Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil Dengan Benar

Otomotif

2022-10-19

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil Dengan Benar

Pernahkah Sahabat kesulitan mengganti sil master rem pada mobil? Nah, pada pembahasan kali ini akan kami berikan cara mengganti sil master rem mobil yang tepat.

Seperti yang kita tahu, master rem mobil adalah komponen yang berperan penting terhadap proses mengurangi laju kecepatan sebuah mobil.

Komponen ini merupakan bagian dari sistem rem tromol mobil yang berfungsi memberikan tekanan pada saat pedal rem diinjak sehingga lambat laun laju mobil akan berhenti. Keberadaan komponen ini bisa dibilang penting, sebagai salah satu komponen yang dapat mengurangi potensi penyebab kecelakaan. 

Di dalam komponen ini terdapat bagian sil yang kerap kali mengalami kerusakan. Perlu dilakukan pengecekan secara rutin terhadap komponen ini. Lantas bagaimana cara mengganti sil master rem mobil yang benar? Selengkapnya, akan diulas secara terperinci seperti berikut.

Baca Juga : Cara Mendeteksi Master Rem yang Bocor

Cara Mengganti Sil Master Rem Mobil Dengan Benar

Berikut beberapa langkah-langkah yang bisa Anda contoh dalam mengganti sil master rem mobil, antara lain :

1. Cek Bagian Dinding Master Rem

Cara mengganti sil master rem mobil pertama yang bisa Anda lakukan ialah mengecek bagian dinding master rem. Periksa bagian tersebut apakah terdapat karat atau kotoran yang membandel atau tidak. Jika terdapat karat dan kotoran segera gosok bagian tersebut hingga bersih dengan amplas. 

2. Lakukan Pembongkaran

Setelah Anda memeriksa bagian dinding master rem, langkah selanjutnya Anda bisa segera melakukan pembongkaran pada master rem.

Tujuan pembongkaran komponen ini bertujuan untuk mengetahui kondisi semua komponen yang berada pada master rem mobil. Juga dilakukan pengecekan kondisi sil, apakah kondisi sil master bermasalah atau rusak sehingga perlu melakukan proses penggantian atau tidak.

Jika anda belum mengetahui cara membongkar master rem mobil, Anda bisa bertanya kepada ahlinya atau mendatangi dealer Daihatsu terdekat, dan akan ditangani oleh teknisi mekanik yang sudah profesional dibidang otomotif mobil.

3. Mengganti Master Rem dengan yang Baru

Apa tanda tanda jika sel master rem harus diganti? Jika Anda sudah melakukan kedua cara sebelumnya seperti di atas, namun kondisi master rem tetap bermasalah, saatnya Anda melakukan proses pengganti master rem yang rusak dengan yang baru.

Ciri-ciri master rem sudah rusak dan perlu diganti, Anda bisa memperhatikan bagian pad yang kurang merata ketika menyentuh bagian piringan rem. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kemacetan pada saat Anda mengerem mobil.

4. Ganti Karet Master Rem dengan yang Baru

Selain mengganti master rem dengan yang baru, opsi lain yang bisa Anda lakukan ketika sil master rem bermasalah ialah dengan mengganti bagian karet master rem dengan yang baru. 

Baca Juga : Waspada Rem Blong! Ini 3 Ciri Master Rem Mobil Sudah Rusak

5. Pasang Kembali Komponen Master Rem dengan Benar

Setelah Anda melakukan proses pembersihan master rem atau proses penggantian. Segera lakukan proses pemasangan kembali semua komponen master rem mobil yang sudah dibongkar. 

Jangan lupa untuk melakukan proses pembersihan bagian rem cakram sebelum melakukan proses pemasangan. Gunakan cairan khusus pembersih rem untuk membersihkan bagian tersebut.

Setelah komponen-komponen master rem sudah terpasang dengan baik. Anda bisa langsung melakukan proses pengecekan saluran oli atau bleeding, guna mengetahui apakah pada saluran tersebut masih terdapat angin atau tidak. 

Jika masih ada angin maka akan mengganggu kinerja rem sehingga kurang optimal. Periksa bagian saluran oli rem hingga benar-benar tidak ada angin yang masuk. Setelah itu, uji coba dengan menginjak pedal rem apakah masih ambles atau tidak. Jika sudah aman, Anda boleh mengendarai mobil.

Begitulah beberapa cara mengganti sil master rem mobil yang benar. Bila dirasa Anda kesulitan untuk melakukan penggantian sil master rem mobil, Anda bisa konsultasi langsung dengan dealer Daihatsu atau bengkel resmi terdekat guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Pastikan tidak hanya mengganti sil master rem yang rusak, Anda juga harus mengganti komponen mobil lainnya yang sudah bermasalah demi kenyamanan dan keselamatan Anda ketika berkendara. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Nggak Bakal Rugi, Ini Lho Manfaat Ganti Oli Mobil Secara Berkala

2021-01-04

Ganti oli mobil merupakan langkah perawatan mobil yang perlu dilakukan rutin, agar performa mobil tetap dalam keadaan prima. Sekalipun mobil jarang digunakan atau dengan

thumbnail

Cara Mengecat Grill Mobil supaya Lebih Tahan Lama dengan Hasil Bagus

2021-03-17

Grill mobil adalah komponen yang membuat gagah tampilan mobil. Pemilik mobil yang tidak terlalu puas dengan kondisi grill dari pabriknya biasanya ingin memodifikasinya s

thumbnail

4 Cara Mengatasi Mual Saat Berkendara Mobil Paling Ampuh

2020-11-09

Melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua seakan menjadi salah satu opsi paling mudah untuk bepergian bersama keluarga. Namu

thumbnail

Inspirasi Modifikasi Xenia 1000cc, Makin Keren dan Ciamik!

2023-12-21

Siapa bilang mobil keluarga tidak bisa tampil keren? Bagi Anda pemilik Daihatsu Xenia, Anda bisa mengubah penampilan mobil Anda menjadi lebih menawan atau lebih gara