Logo Daihatsu
Menu

Naik Mobil dari Jakarta ke Bali? Ini Rute dan Tipsnya

Otomotif

2020-10-29

rute jakarta bali naik mobil

Jika membayangkan jauhnya jarak Jakarta Bali, tentunya banyak yang ingin perjalanan lebih singkat dengan naik pesawat. 

Namun saat tiket penerbangan domestik jauh lebih mahal dari tiket luar negeri, ternyata opsi perjalanan darat dari tol rute Jakarta Bali naik mobil bisa jadi alternatif asyik. 

Kalau Anda tertarik untuk mencoba, simak terlebih dahulu tips berikut ini. 

1. Periksa dan Persiapkan Kondisi Kendaraan 

Dibukanya tol baru Jakarta –Surabaya menjadikan perjalanan darat terasa lebih cepat dan mudah. Jika diperhitungkan, estimasi waktu yang ditempuh sekitar 10 jam jika kondisi tol lancar dan tidak ada kemacetan. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa jarak yang ditempuh tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari Jakarta ke Banyuwangi saja sudah mencapai 1058 km.

Jarak tersebut akan ditambah dengan jarak dari Gilimanuk ke pusat Denpasar sekitar 130 Km. Untuk keberangkatan sendiri, jarak tersebut tentunya sudah sangat jauh. 

Karena itu periksa kondisi mobil dengan seksama. Sebelum menempuh rute Jakarta Bali naik mobil, pastikan roda, mesin, oli, rem, airbag, karburator, dan lain lain masih dalam kondisi prima. 

2. Mengenal Rute yang Akan Diambil

Pastikan Anda sudah tahu jalur dan rute yang akan ditempuh. Dalam hal ini, Anda bisa memilih rute tol trans-Jawa yang diawali dari tol Jakarta Cikampek kemudian dilanjut ke tol Cikopo-Palimanan. 

Perjalanan ini dirasa cukup jauh karena total jarak yang ditempuh sekitar 1.115 km. Dengan rute tersebut, setidaknya terdapat total 16 tol yang harus dilewati. 

Setelah mencapai tol Surabaya-Kertosono, Anda harus menuju jalan keluar dari Gunung sari-Dupak, berlanjut ke Tol Surabaya-Porong dan menuju Pasuruan. 

Dari sana Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan tujuan ketapang Gilimanuk dan memesan tiket feri untuk ke pelabuhan Gilimanuk. Ada baiknya Anda menggunakan aplikasi GPS dan map untuk membimbing perjalanan. 

Baca juga: Nikmati Rekreasi yang Mengasyikan dari 10 Tempat Liburan di Bali

3. Mempersiapkan Biaya Dan Budget Perjalanan 

Rute Jakarta Bali naik mobil yang panjang juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dalam hal ini, yang harus diperhatikan adalah biaya bensin, biaya tol, dan juga biaya penyeberangan naik feri ke bali. 

Menurut beberapa sumber, konsumsi bensin yang dikeluarkan adalah sekitar 80 liter. Untuk harganya, bisa mencapai 500 ribuan (premium) dan 800 ribuan (pertamax). 

Selain itu, biaya tol dari Jakarta ke Probolinggo kurang lebih mencapai 750 ribu. Sedangkan untuk transportasi feri, biasanya tiket untuk mobil berisi empat orang akan dibanderol dengan harga 160 ribuan saja. Tiket tersebut sudah termasuk untuk seluruh penumpangnya.

4. Bawa Barang Secukupnya

Hindari membawa barang, makanan, dan uang tunai terlalu banyak. Hal ini dilakukan guna menghindari overweight dan juga rasa tidak nyaman selama berkendara. 

Jika Anda perlu beristirahat dan mengisi perut, jalur tersebut sudah dilengkapi banyak fasilitas rest area. Jadi Anda bisa mampir untuk makan dan beli minuman. 

5. Utamakan Keselamatan

Selain mengisi perut, fasilitas di rute Jakarta Bali naik mobil bisa Anda jadikan tempat untuk beristirahat. Berhentilah saat Anda merasa lelah dan mengantuk. 

Berhenti sejenak atau bahkan menginap di rest area akan membantu tubuh menjadi fit lagi. Tidak ada salahnya juga untuk pergi bersama sopir cadangan, sehingga perjalanan lebih aman.  

Baca juga: 7 Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Anda Tahu

Meski berkesan seru dan juga lebih hemat, namun perlu digaris bawahi bahwa perjalanan ini cukup panjang. 

Karena itulah kondisi kendaraan dan fisik pengemudi layak diperhatikan dengan baik. Selain itu, pastikan juga Anda sudah mempersiapkan rute dan biaya yang cukup dan tentunya utamakan keselamatan selama mengemudi dan berlibur.  

 

Rekomendasi bacaan lainnya tentang berkendara jarak jauh

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu BPKB? Ini Kepanjangan dan Fungsinya!

2024-01-31

BPKB adalah akronim dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. BPKB sendiri memiliki fungsi penting terhadap keabsahan kepemilikan kendaraan bermotor. Di bawah ini akan d

thumbnail

Ini Efek Knalpot Mobil Tanpa Resonator yang Perlu Diperhatikan

2021-02-01

Bagi pecinta otomotif roda empat, melakukan modifikasi di bagian tertentu bukan jadi hal baru. Salah satu bagian yang paling populer untuk dimodifikasi adalah bagian kna

thumbnail

Samsat Online Pajak Kendaraan Bermotor – Cek Biaya dan Cara Bayar

2020-10-28

Dulunya, pembayaran PKB harus dilakukan melalui kantor Samsat secara langsung dan tentunya menghabiskan banyak waktu Sahabat untuk mengantri. Namun kini, lewat samsat on