Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati Total, Yuk Kenali Penyebabnya!
29 Desember 2022
Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati Total, Yuk Kenali Penyebabnya!

Tape bisa dibilang sahabat pengusir penat bagi para pengemudi mobil ketika sedang bepergian. Dengan tape, Anda bisa memutar lagu atau video kesukaan Anda sehingga perjalanan terasa menyenangkan. Namun terkadang, tape mobil tiba-tiba bisa mati total ketika hendak digunakan. Lantas bagaimana cara memperbaiki tape mobil mati total yang benar? Hal apa saja yang menyebabkan kondisi tersebut bisa terjadi? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Memperbaiki Tape Mobil yang Mati Total

Berikut beberapa cara memperbaiki tape mobil mati total yang bisa Anda praktikan, antara lain :

1. Memeriksa bagian sekring

Cara memperbaiki tape mobil mati total yang pertama yaitu periksa bagian sekring dahulu. Ketika tape mobil Anda mati total, Anda bisa memeriksa bagian sekring dengan multimeter untuk mengecek daya.

Apabila tidak ada daya listrik, bisa saja kabel listrik di sekitar sekring meleleh hingga terputus. Atau bisa saja kondisi sekring sudah mulai aus. Agar tape mobil Anda bisa menyala lagi seperti semula, Anda bisa mengganti sekring yang rusak atau aus dengan yang baru.

2. Memeriksa daya pada bagian head unit

Jika kondisi sekring di area tape masih bagus, namun kondisi tape masih mati total. Anda perlu memeriksa daya pada bagian head unit dengan multimeter. Apabila di bagian head unit tidak ada daya, bisa jadi terjadi kerusakan pada bagian kabel head unit. Atau Anda juga bisa melakukan reset head unit pada mobil terlebih dahulu.

3. Memeriksa bagian ground pada head unit

Ketika tape mobil mati total, Anda juga perlu memeriksa bagian ground pada head unit. Apabila kondisi ground berkarat, dan tidak memiliki daya listrik. Kemungkinan besar bagian tersebut mengalami kerusakan. Jika kondisi tersebut terjadi, segera ganti ground yang rusak dengan yang baru.

4. Melakukan pengujian pada head unit dengan bench test

Cara memperbaiki tape mobil mati total selanjutnya yaitu melakukan pengujian pada head unit dan bench test. Apabila kondisi ground pada head unit masih bagus, dan memiliki daya listrik ketika di tes dengan multimeter.

Hal tersebut menjadi pertanda bahwa tape mobil Anda sudah rusak, dan harus menggantinya dengan tape yang baru. Untuk  memastikan hal tersebut, Anda perlu melakukan bench test. Caranya mudah, Anda bisa menghubungkan ground, dengan kabel berdaya 12 Volt untuk memastikan kerusakan tape.

5. Mengunjungi bengkel profesional

Selain melakukan beberapa cara di atas namun tidak kunjung membaik, Anda juga bisa mengunjungi bengkel profesional untuk mendapatkan pelayanan yang tepat. 

Baca Juga : Tanpa Ribet! Berikut Cara Memasang Tape Mobil Langsung Ke Aki

Penyebab Tape Mobil yang Mati Total

Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan tape mobil yang mati total.

1. Tape mobil kotor

Banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada tape dapat mempengaruhi kualitas suara tape. Apabila debu dan kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka dapat menyebabkan tape mobil mati total.

2. Adanya kesalahan pada bagian sistem instalasi

Jika Anda pernah memodifikasi bagian audio atau speaker mobil, bisa jadi proses modifikasi tersebut menjadi penyebab tape mobil mati total. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kesalahan pemasangan kabel listrik, atau komponen lain yang kurang pas sehingga merusak tape.

3. Pemakaian yang kurang tepat

Sering mematikan atau menyalakan audio tidak sesuai prosedur atau secara paksa dapat merusak komponen-komponen di dalam tape. Kondisi tersebut bisa menyebabkan tape mobil mati total.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil? Ikuti Langkah Ini!

4. Komponen-komponen tape bermasalah atau sudah aus

Adanya masalah atau kondisi aus pada beberapa komponen tape, seperti kabel, sekring, tuner, dan speaker juga dapat menyebabkan tape mobil mati total.

Demikianlah pembahasan mengenai cara memperbaiki tape mobil mati total dan beberapa penyebabnya. Agar tape mobil tetap awet, Anda perlu menggunakan komponen ini dengan bijak. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan perawatan komponen ini secara rutin.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku