Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Ini 5 Aplikasi GPS Mobil Terbaik yang Bisa Kamu Unduh
05 November 2020
aplikasi gps mobil

Memasang aplikasi GPS mobil merupakan langkah terbaik bagi para pengendara. Mungkin masih banyak yang bingung bahkan bertanya-tanya untuk apa memasang dan membeli layanan GPS tracker.  

Apa sih guna dan keuntungannya? Sebelum memasang atau membeli, ada baiknya Sahabat pahami kegunaan aplikasi GPS pelacak mobil di kehidupan sehari-hari.  

GPS mobil biasa digunakan sebagai alat untuk mengetahui posisi kendaraan. Fungsi utamanya apalagi kalau bukan mengantisipasi tindak kejahatan hingga hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian bahkan penyalahgunaan mobil kesayangan.  

Selain itu, GPS mobil juga memiliki keuntungan jika Sahabat punya usaha sendiri. Bisa meningkatkan produktivitas, efisiensi, hingga sebagai proteksi tambahan dan meminimalisir kerugian bisnis yang Sahabat punya.  

Meski ada banyak pilihan aplikasi GPS yang tersedia di Play Store dan App Store, namun Sahabat hanya perlu paling tidak satu aplikasi yang wajib di unduh sesuai kebutuhan. Berikut adalah 5 rekomendasi aplikasi GPS mobil anti-repot yang sudah kami rangkum;  

1. Idtrack - Server GPS  

Aplikasi mobile satu ini ini dikembangkan oleh studio pengembang aplikasi tracking karya anak bangsa. Idtrack memiliki spesialisasi server sehingga dapat menyajikan layanan GPS online yang prima.  

Sejumlah fitur unggulan yang dimiliki aplikasi ini antara lain; memberikan data GPS real time dengan interval data yang mampu diterima 5-10 detik. Kemudian integrasi API maps yang sudah terhubung dengan Google Map dan Live Traffic. Fitur-fitur pelengkap seperti cek histori perjalanan, penanda lokasi hingga petunjuk arah pun sudah tersedia.  

Aplikasi ini bisa diunduh dan gratis selama satu bulan. Kalau mau lanjut, Sahabat bisa berlangganan dengan tarif dan paket yang tersedia mulai dari Rp 10 ribuan per-3 bulan.  

2. Waze GPS - Maps Traffic  

Waze merupakan aplikasi GPS navigasi berbasis komunitas. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi informasi lalu lintas, kondisi jalan, cuaca, keberadaan polisi, kecelakaan dan lain sebagainya.  

Saat ini, Waze didukung dan digunakan oleh pengendara di seluruh dunia. Penggunanya saling terhubung dan bekerja sama untuk saling menyempurnakan kondisi jalan terkini.  

Fitur-fitur di Waze juga sengaja dibuat sebagai navigasi sosial untuk mobil pribadi. Oleh karena itu Waze belum mendukung navigasi untuk jalur khusus, sepeda, transportasi umum dan truk.

Agar semua fitur bisa digunakan, Sahabat harus memiliki koneksi data aktif di Smartphone. Koneksi internet ini dapat memperkaya informasi terkini lalu lintas dan mengupdate peta. Jika koneksi internet terputus, maka aplikasi GPS mobil ini tidak bisa menampilkan atau navigasi rute terbaru.  

3. Sygic  

Salah satu aplikasi GPS mobil yang cukup populer adalah Sygic. Aplikasi ini tercatat sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Android. Peta dari TomTom merupakan navigasi andalan dari Sygic yang bisa dioperasikan secara offline.  

Sejumlah fitur Sygic yang bisa diandalkan adalah mencari rute alternatif, mencatat batas kecepatan laju kendaraan, voice guide direction dan turn by turn. Meski dapat diunduh secara gratis, namun ada beberapa fitur premium yang bisa digunakan jika Sahabat klik tombol "berlangganan".  

4. GPSKU

Sejatinya aplikasi GPSKU adalah rangkaian software bisnis yang digunakan untuk memantau pergerakan kendaraan. Aplikasi ini juga buatan anak bangsa yang memang dikhususkan sebagai tracking corporate. Meski begitu, jika Sahabat punya kendaraan lebih dari satu tetap bisa menggunakan aplikasi ini untuk memantau hingga melacak kendaraan kesayangan.  

Beberapa fitur unggulan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari navigasi, maps terbaru dengan street view, playback history perjalanan hingga 100 hari, navigasi sampai geofencing.  

Fitur geofence ini cukup unik karena bisa disetting batas ruang gerak mobil kesayangan. Misalnya mobil sudah disetting hanya untuk keliling Jakarta, tapi jika laju mobil ke luar kota, maka akan ada alarm notifikasi sebagai pemberitahuan kepada pemilik mobil.  

5. Orin  

Aplikasi Orin dapat digunakan sebagai penghubung dengan lebih 20 jenis alat GPS yang terpasang di mobil kesayangan. Pemilik aplikasi ini bisa memantau pergerakan secara real time dalam waktu bersamaan.  

Fitur management tools juga disematkan untuk menganalisa data yang membuatnya mudah dibaca untuk dijadikan laporan dan analisa oleh pengguna. Orin juga sudah terintegrasi dengan Google, yang mana pengguna bisa menggunakan sejumlah fitur andalan Google Maps seperti street view, kondisi lalu lintas hingga directions.  

Itu dia lima rekomendasi aplikasi GPS mobil yang bisa diunduh. Dengan mengetahui berbagai fitur yang ada, setidaknya Sahabat bisa tahu aplikasi mana yang cocok dan sesuai kebutuhan.  

Satu hal lagi, mungkin bisa jadi pertimbangan lain sebelum memilih aplikasi GPS mobil yang hendak digunakan, yakni tersedianya layanan customer service untuk sekedar berjaga-jaga kalau aplikasi yang sedang digunakan tiba-tiba error bahkan tak berfungsi tiba-tiba.  

Penulis: Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor