Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Injeksi Mobil Rusak, Ketahui Penyebabnya!

Otomotif

2024-01-15

Ciri-Ciri Injeksi Mobil Rusak, Ketahui Penyebabnya!

Sistem injeksi mobil merupakan sistem yang berfungsi menyalurkan bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju ruang bakar. Mengingat fungsinya yang sangat penting, sebagai pemilik mobil Anda wajib memahami ciri-ciri injeksi mobil rusak beserta penyebabnya. Adapun ciri dan penyebabnya sebagai berikut.

Ciri-Ciri Injeksi Mobil Rusak

Ketika injeksi mobil rusak maka akan muncul ciri-ciri seperti berikut. 

1. Mobil sulit untuk di starter

Ciri pertama injeksi mobil rusak, bisa Anda ketahui ketika Anda sedang menstarter mobil. Injeksi mobil yang rusak akan membuat mobil sulit untuk di starter. Bahkan untuk menghidupkan mobil Anda perlu waktu yang lama.

2. Mobil tersendat-sendat dan mengeluarkan suara kasar

Ciri kedua, laju mobil menjadi tersendat-sendat, berat meski sudah di gas. Selain itu juga muncul suara kasar.

3. Mobil gampang mogok

Apabila kamu sering mengalami mobil mogok, itu tandanya sedang ada masalah dalam sistem injeksi pada mobil,

4. Indikator engine menyala

Ciri keempat, indikator engine pada mobil akan menyala. Hal tersebut terjadi karena indikator engine berfungsi sebagai fitur detektor mobil apabila ada kerusakan komponen mobil.

5. Keluar asap tebal dengan aroma bensin dari knalpot

Ciri kelima, knalpot mobil akan mengeluarkan asap tebal disertai dengan aroma bensin. Kondisi ini biasanya disebabkan karena sistem pembakaran mesin tidak sempurna karena kurangnya suplai bahan bakar.

6. Konsumsi bahan bakar boros

Ciri terakhir injeksi mobil rusak adalah konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros dari biasanya.

Penyebab Injeksi Mobil Rusak

Setelah Anda mengetahui ciri injeksi mobil yang rusak, selanjutnya Anda perlu mengetahui penyebab kerusakan tersebut beserta cara mengatasinya.

1. Pompa bahan bakar mati

Injeksi mobil yang rusak biasanya disebabkan oleh pompa bahan bakar (fuel pump) yang mati sehingga suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak stabil. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu melakukan penggantian pompa bahan bakar dengan yang baru.

2. Busi bermasalah

Penyebab kedua, disebabkan oleh busi yang bermasalah atau mulai aus. Kerusakan busi ini menyebabkan pembakaran mesin kurang optimal karena busi tidak mampu menghasilkan bunga api.

3. Idle Speed Control (ISC) bermasalah

Penyebab ketiga, disebabkan karena ISC yang bermasalah. ISC berfungsi menyuplai udara ketika proses pembakaran bahan bakar. Apabila ISC kotor, atau rusak menyebabkan RPM idle kurang stabil, starter bermasalah, hingga kerusakan pada throttle dan sistem injeksi mobil. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu membersihkan ISC secara rutin. Ganti komponen ini apabila sudah aus.

4. Tegangan aki lemah

Penyebab keempat, disebabkan oleh tegangan aki yang sudah melemah. Seperti diketahui cranking RPM mobil memiliki standar kurang lebih 800-1000 RPM. Sedangkan aki berfungsi meningkatkan RPM mobil. Apabila tegangan aki kurang dari standar RPM maka akan menghambat proses pembakaran bahan bakar. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kondisi aki selalu prima. Ganti segera apabila aki sudah soak.

5. Selang bahan bakar bocor

Penyebab kelima, disebabkan oleh kebocoran pada selang bahan bakar. Kondisi ini menyebabkan proses pembakaran bahan bakar dan mesin terhambat karena suplai bahan bakar berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu mengganti selang bahan bakar dengan yang baru.

6. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai

Penyebab keenam, disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar bahan bakar mobil. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui standar bahan bakar mobil Anda. Pastikan RON bahan bakar yang digunakan sesuai atau lebih tinggi dari standar.

7. Jarang servis

Penyebab terakhir, disebabkan karena Anda kurang merawat mobil sehingga komponen sistem injeksi mobil bermasalah. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu rutin mengecek kondisi mobil Anda. Segera servis ke bengkel resmi Daihatsu terdekat apabila muncul tanda dan gejala kerusakan pada komponen mobil. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cek Plat Nomor Jogja Secara Online, Lebih Mudah!

2024-02-23

Cek plat nomor Jogja saat ini sudah bisa dilakukan secara online, tanpa perlu wara-wiri ke Samsat. Adapun cara pengecekannya sebagai berikut.

thumbnail

Begini Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Injeksi

2020-12-29

Pompa bensin (fuel pump) yang bermasalah bisa menyebabkan mesin mogok ataupun mati tiba-tiba. Karena itu, banyak pemilik mobil yang bertanya bagaimana cara mendet

thumbnail

4 Cara Menutup Cat Mobil yang Terkelupas dengan Benar

2021-01-06

Perawatan pada kendaraan bermotor memang tidak hanya dilakukan pada bagian mesinnya saja, namun serangkaian perlakuan juga perlu dilakukan pada body. Agar mendapat tampi

thumbnail

GPS Mobil : Fungsi, Cara Kerja dan Cara Pasang

2020-11-05

GPS mobil adalah alat yang biasa digunakan untuk mendeteksi keberadaan mobil. Semua fitur yang ada lebih mengarah untuk perlindungan bagi pemilik kendaraan jika sewaktu – waktu mobil kesayangan men