Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Komponen Rem Cakram Mobil: Mulai dari Kaliper hingga Minyak Rem

Otomotif

2020-12-22

komponen rem cakram

Komponen rem cakram mobil adalah bagian-bagian pada rem cakram mobil yang bikin rem tersebut maksimal fungsinya. Fungsi rem cakram sendiri tak lain adalah memperpendek jarak pengereman saat mobil hendak direm atau dihentikan.

Komponen rem cakram mobil sendiri cukup banyak. Dari banyaknya komponen itu, beberapa di antaranya akan kami bahas di sini. Beberapa komponen itu adalah:

Kaliper

Komponen pertama pada rem cakram yang mesti Sahabat tahu adalah kaliper. Fungsi utama komponen ini adalah sebagai pengimpit kampas rem ke piringan cakram, serta menopang piston dan kampas rem. Kaliper terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Fixed Calliper, merupakan kaliper yang menyatu dengan brake support yang ada pada rem cakram.
  • Floating Calliper, adalah kaliper yang bisa bergerak ke kanan dan kiri, memiliki dua sisi, serta letaknya tak jauh dari brake support. Salah satu sisi jenis kaliper ini sudah dilengkapi dengan piston brake.

Piston Brake

Ini adalah komponen rem cakram mobil yang letaknya ada pada satu sisi kaliper. Terutama kaliper berjenis Floating Calliper. Ciri khas komponen ini adalah bentuk badannya yang serupa tabung, serta memiliki lekukan di salah satu ujungnya. 

Ujung yang memiliki lekukan itu nantinya bisa dipakai untuk menyimpan karet pelindung debu. Adapun fungsi utama dari iston brake sendiri adalah membantu kaliper menekan kampas rem ke piringan cakram.

Kampas Rem

Sahabat pasti tak asing mendengar nama komponen ini. Apalagi, jika Sahabat sudah membaca pembahasan dua komponen sebelumnya. Komponen bernama brake pads inilah yang nanti bakal ditekan oleh kaliper dan piston brake, supaya dia bisa menekan piringan cakram.

Kampas rem sendiri bisa terbuat dari bahan saja. Namun, lazimnya komponen ini dibuat dari asbes, keramik, sinter, ataupun semi metal. Komponen ini sendiri cukup mudah ditemukan di pasaran.

Jika hendak membeli komponen ini, pilihlah bahan yang paling tahan lama. Selain itu, pilih juga yang kualitasnya tinggi. Bila perlu, belilah kampas rem yang telah direkomendasikan oleh pabrikan mobil Sahabat. 

Jangan sampai memakai kampas rem berkualitas rendah. Sebab, hal itu bisa memicu terjadinya rem cakram mobil bunyi.

Piringan Cakram

Kalau yang satu merupakan komponen yang ditekan oleh kampas rem. Setelah mendapatkan tekanan dari kampas rem, komponen ini akan meneruskan tekanan tersebut ke komponen lainnya, yaitu poros roda.

Nantinya, poros roda akan memberi tekanan pada roda mobil agar berhenti saat proses pengereman. Piringan cakram sendiri kini tersedia dalam dua tipe, yakni:

  • Ventilated Disc, adalah piringan cakram yang memiliki rongga-rongga kecil. Rongga-rongga tersebut nantinya akan melepaskan panas yang muncul pada proses pengereman.
  • Solid Disc, merupakan piringan cakram yang daya cengkramnya kuat, serta memiliki ketebalan tinggi.

Minyak Rem

Tanpa komponen satu ini, sebuah rem cakram mobil tak akan bisa berjalan. Pasalnya, minyak rem mampu menyalurkan tenaga gerak dari pedal ke kaliper, lalu ke kampas rem dan piringan cakram, serta ke ban mobil.

Minyak rems sendiri memiliki banyak tipe, berdasarkan tipe didihnya. Sahabat hanya perlu memilih salah satunya yang sesuai dengan produk rem cakram mobil Sahabat.

Selain komponen-komponen di atas, masih banyak komponen rem cakram mobil lainnya yang tidak bisa kami bahas semua. Adapun komponen-komponen itu adalah pedal rem, booster, tangki minyak rem, master silinder, selang hidrolik, seal piston, piston brake, serta calliper bracket.

Komponen rem cakram mobil adalah bagian-bagian pada rem cakram mobil yang bikin rem tersebut maksimal fungsinya. Komponen rem cakram mobil sendiri cukup banyak. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas. Dengan mengetahui komponen-komponen itu, semoga Sahabat bisa lebih tahu apa saja komponen yang ada pada sebuah rem cakram mobil.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Mobil Mengalami Pecah Ban

2022-02-07

Ban menjadi salah satu unsur penting yang harus ada di kendaraan, salah satunya adalah mobil. Tanpa adanya ban ini, mobil tak bisa bergerak. Untuk itu, kualitas ban yang

thumbnail

Lokasi Parkir Termahal di Jakarta dan Tarifnya Terbaru 2023

2023-11-17

Mengetahui lokasi parkir termahal di Jakarta 2023 beserta tarif terbarunya sangatlah diperlukan. Pasalanya pihak Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kenaikan tarif

thumbnail

Perjalanan Semarang-Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya!

2023-10-03

Berlibur ke Solo, bisa Anda jadikan daftar tempat berlibur terbaik selanjutnya setelah berlibur ke kota Semarang. Sebab, Anda bisa beberapa destinasi wisata terbaik

thumbnail

Torsi Mobil 101: Pengertian, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Tenaga Mobil

2021-05-06

Ketika Sahabat membaca review sebuah mobil, pasti Sahabat akan mendengar istilah torsi. Lantas, apa torsi itu sendiri? Bagi Sahabat yang belum tahu, jangan khawatir. Di