Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Alarm

Otomotif

2020-12-03

mobil tidak bisa distarter karena alarm

Seringkali, mobil tidak bisa distarter dengan lancar, karena alarm mobil kita bermasalah. Entah karena error, ataupun karena tower pemancar yang frekuensinya terlalu kuat.

Jika mobil tidak bisa distarter karena alarm adalah masalah yang kini Sahabat hadapi, maka artikel ini sangatlah tepat untuk dibaca. Sebab, di sini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak percaya? Langsung saja simak uraian di bawah ini!

Bukalah Tutup Dasbor Mobil

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka tutup dasbor pada mobil. Cara ini dilakukan agar kita bisa memperbaiki modul alarm mobil.

Setelah tutup dasbor dibuka, carilah kabel power pada modul alarm mobil tersebut. Biasanya, kabel power tersebut memiliki ciri khas berupa warnanya yang merah.

Cabut kabel tersebut, lalu lakukanlah starter pada mobil. Bila cara ini masih jauh dari berhasil, Sahabat bisa melakukan cara selanjutnya yang ada di bawah ini!

Melepas Kabel Hitam Pada Alarm

Untuk melakukan cara ini, Sahabat harus menyediakan dulu tang kabel ataupun gunting. Habis itu, cari kabel warna hitam pada modul alarm. Kabel hitam sendiri biasanya punya ciri khas berupa ukurannya yang besar.

Lepas kabel tersebut, lalu kupas sampai serabut kabelnya kelihatan. Kabel yang sudah dikupas itu lantas digabungkan dengan kabel merah yang sudah dilepaskan di cara pertama.

Tutup kedua kabel itu dengan isolasi. Pastikan tidak ada serabut kabel yang keluar atau muncul saat hendak menutup kedua kabel itu.

Kalau sudah, Sahabat bisa melakukan starter pada mobil. Jika sekiranya berhasil, Sahabat bisa langsung membongkar gabungan kabel hitam dan merah yang telah Sahabat buat, serta mengembalikan kabel-kabelnya ke modul alarm.

Perbaikilah Alarm Mobil yang Error

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau salah satu sebab mobil tidak bisa distarter karena alarm adalah errornya alarm mobil tersebut. Maka itulah, memperbaiki alarm mobil yang error adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Ada beberapa langkah untuk melakukan cara ini. Tergantung apa faktor yang menyebabkan errornya alarm mobil itu sendiri. Langkah-langkah tersebut adalah:

Gantilah Baterai Remote Alarm Mobil

Salah satu faktor errornya alarm mobil adalah baterai remote alarm yang sudah tidak berfungsi lagi. Kalau ini yang terjadi, maka segeralah ganti baterainya dengan baterai yang baru. Saat melakukan langkah ini, pastikan untuk tidak mencongkel panel secara kasar. Sebab, hal itu bisa merusak panel itu sendiri.

Gantilah Sekring Mobil yang Lama atau Rusak

Selain remote baterai, sekring mobil adalah faktor lain yang bikin alarm mobil rusak. Biasanya, sekring mobil yang bikin alarm rusak adalah sekring yang sudah lama atau yang kondisinya rusak parah.

Mengganti sekring semacam itu dengan sekring baru adalah solusinya. Mengganti sekring sendiri tidaklah susah. Sahabat hanya perlu membuka panel sekring yang ada di bawah dasbor mobil.

Habis itu, gantilah sekringnya dengan yang baru. Pastikan sekring baru punya kapasitas yang sama dengan sekring lama. Dengan begitu, sekring baru bisa memberi tenaga yang sama seperti dengan sekring yang lama.

Itulah sejumlah cara yang bisa Sahabat lakukan, jika Sahabat harus memperbaiki mobil tidak bisa distarter karena alarm. Semoga bisa dipraktekan sendiri, ya!

Jika sekiranya susah dipraktekan atau hasilnya jauh dari harapan, jangan ragu meminta bantuan teman. Bila perlu, mintalah bantuan secara langsung ke mekanik atau bengkel resmi.

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Dari Plat Nomor

2023-05-19

Setiap kendaraan memiliki plat nomor sebagai identitas yang terdiri dari rangkaian angka dan huruf yang unik. Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, Sahabat bisa lho mengecek data kepemil

thumbnail

Berapa Standar RPM Normal Mobil Matic? Ketahui Disini!

2022-08-09

Bicara soal otomotif memang tidak akan pernah kehabisan materi untuk dibahas termasuk

thumbnail

Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Benar

2022-08-22

Aki mobil merupakan komponen vital yang mempengaruhi sistem kelistrikan mobil. Komponen ini berfungsi sebagai cadangan listrik dan menyuplai kebutuhan listrik secara menyeluruh. Aki yang sudah teko

thumbnail

Ayla dan Sigra, Mobil LCGC Terbaik dari Daihatsu

2021-01-05

Mobil LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car atau varian mobil yang muncul setelah ada regulasi otomotif di Indonesia dan mengutamakan harga ekonomis serta spesif