Logo Daihatsu
Menu

Komponen Rem Tromol Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

Otomotif

2022-08-12

Komponen Rem Tromol Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang memiliki banyak komponen. Setiap komponen mobil tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah komponen rem tromol.

Rem merupakan komponen yang vital karena digunakan untuk memperlambat dan menghentikan laju mobil. Terdapat 2 tipe rem yang popular digunakan yaitu rem cakram serta rem tromol.

Dua tipe rem ini mempunyai fungsi yang sama, yakni agar dapat menghentikan laju kendaraan.Jika dilihat sekilas, perbedaan rem cakram dan tromol ini terletak pada desainnya saja.

Selain itu sistem kerja yang dimiliki juga berbeda, karena sejumlah komponennya berbeda pula. Sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang mempunyai kendaraan tetapi belum mengenal dengan baik konsep rem tromol. 

Apa itu Rem Tromol? Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebelum ke pembahasan utama, hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian rem tromol dan cara kerjanya terlebih dulu.

Rem tromol adalah tipe rem yang umumnya digunakan dalam kendaraan roda dua serta roda empat. Umumnya, rem tromol pada mobil menggunakan rem hidrolik, karena sudah menggunakan tekanan hidrolik agar dapat membantu melakukan tekanan kanvas rem. 

Cara kerja rem tromol motor dan mobil memiliki hampir mirip. Namun, tetap saja mempunyai komponen yang berbeda.

Salah satu komponen rem tromol yaitu silinder roda, bagian ini berfungsi menekan sepatu rem untuk menghasilkan proses pengereman. Penasaran komponen komponen lainnya? Simak dibawah ini!

Baca Juga : Begini Cara Mengubah Rem Tromol Mobil Jadi Rem Cakram dan Tips Perawatannya

Komponen Rem Tromol dan Fungsinya

Di bawah ini merupakan komponen-komponen rem tromol dan fungsinya, antara lain:

1. Backing Plate

Komponen dari rem tromol yang pertama adalah backing plate. Komponen ini mempunyai bentuk piringan dengan bahan logam tipis. Biasanya, rem ini diletakkan di belakang sistem rem. 

Pada dasarnya, komponen ini digunakan sebagai pelindung komponen rem lainnya. Bentuk dari backing plate adalah lingkaran dengan banyak lubang serta mempunyai banyak tonjolan.

Tujuan utama dari banyaknya lubang yang dimilikinya adalah untuk menyesuaikan dengan part standar sistem rem. 

2. Silinder Roda

Komponen yang lainnya adalah silinder roda. Silinder roda berfungsi sebagai pengubah tekanan fluida sehingga berubah memiliki gerakan mekanis.

Apabila dilihat secara umum, terdapat tipe silinder roda yang umumnya ditemukan atau digunakan di sistem rem tromol. 

Silinder yang memiliki bentuk dua piston, menjadi silinder yang paling popular karena digunakan untuk mendampingi tromol leading serta trailing. 

Baca Juga : Mengenal Komponen Rem Cakram Mobil: Mulai dari Kaliper hingga Minyak Rem

3. Sepatu Rem & Kampas

Berikutnya adalah sepatu rem dan kampas. Sepatu rem serta kampas merupakan komponen yang umum ditemukan dalam rem tromol.

Sepatu rem menjadi tempat yang sering digunakan untuk meletakkan kampas rem di sistem rem tromol. 

Sedangkan tempat meletakkan kampas rem pada komponen rem cakram adalah brake pad. Biasanya sepatu rem mempunyai bentuk mirip dengan lingkaran serta terdiri atas 2 buah sepatu dengan bentuk setengah lingkaran. 

Komponen ini biasanya diletakkan di salah satu bagian dari rem. Tetapi, komponen ini tidak berhubungan langsung dengan tromol.

Sedangkan, kampas menjadi komponen yang diletakkan secara langsung di atas permukaan sepatu. Bahan kampas adalah keramik organik yang dapat diganti atau dirubah saat kondisi kampas sudah jelek. 

4. Brake Shoe Adjuster

Salah satu komponen yang tidak boleh ketinggalan adalah brake shoe adjuster. Brake shoe adjuster berada di bagian bawah rem. Brake shoe adjuster memiliki bentuk seperti screw yang ada di adjuster. 

Lantas, apa fungsi drum brake pada rem tromol? Brake shoe adjuster merupakan komponen yang bisa dikatakan penting dalam rem. Brake shoe adjuster berguna sebagai penyetel celah yang berada di antara kampas rem dengan permukaan ketika terdapat gerakan yang terjadi di pedal rem. 

Selain mengetahui berbagai komponen rem tromol, pastikan untuk melakukan perawatan ke seluruh komponen secara teratur.

Apabila tidak mengetahui cara merawat komponen mobil dengan tepat, Anda dapat membawa kendaraan ke bengkel resmi Daihatsu.

Didukung oleh mekanik berpengalaman, seluruh masalah pada komponen kendaraan akan teratasi dengan mudah. Anda juga dapat melakukan booking service ke dealer Daihatsu terdekat agar mendapatkan pelayanan lebih cepat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Pengertian Body Roll dan Dampaknya Bagi Kendaraan

2021-01-13

Body roll merupakan salah satu dari berbagai macam istilah yang berkaitan dengan Kendaraan Seperti ground clearance, interior, eksterior dan lain sebagainy

thumbnail

Biaya Turun Mesin Mobil, Ini Rincian Lengkapnya!

2022-11-24

Biaya turun mesin menjadi salah satu momok yang biasanya ditakuti oleh pemilik kendaraan. Turun mesin atau

thumbnail

Awas Keliru! Berikut 3 Jenis Air Radiator yang Bagus Untuk Mobil Tua

2021-01-07

Air radiator pada mobil memegang peranan penting untuk meredakan panas yang ditimbulkan pada mesin kendaraan roda empat. Apalagi kendaraannya termasuk ke dalam tipe mobi

thumbnail

Syarat dan Biaya Perubahan Pelat Nomor Putih

2022-02-28

Mulai pertengahan tahun 2022 ini, akan diberlakukan kebijakan baru terkait perubahan pelat nomor kendaraan. Dari yang awalnya berwarna hitam, kebijakan baru ini akan mem