Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Mengatasi Suspensi Mobil yang Keras Jadi Empuk, Yuk Praktikkan!
22 Februari 2024
Cara Mengatasi Suspensi Mobil yang Keras Jadi Empuk, Yuk Praktikkan!

Suspensi mobil yang keras berpotensi mengurangi kenyamanan dalam berkendara, terutama di medan yang terjal dan curam. Sebab menimbulkan guncangan yang keras saat mobil berjalan. Oleh karena itu, setiap pemilik mobil mengetahui cara mengatasi suspensi mobil keras agar menjadi empuk. Lantas bagaimana caranya? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Suspensi Mobil Keras Agar Empuk

Ada beberapa cara mengempukkan suspensi mobil yang keras yang perlu Anda ketahui. Berikut cara selengkapnya.

1. Ganti oli serta pelumas suspensi

Untuk mengatasi suspensi mobil keras menjadi empuk, Anda bisa melakukan penggantian oli dan pelumas suspensi sesuai dengan jadwal servis yang ditentukan. Seperti diketahui kondisi oli dan suspensi bisa tercemar seiring penggunaan mobil. Kondisi tersebut dapat menyebabkan keausan pada suspensi sehingga menjadi keras.

2. Ganti komponen suspensi yang rusak

Suspensi mobil yang keras juga bisa terjadi apabila komponen suspensi mengalami keausan. Biasanya komponen yang sering mengalami kerusakan berupa bushing, dan mounting shock. Apabila komponen tersebut mengalami kerusakan, segera ganti dengan yang baru. Sebab kedua komponen tersebut berfungsi sebagai bantalan shockbreaker agar kaki-kaki mobil tidak mudah ambrol. 

3. Ganti ban

Siapa sangka, penggantian ban juga bisa membuat suspensi mobil menjadi lebih empuk. Seperti diketahui, ban mobil memiliki material bahan yang berbeda-beda seperti soft, medium, hingga hard compound. Material tersebut akan mempengaruhi kondisi suspensi.

4. Mengurangi lembaran per pada suspensi jenis daun

Apabila mobil yang Anda gunakan menggunakan suspensi jenis per daun. Anda bisa mengurangi lembaran per pada suspensi tersebut agar suspensi lebih empuk. 

5. Ganti suspensi

Cara terakhir untuk mengempukkan suspensi mobil yang keras, Anda bisa mengganti suspensi mobil Anda yang usang atau aus dengan yang baru. Anda juga bisa mengubah jenis suspensi mobil Anda dengan suspensi jenis per keong atau per ulir. 

Namun, sebelum melakukan penggantian suspensi jenis ini, Anda perlu berkonsultasi dengan mekanik handal. Apabila mobil Anda merupakan mobil pabrikan non Eropa, Anda bisa mengganti suspensi mobil dengan jenis suspensi double rebound. 

Suspensi jenis ini merupakan jenis suspensi yang digunakan pada mobil-mobil pabrikan Eropa. Suspensi double rebound sendiri terkenal begitu empuk sebab memiliki per tambahan sehingga kenyamanan berkendara Anda. Apabila mobil Anda masih menggunakan suspensi jenis oli, Anda bisa mengubahnya dengan suspensi jenis gas, agar tidak keras. 

Ciri-Ciri Suspensi Mobil Keras dan Perlu Diganti

Ada beberapa ciri-ciri suspensi mobil perlu diganti yang perlu Anda kenali. Berikut ciri selengkapnya.

1. Mobil berayun berlebihan

Apabila mobil berayun secara berlebihan, hingga menimbulkan guncangan yang dahsyat ketika melewati jalanan yang kurang rata, berarti suspensi mobil Anda perlu segera diganti.

2. Suara bising

Suspensi mobil yang perlu diganti, juga biasanya ditandai dengan munculnya suara bising pada mesin mobil.

3. Oli suspensi merembes 

Seal tabung yang bocor, dapat menyebabkan kebocoran shockbreaker. Kebocoran tersebut biasanya ditandai dengan adanya oli suspensi yang merembes. Apabila kebocoran tersebut, menghabiskan jumlah oli yang tersedia maka dapat merusak fungsi suspensi.

4. Level mobil kurang seimbang

Ciri-ciri suspensi mobil perlu diganti selanjutnya, bisa Anda ketahui apabila level mobil kurang seimbang ketika berada di permukaan yang rata. Biasanya level mobil cenderung miring.

Apabila ciri-ciri tersebut ada pada mobil Anda, segera lakukan perbaikan di bengkel resmi Daihatsu terdekat agar suspensi mobil Anda empuk dan prima.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku