Logo Daihatsu
Menu

Cara Menghitung CC Mobil dengan Mudah, Ini Rumusnya!

Tips & Trick

2022-12-05

Cara Menghitung CC Mobil dengan Mudah, Ini Rumusnya!

Ketika seseorang hendak membeli mobil, ada beberapa aspek yang diperhatikan seperti jenis sistem penggerak mobil, kapasitas, AC, CC, dan lain sebagainya. Namun, aspek yang paling sering ditanyakan oleh pembeli mobil ialah CC (Cubicle Centimeter (Cm3). Aspek ini menentukan performa mobil ketika bermanuver. 

Semakin besar CC yang dimiliki mobil maka laju kecepatannya semakin kencang. Namun, bila Anda hendak memilih mobil yang lebih hemat bahan bakar, Anda bisa memilih CC yang tidak terlalu besar. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menghitung CC mobil dengan mudah. 

Cara Menghitung CC Mobil dengan Mudah

Ketika Anda ingin mengetahui berapa CC mobil yang hendak Anda beli, Anda wajib mengetahui rumus perhitungannya. CC mesin mobil memiliki satuan hitung Cm3 yaitu Centimeter x Centimeter x Centimeter = Cubicle Centimeter (Cm3).

Selain Anda harus menghafal rumus satuan ini, Anda juga harus menghafal rumus perhitungan tabung. Agar Anda tidak bingung perhatikan rumus dan contoh perhitungannya di bawah ini.

1. Rumus menghitung volume tabung

Misalkan sebuah tabung memiliki jari-jari sebesar 5 cm, dan panjang tabung 13 cm. Untuk mengetahui volume tabung tersebut, Anda harus melakukan perhitungan dengan cara berikut.

3,14 x (5x5) x 13 = 1.020,5 cc

Baca Juga : Jenis-Jenis Mobil di Indonesia, Yuk Ketahui Disini!

2. Rumus menghitung ruang bakar

Misalkan ruang bakar mesin memiliki diameter sebesar 10 cm, dan area piston (l) adalah 13 cm. Maka untuk mengetahui volume ruang bakar, Anda harus melakukan perhitungan dengan cara berikut. 

3,14/4 x (10x10) x 13 = 1.020,5 cc

Bila Anda mengamati perhitungan rumus menghitung volume tabung dengan rumus menghitung ruang bakar menghasilkan nilai perhitungan yang sama. 

Selanjutnya, untuk mengetahui volume ruang bakar, Anda harus mengetahui terlebih dahulu volume langkah pada piston (stroker / tanda L pada piston). Selain itu, Anda juga harus mengetahui berapa diameter ruang bakar (bore). Agar Anda tidak bingung perhatikan rumus di bawah ini.

Contoh Perhitungannya: 

Anda memiliki mobil All New Daihatsu Xenia Tahun 2022 dengan tipe mesin 2NR-VE. Mobil ini memiliki ukuran diameter (bore) sebesar 72.5 mm dan stroke 90.6 mm. Sebelum, Anda melakukan perhitungan volume ruang bakar, Anda harus mengubah satuan mm menjadi cm terlebih dahulu.

Diameter (Bore) = 72,5 mm = 7,25 cm

Langkah piston (L/Stroke) = 90,6 mm = 9,06 cm

Setelah Anda sudah menjadi cm, Anda baru bisa melakukan perhitungan volume ruang bakar seperti berikut. 

= 3,14/4 x (7,25 x 7,25) x 9,06

= 0,785 x 52,56 x 9,06

= 373,81 cc

Nilai CC untuk satu ruang bakar (1 silinder) mobil All New Daihatsu Xenia 2022 memiliki besaran CC sebesar 373,81 cc. 

Seperti diketahui, mobil All New Daihatsu Xenia 2022 memiliki 4 silinder. Jadi jumlah CC keseluruhan mobil ini sebesar 373,81 cc x 4 (silinder) = 1.495, 24 cc atau dibulatkan menjadi 1.500 cc.

Begitulah rumus-rumus yang bisa Anda hafalkan ketika hendak menghitung cc mobil yang akan Anda beli. Setelah Anda membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah memahami cara menghitungnya. 

Bila Anda hendak membeli mobil, namun kebingungan untuk menentukan cc mobil yang tepat, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. Di sini Anda akan dipandu oleh sales dan marketing profesional dalam memilih mobil yang tepat sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Apakah Anda berminat meminang salah satu mobil Daihatsu?


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Intip 5 Trik Sukses Mendapatkan Pekerjaan di Job Fair Ini

2021-08-15

Bursa kerja atau yang biasa disebut Job Fair merupakan sebuah acara yang paling ditunggu oleh para pencari kerja terutama bagi mereka para fresh graduate yang memang bel

thumbnail

Biar Tetap Fokus Saat Lembur, Coba Lakukan Trik ini

2020-11-24

Pekerjaan yang menumpuk dan dikejar deadline memang hal yang tak asing lagi bagi para pekerja kantoran. Mau tak mau kita harus tetap bertahan di kantor hingga larut mala

thumbnail

Catat, Masa Berlaku SIM Terbaru Bukan dari Tanggal Lahir Lagi

2022-12-05

Bicara soal masa berlaku SIM terbaru 2022, tidaklah sama dengan masa berlaku pada tahun-tahun sebelumnya. Jika dahulu, SIM memiliki masa kadaluarsa setiap 5 tahun se

thumbnail

5 Kiat Sukses dalam Wawancara Kerja

2020-11-24

Mendapatkan pekerjaan adalah tujuan bagi kebanyakan orang, terutama bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Namun, untuk diterima di pekerjaan yang ki