Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan dan Turunan yang Benar

Otomotif

2022-10-12

cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan

Mobil matic di Indonesia saat ini tengah menjadi tren. Mobil matic di klaim lebih mudah digunakan oleh para pengemudi mobil pemula khususnya kaum pelajar dan kaum wanita. Penggunaan transmisi pada mobil matic juga berbeda dengan mobil non matic. Sehingga cara mengemudinya juga berbeda. Berikut akan diulas secara detail bagaimana cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan yang benar. 

Cara Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya untuk mobil matic di tanjakan pakai gigi berapa? Nah, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika mobil matic sedang berada di tanjakan.

1. Hindari Posisi D

Apa yang tidak boleh dilakukan pada saat berada di tanjakan menggunakan mobil matic? Jika Anda mengendarai mobil matic dengan transmisi konvensional, Anda tidak boleh mengubah posisi tuas transmisi ke posisi D. Hal tersebut membuat mobil sulit menanjak. 

2. Pindahkan Tuas Transmisi ke Mode L

Apa fungsi gigi L pada mobil matic? posisi gigi L (Low) digunakan untuk bergerak maju saat menanjak maupun pada turunan sehingga mobil tidak melaju dengan kencang.

Jika Anda mengendarai mobil di jalanan yang memiliki tanjakan yang cukup terjal, Anda harus pindah tuas gigi mobil matic ke posisi yang lebih rendah, yaitu dari mode drive (D) ke mode L. Sehingga mobil dapat menanjak dengan baik, karena daya puntiran lebih optimal.

3. Gunakan Fitur Overdrive

Cara menyetir mobil matic di tanjakan selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan fitur O/D pada mobil atau  overdrive.

Fitur ini membuat mobil Anda lebih mudah menanjak sehingga bisa Anda gunakan untuk menyalip mobil lain atau sedang melewati tanjakan. Pastikan kecepatan mobil Anda dalam kondisi stabil jika menggunakan fitur ini.

4. Gunakan Opsi Semi-Manual

Opsi semi-manual merupakan teknologi yang disematkan pada mobil matic keluaran terbaru. Teknologi ini diciptakan untuk membantu para pengemudi mobil untuk melewati jalanan dengan berbagai kondisi termasuk jalanan dengan tanjakan terjal.

Baca Juga : 4 Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan

Jika diatas kita sudah membahas menganai cara mengemudi mobil matic di tanjakan, berikutnya kita akan membahas dii turunan juga. Berikut beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika melewati jalan yang menurun.

1. Mengerem dengan Engine Brake

Memaksakan diri untuk mengerem mobil matic saat berada di turunan yang curam, memang tidak dianjurkan karena dapat merusak bagian komponen pada rem, dan membuatnya blong. Hal tersebut harus dihindari karena dapat berpotensi terjadi kecelakaan. 

Namun, Anda bisa mengerem dengan menggunakan engine brake. Anda bisa memindahkan tuas transmisi mobil matic dari mode D ke mode D3, D2 atau ke mode L.  Hindari memindahkan tuas transmisi mobil matic secara mendadak ketika mobil berada dalam turunan yang cukup curam dapat merusak transmisi mobil.

2. Pindahkan Tuas Transmisi Mobil ke Mode L

Memindahkan tuas transmisi ke mode L bisa Anda lakukan ketika mobil matic melewati turunan yang cukup tajam, sama halnya dengan melewati tanjakan terjal. Namun, Anda harus tetap mengombinasikan dengan menggunakan engine brake agar percepatan transmisi bisa diatur dengan tepat.

Baca Juga : Bagi yang Belum Tahu, Ini Sejumlah Fungsi Tuas Pada Mobil Matic

3. Hindari Menginjak Pedal Rem Terlalu Dalam dan Lama

Menginjak pedal rem terlalu dalam dan lama menyebabkan minyak rem mendidih (vapor lock) karena rem terlalu panas. 

Demikian cara mengemudi mobil matic di tanjakan dan turunan yang bisa Anda praktikkan.

Pastikan Anda selalu mengecek kondisi kampas rem, dan komponen mobil matic lainnya sebelum bepergian. Terutama ketika Anda hendak mengunjungi wilayah yang memiliki jalanan dengan tanjakan terjal  dan turunan tajam. 

Pastikan Anda selalu melakukan perawatan mobil matic secara rutin dan berkala dengan mengunjungi dealer Daihatsu atau bengkel resmi untuk mendapatkan pelayanan yang prima dari teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sering Keliru, Ini Perbedaan SUV dan MPV

2020-11-22

Berbagai jenis mobil hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar. Sebut saja city car, LCGC, hatchback, sedan, crossover sampai SUV dan MPV. Dua jenis mobil terakhir yaitu SUV dan MPV sering

thumbnail

3 Cara Menyetel Karburator Mobil yang Benar agar Bensin Lebih Irit

2020-12-30

Sebagai salah satu komponen yang berpengaruh pada sistem bahan bakar, penyetelan karburator menjadi sangat penting. Cara setting

thumbnail

Tips Bikin Xenia Tidak Limbung Saat Kecepatan Tinggi

2021-11-20

Tips Xenia tidak limbung merupakan beberapa solusi yang harus Anda ketahui. Supaya bisa mengatasi kendaraan Anda yang terasa limbung saat sedang berkendara dalam kecepatan tinggi.Xenia teras

thumbnail

Berikut Perbedaan Rem ABS dan Non ABS yang Wajib Anda Ketahui

2020-12-04

Perkembangan teknologi yang semakin canggih mengakibatkan pabrikan kendaraan bermotor selalu berinovasi agar tidak ketinggalan zaman.