Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Awet dan Terlihat Kinclong
17 November 2020
cara merawat mobil berwarna putih

Tak sedikit orang yang menyukai mobil putih. Hal ini karena, warna tersebut mampu membuat mobil terlihat lebih elegan, apalagi jika disejajarkan dengan mobil berwarna gelap. 

Akan tetapi, kendaraan dengan warna putih cenderung membutuhkan perawatan lebih. Untuk menjaga agar kinclong, awet dan tidak kusam, yuk simak cara merawat mobil warna putih berikut.

1. Hindari Memarkir Mobil Putih di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sebagai upaya untuk mempertahankan warna mobil putih agar tetap elegan, maka Anda harus menghindari parkir di bawah sinar matahari langsung. Ada beberapa bahaya terlalu sering menjemur mobil.

Perlu diketahui, terpaan terik matahari akan menyebabkan mobil putih menjadi berwarna kekuningan. Oleh sebab itu, usahakan untuk memarkir di area yang teduh, agar mobil tidak terkena paparan matahari langsung. 

2. Menggunakan Sabun Khusus 

Tips merawat mobil warna putih lainnya adalah menggunakan shampo atau sabun khusus saat mencuci. Umumnya, untuk mencuci mobil orang sering menggunakan sabun colek, detergen, dan lainnya. 

Sebenarnya cara merawat mobil warna putih tersebut kurang dibenarkan, karena penggunaan sabun yang tidak sesuai fungsi akan membuat tampilan cat mobil cepat rusak.

Maka dari itu, agar tampilan luar mobil tetap terjaga, Anda disarankan untuk menggunakan sabun ataupun shampoo khusus saat membersihkan kendaraan. 

Di samping untuk membuat mobil tetap bersih, langkah ini juga akan membantu merawat mobil sehingga bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

3. Cuci Mobil di Tempat Teduh

Langkah selanjutnya untuk merawat mobil putih adalah hindari mencuci kendaraan di bawah sinar matahari langsung. Sebenarnya, tips ini tidak hanya di khususkan untuk mobil putih saja, namun untuk seluruh warna lainnya. 

Biasanya, kebanyakan orang akan mencuci mobil dibawah sinar matahari langsung dengan dalih agar kendaraan lebih cepat kering.

Namun, cara merawat mobil warna ini sebenarnya kurang tepat untuk dilakukan. Karena, kebiasaan tersebut bisa membuat tampilan cat mobil berubah dan tampak memudar. 

Baca juga: Cara Mengecat Mobil

Hal ini dikarenakan, ketika Anda menggunakan shampo atau sabun untuk mencuci, tentu mobil tidak akan langsung dibilas. Pastinya ada rentang waktu antara membersihkan dengan membilas.

Jarak waktu inilah yang membuat shampoo atau sabun mengering dengan cepat, apalagi jika Anda mencuci mobil di bawah terik matahari langsung. Perlu Anda tahu, hal ini bisa menimbulkan jamur pada body mobil putih. 

Maka dari itu, jika Anda mencuci mobil menggunakan shampo sangat disarankan untuk dilakukan di area yang teduh.

4. Lakukan Teknik Mencuci Mobil yang Benar

Dalam mencuci mobil, jarak waktu antara memberikan shampoo mobil dengan membilas penting untuk diperhatikan. Terlambat sedikit saja untuk membilas, shampoo akan mengering. 

Untuk menghindari hal ini, Anda disarankan langsung membilas bagian mobil yang terkena sabun sebelum berlanjut ke bagian lainnya. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca di sini.

Mobil putih memang mempunyai tampilan yang lebih elegan dibandingkan warna lainnya. Namun, diperlukan cara khusus agar warna tetap kinclong serta tidak kusam. 

Beberapa tips tersebut bisa Anda aplikasikan untuk mempertahankan tampilan mobil warna putih. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan pemolesan secara berkala, sehingga kendaraan tetap terlihat baru. 

Baca juga: 6 Cara Jitu Mencuci & Menyimpan Mobil Hitam

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor