Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak, Gejala dan Cara Memperbaikinya
26 Oktober 2023
Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak, Kenali Gejala dan Cara Memperbaikinya

Mengenali ciri thermostat mobil rusak sejak dini sangat diperlukan oleh para pemilik mobil. Sebab dapat mencegah kerusakan komponen mobil lainnya serta dapat menentukan langkah yang tepat untuk memperbaikinya. Seperti diketahui, thermostat berfungsi sebagai pengontrol cairan pendingin yang terdapat pada mesin mobil. Apabila komponen ini rusak dan tidak segera diatasi maka mobil bisa overheat. Agar hal tersebut bisa dihindari, yuk langsung saja ketahui ciri-ciri kerusakannya beserta cara memperbaikinya seperti berikut ini.

Ciri Ciri atau Gejala Muncul Saat Thermostat Mobil Rusak

Ketika thermostat mobil rusak, maka akan muncul ciri-ciri atau tanda gejala seperti berikut.

1. Thermostat sering terbuka

Ketika thermostat mobil rusak, maka thermostat cenderung terbuka meski pada temperatur ruang atau kisaran 30 derajat celcius.

2. Thermostat sering macet

Ketika thermostat mobil rusak, juga terkadang membuat kinerja thermostat macet. Kondisi ini merupakan kebalikan dari kondisi yang pertama. Yakni, meski temperatur sudah melebihi batas standar atau sudah 90 derajat celcius, thermostat tidak kunjung terbuka.

3. Sulit untuk mendapatkan suhu kerja ideal mesin

Thermostat mobil yang rusak, juga menyebabkan mesin sulit untuk mencapai suhu kerja ideal mesin. Terutama ketika kondisi mesin mobil masih dingin atau ketika menyalakan mesin mobil di pagi hari. Hal ini bisa terjadi karena thermostat yang rusak kerap kali terbuka sehingga cairan pendingin yang semestinya tidak dialirkan sebelum mencapai suhu yang ditentukan, justru malah dialirkan ke bagian radiator. 

4. AC mobil kurang dingin

Ketika AC mobil Anda tiba-tiba kurang dingin, meski kondisi freon penuh atau komponen AC masih baik, maka bisa dipastikan thermostat mobil Anda rusak. Hal ini terjadi karena kemacetan thermostat (thermostat yang tertutup) sehingga membuat suhu mesin panas mobil lebih panas. Kondisi ini berdampak ke beban kerja mesin mobil, dan suhu kabin sehingga membuat sistem AC harus menonaktifkan kinerja kompresor AC.

5. Mesin overheat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, thermostat yang rusak akan membuat mesin mengalami overheat (kenaikan suhu secara drastis).

6. Boros bahan bakar namun performa loyo

Ciri terakhir bisa Anda rasakan ketika performa mesin menjadi loyo, namun konsumsi bahan bakar semakin boros. 

Baca Juga : Inilah Indikator Temperatur Mobil yang Normal dan Cara Mengeceknya

Cara Memperbaiki Thermostat Mobil yang Rusak

Ada beberapa cara memperbaiki thermostat mobil rusak yang bisa Anda contoh. Berikut cara selengkapnya.

1. Cari posisi thermostat mobil

Sebelum Anda memperbaiki thermostat mobil Anda yang rusak, Anda perlu mengetahui posisi komponen tersebut. Sebab setiap mobil memiliki letak posisi thermostat yang berbeda. Untuk mengetahui letak posisi komponen tersebut, Anda bisa membuka buku panduan pabrikan atau mencari informasi melalui internet.

2. Lepaskan thermostat mobil

Selanjutnya, Anda perlu melepaskan thermostat mobil secara perlahan dan hati-hati dengan bantuan kunci ukuran 17.

3. Membersihkan thermostat mobil

Selanjutnya, jangan lupa membersihkan bagian thermostat yang kotor dengan cairan pembersih dan amplas halus. 

4. Mengganti thermostat mobil yang rusak dengan yang baru

Jika kinerja thermostat mobil yang sudah dibersihkan tidak berfungsi dengan normal. Maka segera lakukan penggantian thermostat tersebut dengan yang baru.

5. Tes ulang fungsi thermostat mobil

Jika sudah diganti dengan yang baru, Anda perlu melakukan pengetesan ulang fungsi dari thermostat. Apakah berfungsi secara normal atau tidak. Jangan lupa mengisi air radiator secara penuh sebelum melakukan pengetesan ulang.

Demikian ulasan lengkap mengenai ciri dan gejala thermostat mobil rusak beserta cara memperbaikinya. Jika Anda merasa kesulitan ketika melakukan perbaikan thermostat secara mandiri. Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk mendapatkan pelayanan yang tepat.

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor