Logo Daihatsu
Menu

6 Penyebab Mobil Tersendat Sendat Saat Jalan & Solusinya

Otomotif

2022-10-17

6 Penyebab Mobil Tersendat Sendat Saat Jalan & Solusinya

Penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga memahami penyebab dan cara mengatasi permasalahan tersebut perlu dikuasai. Karena jika penyebabnya sepele, Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mandiri tanpa menghubungi langsung pihak bengkel. 

Namun, jika kondisi dirasa perlu penanganan tenaga ahli, Anda bisa membawanya ke bengkel. Daripada Anda penasaran, berikut akan diulas secara detail cara mengatasi mobil tersendat-sendat saat dikendarai dan apa saja penyebabnya.

Penyebab Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan

Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab mobil tersendat-sendat saat jalan, antara lain :

1. Bahan Bakar Sudah Hampir Habis dan Tidak Sesuai Spesifikasi

Penyebab utama mobil tersendat-sendat saat jalan biasanya disebabkan bahan bakar yang sudah hampir habis. Akibatnya mesin tidak dapat bekerja karena pasokan bahan bakar tidak maksimal.

Selain itu, penyebab lainnya adalah karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai spesifikasi mesin mobil, misalnya penggunaan bahan bakar dengan oktan yang rendah.

Baca Juga : Awas! Kenali Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas Beserta Solusinya

2. Bagian Busi Sudah Rusak atau Kualitas Busi Jelek

Busi merupakan komponen yang memiliki peran memercikkan api saat proses pembakaran mesin. Sehingga apabila busi sudah terlalu lama digunakan maka kondisi busi akan rusak dan aus. Hal ini juga yang menyebabkan mobil nyendat saat mesin panas.

Kerusakan pada busi atau penggunaan busi dengan kualitas yang buruk tidak sesuai dengan standar dapat menyebabkan kinerja pembakaran mesin kurang optimal karena percikan api yang dihasilkan lemah. 

3. Sistem Sensor Bermasalah atau Rusak

ECU (Electronic Control Unit) pada mobil berfungsi sebagai penentu durasi injeksi bahan bakar (penentu waktu yang tepat kapan harus memberikan campuran udara pada bahan bakar atau kapan memberi bahan bakar yang pas pada mesin).

Hal tersebut menyebabkan sistem sensor komponen ini bermasalah atau terjadi kerusakan. Maka otomatis suplai bahan bakar menjadi kacau karena sinyal data yang dihasilkan tidak akurat, kemudian bisa  menyebabkan mobil tersendat-sendat.

4. Adanya Permasalahan pada Bagian Sistem Bahan Bakar

Kenapa mobil digas ndut ndutan? penyebabnya biasanya karena adanya masalah pada sistem bahan bakar. Misalnya saja seperti pada bagian filter pompa, karburator, injektor, dan komponen lainnya yang kotor dan tersumbat juga dapat membuat mobil tersendat-sendat.

5. Sistem Injeksi Mengalami Masuk Angin

Sama seperti halnya manusia, sistem injeksi juga bisa terkena penyakit “masuk angin”. Saluran injeksi bahan bakar yang kemasukan angin atau udara dapat menyebabkan mobil tersendat-sendat saat dikemudikan.

Hal tersebut karena adanya gelembung udara dalam sistem injeksi sehingga menyebabkan ketidakstabilan tekanan bahan bakar. 

6. Air Radiator Habis

Air radiator habis dapat menyebabkan mobil mengalami overheat dan tersendat-sendat saat dikemudikan.

Baca Juga : 10 Penyebab Mobil Hilang Tenaga Saat Digas & Mengatasinya

Cara Mengatasi Mobil Tersendat-Sendat Saat Jalan

Apa yang harus dilakukan jika mesin mobil tersendat sendat? Berikut beberapa cara mengatasi ketika mobil Anda tersendat-sendat saat jalan, antara lain :

  1. Menggunakan bahan bakar sesuai spesifikasi mesin atau oktan tinggi. Serta selalu mengawasi tangki bahan bakar, sehingga bahan bakar selalu berada dalam kondisi penuh atau tidak melewati batas merah pengisian.
  2. Selalu rutin mengecek kondisi busi dan sistem pengapian. Apabila busi sudah rusak atau bermasalah, segera ganti dengan busi baru yang berkualitas.
  3. Segera membawa mobil ke bengkel ketika sistem sensor ECU bermasalah.
  4. Rutin melakukan perawatan pada sistem pembakaran mesin injeksi baik dilakukan secara mandiri atau membawanya ke bengkel resmi terdekat.
  5. Selalu cek kondisi air radiator, jika tinggal sedikit atau habis segera isi dengan air radiator yang baru.
  6. Tune Up mobil. Lakukan proses tune up mobil apabila beberapa cara sebelumnya tidak memberikan perubahan terhadap kondisi mobil dan mobil masih tetap tersendat-sendat. 

Demikianlah informasi mengenai 6 penyebab mobil tersendat sendat saat jalan dan juga cara mengatasinya. Jika cara di atas tidak memberikan hasil, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat guna mendapatkan penanganan secara tepat dan maksimal, seperti penggantian komponen-komponen mobil yang bermasalah.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Balai Uji Mobil Bertaraf Internasional Akan Dibangun Tahun 2022

2021-09-30

Balai uji mobil bertaraf internasional kabarnya akan dibangun mulai Februari 2022 di Bekasi. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sedang

thumbnail

Begini Cara Memperbaiki ISC Mobil yang Rusak

2020-10-31

ISC atau Idle Speed Control merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam pengaturan putaran idling, namun sayangnya ISC justru rentan mengalami

thumbnail

Tips Memasang Sekring Agar Modifikasi Audio Mobil Makin Aman

2022-05-27

Pasang sekring saat modifikasi audio jika tidak dilakukan dengan benar bisa fatal. Mulai dari konslet hingga masalah lain bisa terjadi. Untuk itulah sebelum mulai pasang