Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Seal Klep Mobil Bocor, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Otomotif

2023-11-21

Ciri-ciri Seal Klep Mobil Bocor, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang merupakan pemilik mobil, memahami ciri dari seal klep mobil bocor merupakan suatu keharusan. Sebab dengan begitu maka akan membuat pengguna bisa segera mengatasinya sedini mungkin agar kinerja tetap optimal. 

Seperti sudah diketahui bahwa klep mobil adalah salah satu komponen penting di dalam mobil. Adapun lokasi dari komponen tersebut berada di bushing dudukan klep. Fungsi utamanya adalah untuk menyekat setiap mesin dengan klep yang terletak pada ruang bakal. 

Sama seperti dengan komponen lainnya, komponen inipun juga tidak bisa dilepaskan dari namanya kerusakan lho. Penyebab kerusakan dari seal klep tersebut biasanya karena adanya gesekan yang mengakibatkan panas. 

Ciri-Ciri Seal Klep Mobil Bocor 

Memahami bagaimana ciri seal klep mobil bocor wajib untuk Anda ketahui agar bisa segera melakukan penggantian. Sebab kalau dibiarkan begitu saja dalam kondisi lama dapat menyebabkan oli mesin rembes sekaligus turun mesin tidak dapat dihindari.

Nah bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah lebih parah, maka berikut sejumlah ciri ciri dari seal klep bocor tersebut: 

  • Adanya asap putih yang keluar dari knalpot mobil 
  • Suhu mesin menjadi cepat panas dan bahkan mengalami overheat 
  • Volume air menjadi cepat habis karena adanya rembesan 
  • Lebih boros penggunaan bahan bakar 
  • Suara mesin menjadi lebih kasar dan keras sehingga akan sangat mengganggu para pengguna. 

Penyebab Kerusakan 

Kebocoran yang terjadi pada seal klep tersebut ternyata juga disebabkan oleh beberapa faktor. Inilah mengapa sebagai pengguna wajib mencari tahu penyebabnya agar bisa segera diatasi. Nah berikut sejumlah penyebab kerusakan dan kebocoran pada seal klep mobil. 

Mesin yang Kotor 

Penyebab paling umum kebocoran tersebut adalah karena mesin kotor atau terdapat kerak akibat jarang dibersihkan. Disinilah pentingnya sebagai pengguna agar tetap menjaga kebersihan pada area mesin mobil terutama kalau Anda tipe orang yang menggunakan mobil secara harian.

Usia Penggunaan Mobil 

Klep yang mengalami kerusakan bisa jadi disebabkan karena usia dari kendaraan. Semakin lama kendaraan tersebut digunakan, maka risiko kebocoran seal klep juga akan semakin tinggi. Jadi disarankan agar rutin dalam melakukan penggantian minimal 3 tahun penggunaan. 

Baca Juga : Fungsi Penting Klep Mobil, Komponen hingga Cara Kerjanya

Cara Mengatasinya 

Sudah mengetahui bagaimana penyebab dari kebocoran di atas, berikutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Tujuannya tentu untuk meminimalisir kerusakan agar tidak semakin semakin parah. 

Berikut sejumlah cara untuk mengatasi seal klep yang mengalami kebocoran. 

Lakukan Perbaikan Pada Seal Klep Dahulu 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki seal klep terlebih dahulu. Untuk melakukan perbaikan bisa dengan melakukan pembersihan dan menggantinya. Jika bingung bagaimana caranya, maka silahkan bawa ke bengkel terdekat terlebih dahulu. 

Dengan Cara Skir Klep

Cara melakukan perbaikan komponen ini berikutnya adalah dengan cara skir klep. Langkah ini dapat dilakukan dengan proses pengikisan sedikit demi sedikit bagian dudukan dan klep mobil. Tujuannya adalah supaya memperoleh posisi paling tepat. 

Sebagai catatan bahwa metode tersebut sebaiknya harus dilakukan dengan bahan khusus sehingga hasilnya bisa lebih maksimal. Adapun nama bahan tersebut adalah amril. 

Melakukan Penggantian

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melalui proses penggantian seal klep bocor tersebut. Prosesnya dapat dimulai dari membongkar mesin dan mengganti komponen dengan unit yang baru. Anda bisa melakukan penggantian ini di bengkel resmi Daihatsu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sangat perlu mengetahui juga bagaimana ciri dari seal klep yang alami kebocoran tersebut. Sebab apabila tidak segera diatasi, bisa mengakibatkan masalah baru. Dengan memahami ciri seal klep mobil bocor dan pencegahannya, maka performa kendaraan tetap terjaga. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menonaktifkan Immobilizer Mobil dengan Mudah, Yuk Coba!

2023-10-06

Immobilizer mobil merupakan fitur modern dari pengembangan teknologi sistem keamanan mobil, khususnya pada bagian jendela dan pintu mobil. Dengan adanya fitur terseb

thumbnail

Apakah Aman Menaruh APAR di Mobil?

2021-04-14

APAR atau kepanjangan dari Alat Pemadam Api Ringan adalah peralatan wajib yang dijumpai di gedung-gedung untuk menanggulangi terjadinya kebakaran ringan sebelum api mere

thumbnail

Efek Velg Mobil Peyang yang Jadi Ciri-ciri Kerusakan Pada Mobil

2021-03-06

Bagian velg mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting perannya. Velg berperan untuk dapat memungkinkan mobil melaju dengan aman dan nyaman sesuai