Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak, Gejala dan Cara Memperbaikinya

Otomotif

2023-10-30

Ciri-Ciri Thermostat Mobil Rusak, Kenali Gejala dan Cara Memperbaikinya

Mengenali ciri thermostat mobil rusak sejak dini sangat diperlukan oleh para pemilik mobil. Sebab dapat mencegah kerusakan komponen mobil lainnya serta dapat menentukan langkah yang tepat untuk memperbaikinya. Seperti diketahui, thermostat berfungsi sebagai pengontrol cairan pendingin yang terdapat pada mesin mobil. Apabila komponen ini rusak dan tidak segera diatasi maka mobil bisa overheat. Agar hal tersebut bisa dihindari, yuk langsung saja ketahui ciri-ciri kerusakannya beserta cara memperbaikinya seperti berikut ini.

Ciri Ciri atau Gejala Muncul Saat Thermostat Mobil Rusak

Ketika thermostat mobil rusak, maka akan muncul ciri-ciri atau tanda gejala seperti berikut.

1. Thermostat sering terbuka

Ketika thermostat mobil rusak, maka thermostat cenderung terbuka meski pada temperatur ruang atau kisaran 30 derajat celcius.

2. Thermostat sering macet

Ketika thermostat mobil rusak, juga terkadang membuat kinerja thermostat macet. Kondisi ini merupakan kebalikan dari kondisi yang pertama. Yakni, meski temperatur sudah melebihi batas standar atau sudah 90 derajat celcius, thermostat tidak kunjung terbuka.

3. Sulit untuk mendapatkan suhu kerja ideal mesin

Thermostat mobil yang rusak, juga menyebabkan mesin sulit untuk mencapai suhu kerja ideal mesin. Terutama ketika kondisi mesin mobil masih dingin atau ketika menyalakan mesin mobil di pagi hari. Hal ini bisa terjadi karena thermostat yang rusak kerap kali terbuka sehingga cairan pendingin yang semestinya tidak dialirkan sebelum mencapai suhu yang ditentukan, justru malah dialirkan ke bagian radiator. 

4. AC mobil kurang dingin

Ketika AC mobil Anda tiba-tiba kurang dingin, meski kondisi freon penuh atau komponen AC masih baik, maka bisa dipastikan thermostat mobil Anda rusak. Hal ini terjadi karena kemacetan thermostat (thermostat yang tertutup) sehingga membuat suhu mesin panas mobil lebih panas. Kondisi ini berdampak ke beban kerja mesin mobil, dan suhu kabin sehingga membuat sistem AC harus menonaktifkan kinerja kompresor AC.

5. Mesin overheat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, thermostat yang rusak akan membuat mesin mengalami overheat (kenaikan suhu secara drastis).

6. Boros bahan bakar namun performa loyo

Ciri terakhir bisa Anda rasakan ketika performa mesin menjadi loyo, namun konsumsi bahan bakar semakin boros. 

Baca Juga : Inilah Indikator Temperatur Mobil yang Normal dan Cara Mengeceknya

Cara Memperbaiki Thermostat Mobil yang Rusak

Ada beberapa cara memperbaiki thermostat mobil rusak yang bisa Anda contoh. Berikut cara selengkapnya.

1. Cari posisi thermostat mobil

Sebelum Anda memperbaiki thermostat mobil Anda yang rusak, Anda perlu mengetahui posisi komponen tersebut. Sebab setiap mobil memiliki letak posisi thermostat yang berbeda. Untuk mengetahui letak posisi komponen tersebut, Anda bisa membuka buku panduan pabrikan atau mencari informasi melalui internet.

2. Lepaskan thermostat mobil

Selanjutnya, Anda perlu melepaskan thermostat mobil secara perlahan dan hati-hati dengan bantuan kunci ukuran 17.

3. Membersihkan thermostat mobil

Selanjutnya, jangan lupa membersihkan bagian thermostat yang kotor dengan cairan pembersih dan amplas halus. 

4. Mengganti thermostat mobil yang rusak dengan yang baru

Jika kinerja thermostat mobil yang sudah dibersihkan tidak berfungsi dengan normal. Maka segera lakukan penggantian thermostat tersebut dengan yang baru.

5. Tes ulang fungsi thermostat mobil

Jika sudah diganti dengan yang baru, Anda perlu melakukan pengetesan ulang fungsi dari thermostat. Apakah berfungsi secara normal atau tidak. Jangan lupa mengisi air radiator secara penuh sebelum melakukan pengetesan ulang.

Demikian ulasan lengkap mengenai ciri dan gejala thermostat mobil rusak beserta cara memperbaikinya. Jika Anda merasa kesulitan ketika melakukan perbaikan thermostat secara mandiri. Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk mendapatkan pelayanan yang tepat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Memilih Warna Cat Mobil Sesuai dengan Kepribadian

2022-01-30

Mobil merupakan kendaraan pribadi yang memiliki banyak peminat di masa kini. Banyak orang menggunakan mobil karena sangat efektif untuk digunakan dalam berbagai keadaan, baik saat panas maupun huja

thumbnail

Mengenal Pentingnya Alternator Mobil

2020-12-08

Alternator mobil juga biasa disebut sebagai dinamo ampere. Alternator mobil adalah sebuah komponen pada mobil yang berfungsi menghasilkan arus listrik bagi semua kompone

thumbnail

Info Pemutihan Pajak Kendaraan Jawa Barat 2023, Syarat & Prosedurnya

2023-07-31

Pemutihan pajak kendaraan Jawa Barat selalu menjadi pusat perhatian masyarakat Provinsi Jawa Barat. Tingginya animo masyarakat dalam menyambut program pemerintahan t

thumbnail

Kopling Mobil Beserta Jenis dan Fungsinya

2020-12-04

Kendaraan mempunyai komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Setiap komponen mempunyai peran dan fungsi masing-masing untuk menunjang kendaraan bisa berjalan denga