Logo Daihatsu
Menu

Contoh Anggaran Biaya Perjalanan Bisnis untuk Pebisnis Pemula

Travel

2021-01-07

anggaran perjalanan bisnis

Perjalanan bisnis adalah perjalanan yang terkenal dengan pengeluarannya yang lumayan tinggi. Biasanya, atas nama kesuksesan urusan perusahaan, biaya tinggi itu akan dimaklumi. Namun, bagaimana contoh anggaran biaya perjalanan bisnis untuk pemula supaya hemat?

Menarik hati klien memang harus dilakukan strategi yang tidak main-main. Mendatanginya ke tempat ia berada yang jauh dari kantor, baik di luar kota maupun luar negeri, pasti dilakukan.

Jika Sahabat adalah pebisnis pemula atau perusahaan tempat Sahabat bekerja sekarang bukan perusahaan dengan pemasukan super besar, Sahabat harus berhemat selama perjalanan bisnis.

Menghemat Anggaran Biaya Perjalanan Bisnis

Apa sih yang biasanya masuk ke dalam anggaran perjalanan bisnis? Biaya bagian apa yang bisa ditekan semaksimal mungkin sehingga anggaran perusahaan tidak terlalu membengkak?

Anggaran biaya bisnis akan mencakup: transportasi, penginapan, makan, hingga client treatment. Semua biaya itu besarannya akan tergantung pada tempat tujuan. Jika perjalanan bisnis masih satu pulau bisa disesuaikan dengan kota asal karena perbedaan biaya hidup pasti tidak terlalu berbeda.

Akan tetapi, jika perjalanan bisnis ke luar negeri, tentu saja akan sangat berbeda. Dengan menu yang hampir mirip, satu porsi makan di Jakarta akan berbeda harganya dengan satu porsi makanan di Singapura, kan?

Jadi, bagian mana saja yang bisa ditekan supaya biaya perjalanan bisnis lebih hemat? Sahabat bisa simak penjelasan berikut.

1. Transportasi

Karena tempat tujuan bisa saja dilakukan di luar kota yang berada di luar pulau hingga bisa di luar kota, kebutuhan akan transportasi umum tentu tidak bisa dihindari. Bandingkan beberapa transportasi yang memberikan keefektifan waktu dan biaya.

Jika memang menggunakan kereta api masih bisa dilakukan karena waktu yang longgar, bukan perjalanan bisnis yang mendadak, tidak perlu menggunakan pesawat yang harga tiketnya jauh lebih mahal.

Namun, jika memang harus menggunakan pesawat supaya lebih cepat sampai, pilih kelas tiket yang lebih hemat. Duduk di kursi ekonomi atau bisnis tidak begitu berpengaruh pada kestabilan pikiran untuk menarik hati klien, bukan?

Ketika ternyata perjalanan bisnis ternyata di kota yang tidak terlalu jauh dengan kantor, gunakanlah mobil perusahaan. Biaya yang ditekan akan lebih besar. Menggunakan mobil sendiri bahkan bisa mempermudah mobilitas kerja selama perjalanan bisnis.

2. Penginapan

Di zaman sekarang, tidak hanya menginap di hotel bintang lima yang memberikan fasilitas lengkap nyaman. Hotel bintang tiga dengan harga menginap per malamnya terjangkau bahkan memberikan fasilitas yang tidak kalah mumpuni.

Di sini, Sahabat bisa menekan biaya yang lumayan tinggi sehingga lebih hemat. Terlebih, menginap selama perjalanan bisnis bahkan berlangsung hingga berhari-hari.

3. Makan

Perjalanan bisnis tidak melulu mengenai makan di tempat fancy, bukan? Mungkin, ketika bersama klien tidak masalah karena untuk memberikan treatment khusus supaya mereka merasa diperlakukan spesial.

Akan tetapi, jangan gunakan atas nama employee reward sehingga harus memanfaatkan ini. Pikirkan bagaimana kondisi keuangan perusahaan ya, Sahabat.

Melakukan perjalanan bisnis ke luar kota maupun ke luar negeri memang melelahkan. Ada banyak tantangan dalam tugas tersebut, terlebih untuk pebisnis pemula atau perusahaan dengan anggaran biaya perjalanan kecil.

Akan tetapi, semua tantangan itu, terlebih mengenai pemadatan anggaran biaya supaya hemat jangan dijadikan beban sehingga perjalanan bisnis terasa membebani ya, Sahabat. Profesional adalah tindakan yang harus dimiliki dalam situasi apa pun.

Oh iya, Sahabat bisa loh memanfaatkan aplikasi perjalanan untuk memesan tiket transportasi hingga booking penginapan untuk mendapatkan potongan harga. Biasanya, di beberapa aplikasi akan memberikan potongan harga secara berkala.

Selamat melakukan perjalanan bisnis! Semoga sukses merebut hati klien untuk bekerja sama dengan perusahaan Sahabat!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Siap dengan Kearifan Lokalnya

2021-02-26

Sulawesi Barat itu tidak hanya cocok dijadikan tempat berlibur karena banyaknya destinasi wisata alamnya yang mempesona semata, namun juga bisa menjadi tempat berburu ku

thumbnail

Tips Cari Penginapan Murah di Jepang untuk Sahabat yang Mau Hemat Biaya

2021-04-20

Bagi Sahabat yang piknik ke Jepang dengan dana terbatas, mencari penginapan murah adalah pilihan bijak. Jangan khawatir, Jepang punya beberapa tempat penginapan yang ter

thumbnail

Bukit Moko: Tempat Berlibur Syahdu di Bandung

2021-05-11

Bukit Moko adalah tempat wisata yang hits di kalangan anak muda Bandung. Letak persisnya adalah di Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung. Sahabat bisa

thumbnail

3 Tips Memilih Koper Ukuran Kabih yang Tepat

2020-12-04

Koper sangat dibutuhkan untuk oleh sebagian besar orang ketika hendak bepergian, baik travelling maupun mudik. Adanya koper akan sangat membantu dalam mengemas barang ba