Logo Daihatsu
Menu

Ciri-Ciri Tutup Radiator Rusak, Penyebab & Cara Memperbaikinya

Otomotif

2022-12-28

Ciri-Ciri Tutup Radiator Rusak, Penyebab & Cara Memperbaikinya

Kondisi mobil overheat, bukan hanya disebabkan oleh radiator mobil yang bermasalah. Namun, juga bisa disebabkan oleh rusaknya tutup radiator mobil. Oleh karena itu, Anda perlu memahami ciri-ciri tutup radiator rusak, faktor penyebabnya dan cara mengatasinya. Untuk selengkapnya, yuk perhatikan ulasan berikut ini. 

5 Ciri-Ciri Tutup Radiator Rusak

Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa Anda pahami ketika tutup radiator rusak.

1. Katup vacuum valve pecah atau hilang

Ciri-ciri tutup radiator rusak, bisa ditandai dengan pecahnya atau hilangnya katup vacuum valve. 

2. Pecahnya karet di bagian katup pressure

Ciri kedua, bisa ditandai dengan pecahnya karet pada katup pressure. 

3. Reservoir tank selalu penuh

Ciri ciri tutup radiator rusak, bisa ditandai dengan penuhnya reservoir tank. Kondisi ini terjadi karena air yang berada di dalam radiator menyusut dan kembali lagi ke bagian reservoir tank. 

4. Mesin mobil mudah overheat

Ciri keempat, bisa ditandai dengan kondisi mesin mobil yang mudah mengalami overheat.

5. Air radiator mudah habis

Ciri ciri tutup radiator rusak yang terakhir, bisa ditandai dengan kondisi air di dalam radiator mesin cepat habis.

Baca Juga :  Fungsi Tutup Radiator dan Cara Kerjanya

Penyebab Tutup Radiator Rusak

Berikut beberapa penyebab tutup radiator menjadi rusak, yang perlu Anda ketahui.

1. Usia pemakaian mobil

Kerusakan pada tutup radiator mesin bisa disebabkan oleh usia pemakaian mobil. Setiap komponen yang digunakan pada mobil memiliki batas keausan sendiri, termasuk tutup radiator, karet katup pressure, dan katup vacuum valve. Kerusakan tersebut terjadi karena tutup radiator terkena panas mesin. Seperti Anda ketahui radiator berfungsi sebagai pendingin mesin mobil.

2. Kurang berhati-hati ketika membuka atau menutup radiator

Ketika Anda sedang membersihkan dan mengisi air radiator, kerap kali Anda membuka dan menutup bagian seal (tutup radiator).

Apabila Anda kurang hati-hati maka bisa membuat bagian tutup radiator dan komponen lain di dalamnya pecah dan rusak. Kerusakan tersebut dapat memicu reservoir tank selalu penuh, air radiator cepat habis, dan menyebabkan mesin mobil gampang overheat. 

Baca Juga :  Begini Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator Mobil

Cara Memperbaiki dan Tutup Radiator yang Rusak 

Jika kerusakan pada tutup radiator disebabkan karena pecahnya bagian katup valve, Anda bisa menggunakan lem untuk merekatkan bagian yang pecah tersebut. Namun, hal tersebut hanya bersifat sementara saja. Lebih baiknya, Anda mengganti tutup radiator yang rusak dengan yang baru. 

Cara Merawat Tutup Radiator Agar Tidak Mudah Rusak 

Untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada tutup radiator, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut.

1. Tidak membuka tutup radiator secara sembarangan

Membuka tutup radiator tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebab dapat menyebabkan katup vacuum valve dan karet katup pressure menjadi longgar.

Selain itu, ketika membuka tutup radiator tidak disarankan membukanya di saat kondisi mesin sedang panas. Jika hal tersebut dilanggar, maka uap panas di dalam radiator bisa saja keluar dan menyembur sehingga menyebabkan kerusakan pada tutup radiator.

2. Selalu mengecek kondisi tutup radiator beserta komponen di dalamnya

Mengecek tutup radiator secara rutin ketika mesin mobil dalam kondisi dingin dapat menghindari kerusakan pada tutup radiator dan komponen di dalamnya. Dengan rutin melakukan pengecekan Anda bisa mengetahui kondisi karet katup pressure apakah sudah getas atau tidak. Apakah vacuum valve pecah atau hilang. 

Jika kondisi komponen tersebut sudah tidak layak digunakan, sebaiknya Anda ganti dengan komponen yang baru. Anda bisa membeli tutup radiator, beserta komponen yang aus di dealer Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Polimer Pada Pembuatan Ban Mobil? Intip Disini!

2022-08-12

Polimer yang merupakan karet sintetis pada pembuatan ban mobil adalah polipropilena. Pada dasarnya, produksi ban tidak mempergunakan karet sembarangan.Terdapat jenis polimer yang dipergunaka

thumbnail

Lima Jenis Aki Mobil yang Wajib Kamu Ketahui

2020-11-21

Mobil membutuhkan listrik. Tanpa arus listrik, lampu mobil Sahabat tidak bisa menyala, AC tidak berfungsi, bahkan, mobil Sahabat tidak akan bisa nyala, apalagi berjalan.

thumbnail

Merek Cover Mobil yang Tahan Air dan Panas

2021-01-12

Memiliki mobil tampaknya kurang lengkap kalau nggak punya pelindung mobil. Salah satunya dengan menggunakan penutup atau biasa disebut cover mobil saat parkir di area indoor maupun outdoor.&

thumbnail

Yuk, Kenali Perbedaan Fungsi Lampu LED dan DRL

2021-02-19

Lampu mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk berkendara terutama pada malam hari. Kebanyakan mobil keluaran terbaru telah menggunakan lampu Light