Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Aki Kering Rusak Beserta Cara Menanganinya

Otomotif

2021-01-06

aki kering

Ciri-ciri aki kering rusak adalah modal yang mesti Sahabat ketahui, jika Sahabat memakai aki kering pada mobil. Mengetahui hal tersebut bisa bikin Sahabat melakukan langkah antisipasi, bila aki kering mulai terlihat rusak.

Jika Sahabat belum mengetahui hal itu, jangan khawatir. Sebab, kami akan memberitahukan hal itu pada artikel kali ini. Hal tersebut bisa Sahabat simak sebagai berikut!

Mobil Sulit untuk Dinyalakan

Ciri pertama aki kering mengalami kerusakan adalah sulitnya mobil dinyalakan. Ciri ini bisa ditemukan saat Sahabat hendak menstarter mobil. Ciri ini bisa muncul dari berbagai sebab. Salah satunya adalah air pada aki kering terlalu high ataupun low.

Mulai Tercium Bau Tidak Sedap

Ciri berikutnya adalah mulai terciumnya bau tidak sedap pada mobil. Terutama, di bagian mesinnya. Ciri ini biasanya muncul tatkala mobil hendak dinyalakan. Salah satu penyebab dari ciri ini adalah rusaknya sel-sel pada aki kering mobil.

Bunyi Klakson Pada Mobil Sudah Tidak Keras Lagi

Ciri yang satu ini muncul saat Sahabat menyalakan klakson dalam keadaan mobil mati. Ciri ini lazim dibarengi dengan tanda-tanda lainnya, yaitu lampu utama mobil mulai meredup.

Tegangan Aki Berada di Angka 10 Volt atau Bahkan Kurang

Kalau yang satu ini bakal Sahabat temui saat mengecek aki kering dengan tester. Jika aki sudah berada di angka 10 volt atau kurang, kami sarankan untuk jangan memakainya terlebih dahulu.

Cara Menangani Aki Kering Rusak

Selain ciri-ciri aki kering rusak, kai juga bakal memberikan beberapa cara mengatasi kerusakan pada aki kering. Beberapa cara mengatasi aki kering rusak sendiri adalah sebagai berikut:

Bersihkan Bodi Aki Kering

Jika bodi aki kering rusak dalam keadaan kotor, maka cobalah bersihkan terlebih dahulu. Bersihkan sampai kotoran yang menempel pada bodinya betul-betul bersih. Bila cara ini sudah dilakukan, Sahabat bisa langsung melakukan cara-cara selanjutnya.

Buka Penutup Aki

Cara selanjutnya yang mesti dilakukan adalah membuka penutup aki kering. Penutup aki kering sendiri terdiri atas tiga buah, serta terbuat dari karet yang rekat.Untuk membukanya, Sahabat mesti mencongkel tutup tersebut dari atas. Hal itu dilakukan agar tutupnya tidak pecah.

Isi Aki Kering dengan Air Zuur

Bila tutup sudah terbuka, segera isi aki kering dengan air zuur. Sebelum cara ini dilakukan, Sahabat harus memasukan terlebih dahulu air zuurnya ke dalam suntikan. Baulah sesudahnya Sahabat bisa memasukan air tersebut ke dalam aki kering. Batas maksimal air zuur yang mesti dimasukkan adalah 1 cm dari bawah lubang aki.

Tutup Kembali Lubang Aki Kering

Segera tutup lubang aki kering, bila air zuur sudah dimasukkan. Pastikan benar-benar tertutup dengan rapat, agar aki kering tidak bocor atau merembes. Agar makin tertutup rapat, Sahabat bisa memberikan lem pada penutup lubang akinya.

Minta Bantuan Ahli

Sebetulnya, cara-cara sebelumnya bisa Sahabat lakukan sendiri. Namun, bila Sahabat kesulitan atau masih belum terbiasa, jangan ragu untuk meminta bantuan pihak yang lebih ahli. Selain terhindar dari kesalahan fatal, meminta bantuan ahli juga bisa mempermudah proses penanganan aki kering yang rusak.

Melakukan Perawatan Rutin

Bila semua cara di atas dilakukan, jangan lupa melakukan perawatan rutin. Melakukan hal itu bisa membuat aki kering tetap awet, serta terbebas dari potensi kerusakan.

Itulah sejumlah ciri aki kering yang rusak, serta cara untuk menanganinya. Semoga bisa menambah wawasan serta bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membersihkan Mobil Dari Debu Supaya Selalu Bersih Dan Mengkilap

2021-08-06

Bagi Anda yang sering bepergian dengan mobil, debu dan kotoran pasti sudah menjadi masalah yang sering Anda hadapi. Untuk mendapatkan penampilan mobil yang bersih, Anda

thumbnail

6 Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

2022-09-01

Aki merupakan bagian krusial dalam sebuah kendaraan yang bertugas untuk menghidupkan mesin. Apabila aki mengalami keausan, maka mobil tidak bisa distarter dan dikemudikan. Kondisi ini sering kali m

thumbnail

4 Penyebab Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut dan Solusinya

2022-09-09

Apakah Anda pernah mengalami masalah kunci mobil tidak bisa dicabut meski mesin mobil dalam keadaan mati? Pasti Anda langsung panik dan bingung ketika kondisi ini tiba-tiba terjadi.Meski saa

thumbnail

Undang Undang yang Mengatur Tentang Ambulance di Jalan

2021-01-19

Pernahkah Sahabat melihat bagaimana ambulance melaju di jalan raya? Mulai dari sering mendapat prioritas sampai diiringi beberapa petugas yang membuka jalur pasti jadi p