Logo Daihatsu
Menu

Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK & Cara Membuatnya

Otomotif

2022-09-26

Contoh Surat Kuasa Perpanjang STNK & Cara Membuatnya

Apakah perlu surat kuasa untuk perpanjangan STNK? Ya tentu saja perlu. Ketika Anda tidak dapat melakukan perpanjang STNK online sendiri, dan menyerahkannya pada seseorang, orang yang dipercaya untuk mengurus perpanjangan STNK tersebut harus mematuhi persyaratan. Salah satunya adalah memiliki surat kuasa perpanjang STNK. 

Pada dasarnya, cara untuk membuat surat kuasa untuk memperpanjang STNK mirip dengan surat lain. Perbedaannya hanya ada di tambahan nomor kendaraan. Nah, untuk lebih mudahnya simak format dibawah ini!

Format Surat Kuasa Perpanjang STNK Mobil/Motor

Agar dapat mengurus perpanjangan STNK, orang yang Anda percaya untuk mengurusnya harus mematuhi sejumlah peraturan, selain itu surat tersebut harus bermaterai agar dapat menjamin keabsahan dari segi hukum. 

Bukan hanya itu, surat kuasa juga harus dilampiri dengan fotocopy kartu identitas dari pemohon atau pemberi kuasa serta penerima kuasa sebagai lampirannya. Berikut contoh surat kuasa perpanjang stnk mobil, motor, ataupun kendaraan lainnya : 

———————————

SURAT KUASA PERPANJANG STNK

Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama: 

Tempat, tanggal lahir:

Kewarganegaraan:

Pekerjaan:

Alamat:

KTP NO:

(Selanjutnya disebut “pemberi kuasa”)

Dengan ini memberi kuasa pada:

Nama:

Tempat, tanggal lahir:

Kewarganegaraan:

Pekerjaan:

Alamat:

KTP No:

(selanjutnya disebut “penerima kuasa”)

KHUSUS

Untuk serta atas nama Pemberi Kuasa mengajukan permohonan dan mengurus perpanjangan STNK sampai selesai di instansi berwenang dengan spesifikasi sebagai berikut:

Merek/ Tipe:

Jenis/ Model:

Tahun Pembuatan / Perakitan:

Isi Silinder / HP:

Warna KB:

Nomor Rangka:

Nomor Mesin:

Nomor BPKB:

Warna TNKB:

Dengan maksud dan tujuan memakai syarat yang dianggap baik Penerima Kuasa. Untuk urusan tersebut, menghadap di mana perlu dan di hadapan siapapun, menandatangani, membuat, dan menyerahkan seluruh surat, baik formulir, permohonan, dan surat lain, membuat surat yang diperlukan atau disyaratkan instansi yang berwenang guna memperoleh pengesahan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Melakukan serta mengerjakan tindakan apapun yang dibutuhkan untuk mendapatkan pengesahan dari instansi yang berwenang, untuk maksud tersebut tidak ada yang dikecualikan. 

 

…………………………………, September 20..

Pemberi Kuasa, Penerima Kuasa,

[Materai 10.000]

——————————

Jangan lupa untuk menempelkan materai 1o.ooo didalam surat kuasa perpanjang STNK baik itu untuk 1 tahun ataupun 5 tahunan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengurus STNK Mobil Hilang 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Kuasa Perpanjangan STNK

Meskipun sudah melihat seperti apa contoh dari surat kuasa untuk memperpanjang STNK, tetapi ada beberapa hal yang tetap harus Anda perhatikan ketika membuatnya:

1. Pastikan Memberikannya Pada Orang yang Dapat Dipercaya

Memberikan kuasa untuk mengurus STNK harus pada orang yang dapat dipercaya, contohnya seperti kerabat, teman atau karyawan yang sudah Anda kenal dengan baik. Surat kuasa nantinya di isi data diri secara lengkap. 

Jangan sampai data diri yang Anda miliki disalahgunakan oleh pihak lain untuk melakukan sejumlah tindak kejahatan. 

2. Isi Seluruh Data Dengan Lengkap

Selain memberikan kuasa pada orang yang dapat Anda percaya, Anda juga harus mengisi data dengan lengkap. Data seperti alamat hingga informasi yang berkaitan dengan data kendaraan harus diperhatikan. 

Jangan sampai orang yang Anda beri kuasa harus pergi ke sana kemari atau mengulangi prosesnya dari awal hanya karena data tidak diisi dengan benar. 

Baca Juga : STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

3. Cek Kembali Berkas

Selain mengisi data, berkas yang digunakan untuk memperpanjang STNK juga harus diperiksa mulai dari fotocopy data diri, fotocopy surat kuasa, dan STNK yang akan diperpanjang masanya. 

Membuat surat kuasa perpanjang STNK memang tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Selain memperhatikan masalah dokumen kendaraan, Anda juga harus memperhatikan kesehatan kendaraan Anda. 

Salah satu caranya dengan melakukan service berkala di bengkel resmi Daihatsu. Dengan melakukan service di bengkel resmi, mobil Anda akan ditangani oleh mekanik yang berpengalaman, selain itu Anda juga tidak perlu antre untuk melakukan service karena sekarang Daihatsu memberikan fasilitas booking service online dari rumah. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulik Cara Kerja Sistem Bahan Bakar EFI yang Wajib Anda Ketahui!

2020-11-17

Masih banyak orang yang awam dengan istilah EFI atau Electronic Fuel Injection. Istilah tersebut seringkali muncul di dunia otomotif. Dimana EFI sendiri merupakan suatu

thumbnail

5 Harga Roof Rack Mobil: Aman di Kantong, Kualitas Terjamin

2021-02-02

Memasang roof rack adalah pilihan terbaik jika Sahabat akan bepergian jarak jauh dan membawa banyak barang, terlebih ketika momen mudik. Memilih roof rack yang tepat mem

thumbnail

Efek Negatif Pemakaian BBM Diesel Tinggi Sulfur

2022-02-28

Kualitas bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan diese