Logo Daihatsu
Menu

Cirebon-Jakarta Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaiknya

Otomotif

2023-08-03

Cirebon-Jakarta Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaiknya

Cirebon terkenal dengan makanan khas-nya yaitu Empal Gentong. Selain mempunyai makanan khas, Cirebon merupakan suatu daerah di Jawa Barat yang menyimpan beberapa destinasi wisata terbaik. Mulai dari Situ Cicerem, Bukit Gronggong, Keraton Kanoman, Telaga remis, Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Desa Wisata Cikalahang, Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani, hingga Pantai Kejawanan. Banyaknya destinasi wisata tersebut tentu membuat para pengunjung betah lama-lama di sana. 

Setelah Anda selesai liburan dan hendak balik ke Jakarta, Anda perlu mengetahui estimasi perjalanan Cirebon-Jakarta berapa jam jika menggunakan mobil agar perjalanan bisa Anda persiapkan dengan baik. Yuk, ketahui estimasi selengkapnya di sini.

Cirebon-Jakarta Berapa Jam Jika Naik Mobil?

Estimasi waktu yang dibutuhkan ketika melakukan perjalanan dari Cirebon ke Jakarta dengan naik mobil bisa berbeda-beda untuk setiap pengemudi. Kondisi tersebut tergantung dari bagaimana mobil melaju, kepadatan lalu lintas, hingga rute mana yang dipilih. Namun, apabila kondisi lalu lintas lancar, kecepatan mobil sesuai dengan standar kecepatan di jalan, maka perjalanan dapat ditempuh kurang lebih tiga hingga empat jam.

Rute Perjalanan Cirebon-Jakarta Terbaik

Agar waktu tempuh perjalanan dengan mobil bisa di bawah lima jam, Anda perlu mengetahui rute-rute terbaik Cirebon-Jakarta. Berikut beberapa rute terbaik yang perlu Anda ketahui. 

1. Rute Jalan Tol Cipali

Rute Jalan Tol Cipali tepatnya Cikopo-Palimanan, merupakan rute jalan yang kerap kali digunakan pengemudi mobil karena dinilai lebih cepat. Pengemudi mobil dapat menempuh perjalanan dari Cirebon-Jakarta yang berjarak 200 km tersebut, dengan waktu kurang lebih tiga hingga empat jam. Anda bisa memasuki gerbang tol Kanci (gerbang tol kilometer 167) atau gerbang tol Palimanan.

Selanjutnya, Anda melewati beberapa daerah Jawa Barat lainnya, mulai dari Subang, Purwakarta, hingga Karawang sebelum sampai ke Jakarta. 

2. Rute Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR)

Rute terbaik kedua, Anda bisa memilih JORR atau Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta. Dengan begitu Anda bisa terbebas dari kemacetan di beberapa jalan utama kota Jakarta.

3. Rute Jalan Tol Purbaleunyi

Rute terbaik ketiga, Anda bisa memanfaatkan rute Jalan Tol Purbaleunyi. Jalan tol ini merupakan jalan tol penghubung daerah Cirebon dengan daerah Bandung. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalan ke tol Jakarta-Cikampek. Gunakan rute jalan tol ini di jam-jam tertentu (bukan jam pulang kerja) untuk menghindari kemacetan di jalan utama ibu kota.

4. Rute Jalan Pantura

Rute Jalan Pantura, juga bisa Anda pilih menjadi opsi rute terbaik. Anda bisa melakukan perjalanan dari Indramayu, menuju beberapa daerah di Jawa Tengah (Brebes, Tegal) untuk menuju Jakarta.

Baca Juga : Solo-Malang Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaiknya!

5. Rute non Tol

Jika Anda tertarik dengan rute non-Tol, Anda bisa melakukan perjalanan dari Cirebon ke Jakarta, dengan melewati beberapa daerah seperti Jatibarang. Kemudian dilanjutkan ke daerah Widasari, atau di sekitar pesisir Pantura Jawa (Pantai Utara Jawa). Rute ini terbilang cukup lambat dibandingkan dengan melewati rute jalan tol. Namun, rute ini bisa Anda pilih jika Anda ingin menikmati keindahan alam selama perjalanan.

Dari kelima rute di atas, rute mana yang akan Anda coba sebagai rute terbaik? 

Sebelum Anda melakukan perjalanan dari Cirebon ke Jakarta, sebaiknya Anda persiapkan perjalanan dengan baik. Mulai dari menyiapkan kondisi badan, camilan saat di perjalanan, akomodasi, hingga kondisi mobil. Agar kondisi mobil selalu berada kondisi prima, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu. Di sana Anda bisa melakukan servis secara keseluruhan mulai dari servis mesin, sistem-sistem penting mobil lainnya, hingga melakukan spooring ban.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Horsepower pada Mobil? Ini Fungsi & Bedanya dengan Torsi

2023-05-23

Ketika Anda membaca katalog atau referensi di internet mengenai mobil yang hendak Anda beli, tentu ada istilah horsepower. Istilah ini mungkin terbilang asing bagi s

thumbnail

Apa Itu Onderdil? Pahami Jenis-Jenisnya pada Mobil di Sini!

2023-10-06

Apa itu onderdil mungkin menjadi salah satu pertanyaan bagi Anda yang masih awam soal dunia otomotif. Untuk mengetahui tentang onderdil kendaraan bermotor serta jeni

thumbnail

Cara Membuka Blokir ETLE, Mudah dan Cepat!

2023-11-17

Memahami cara membuka blokir ETLE sangatlah diperlukan oleh para pengemudi. Pasalnya, terkadang pengemudi tidak menyadari bahwa dirinya melakukan pelanggaran lalu li

thumbnail

Tips Memilih Mobil Box Terbaik

2021-01-05

Mobil box merupakan tipe kendaraan niaga yang fungsinya sebagai alat transportasi yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kehad