Logo Daihatsu
Menu

Cara Memperbaiki Modul Alarm Mobil Eror

Otomotif

2021-01-06

cara memperbaiki modul alarm mobil

Mobil masa kini telah dilengkapi dengan fitur keamanan berupa alarm, yang siap memberikan sinyal peringatan apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada kendaraan Anda. 

Namun bagaimana jika fitur keamanan tersebut mengalami kerusakan? Tidak perlu panik, karena Anda bisa menerapkan bagaimana cara memperbaiki modul alarm mobil dengan benar. 

1. Baca Buku Panduannya

Sebaiknya tidak perlu panik ketika mendapati remote alarm kendaraan tidak berfungsi. Sebagai gantinya, cobalah membaca buku panduan ketika membeli kendaraannya terlebih dahulu. 

Sebab di dalam panduan tersebut, umumnya dilengkapi dengan beberapa kasus beserta solusi ketika alarm kendaraan mengalami error secara mendadak. 

Ikuti tutorial yang sudah diberikan, otomatis Anda memahami bagaimana cara menanganinya agar berfungsi kembali. 

Membaca buku panduannya memang tidak bisa membuat masalah berakhir begitu saja, namun setidaknya Anda mengetahui cara tepat untuk memperbaikinya sehingga dapat menekan resiko kerusakan lebih parah akibat kesalahan penanganan. 

2. Memeriksa Semua Tombol Remote 

Sebelum menerapkan cara memperbaiki modul alarm mobil, sebaiknya periksa semua tombol remotenya terlebih dahulu. Ada kemungkinan penyebab alarm tidak berfungsi salah satunya tombol tidak dapat menyala meski telah ditekan sekalipun. 

Tekan satu per satu tombol yang ada untuk mengetahui adakah tombol yang mengalami error. Apabila hanya menemukan satu tombol yang tidak dapat berfungsi, ada kemungkinan salah satu kabel penghubungnya terputus. 

Cobalah untuk membuka remotenya untuk memastikan penyebab utama kerusakan. Ketika kerusakan tidak begitu parah, tampaknya Anda hanya perlu memperbaikinya saja dibandingkan harus membeli yang baru. 

Baca juga: Serba-serbi Alarm Mobil, Cara Kerja sampai Tips Memilihnya

3. Cek Baterai 

Bagaimana jika semua tombolnya tidak dapat berfungsi, namun tidak ditemukan kerusakan seperti kabel terputus dan sejenisnya? 

Tidak perlu terburu buru menggantinya dengan yang baru, karena ada kemungkinan baterai remotenya perlu diganti dengan yang baru. 

Apabila daya listrik dalam baterai telah habis total, tentu saja remote alarm kendaraan tidak dapat berfungsi. 

4. Memeriksa Koneksi Remote dan Mobil

Salah satu cara memperbaiki modul alarm mobil lainnya yaitu memeriksa koneksi antara remote dan kendaraannya. 

Sebab alarm canggih ini bekerja dengan mengandalkan sistem gelombang radio. Apabila terjadi hambatan, tentu saja alarm tidak dapat merespon perintah dari remotenya dengan baik.  

5. Bawa ke Tempat Service 

Apabila Anda sudah berusaha memperbaikinya namun hasilnya tetap nihil, maka ini saatnya untuk membiarkan sang ahli menanganinya. Dengan menghubungi teknisi terdekat, Anda bisa mengetahui penyebab utama kerusakan serta mendapatkan penanganan tepat.  

Apabila teknisi sudah berusaha sebisa mungkin namun remote alarm masih tidak berfungsi, kemungkinan Anda akan diminta datang ke bengkel sebagai solusinya. Hal ini dilakukan, agar teknisi dapat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. 

Baca juga : Daftar Merk Alarm Mobil Rekomendasi Terbaik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak

2021-01-02

Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak d

thumbnail

Mobil Daihatsu dengan Suspensi Paling Empuk dan Nyaman

2023-09-29

Bicara soal kenyamanan mengendarai mobil, tidak terlepas dari bantuan sistem suspensi. Seperti diketahui, sistem suspensi berfungsi meredam guncangan serta kejutan k

thumbnail

5 Tips Mengecat Motor dengan Benar

2021-01-06

Mengecat kendaraan berfungsi untuk menjaga tampilan kendaraan tetap cantik dan menawan seperti baru dan lapisan cat dapat melindungi bodi kendaraan. 

thumbnail

Fungsi Parking Brake Lever dan Komponennya, Yuk Simak!

2023-02-08

Memahami tentang fungsi parking brake lever beserta komponennya merupakan hal yang penting. Lalu, apa sajakah fungsi brake lever pada pengereman tersebut? Untuk meng