumbnail

Hand Tool Mobil - Pengertian, Contoh, dan Fungsinya

2021-02-25

Anda mungkin sudah tidak asing dengan dunia otomotif yang ada di lingkungan sekitar. Otomotif yang tersusun dari berbagai rancangan khusus memerlukan peralatan agar komp

thumbnail

Inilah Penyebab Setir Mobil Goyang Kanan Kiri, Yuk Waspada!

2023-05-08

Mengetahui penyebab setir mobil goyang sangatlah diperlukan. Sebab masalah tersebut kerap kali terjadi ketika mobil dikendarai di tengah perjalanan jauh. Lantas apa

thumbnail

Manfaat Pasang Peredam di Pintu Mobil Saat Modifikasi Audio

2022-02-28

Peredam audio di dalam mobil memang sangat penting untuk mengurangi kebisingan sehingga suasana kabin menjadi lebih senyap. Dengan adanya peredam audio di pintu mobil, t