Logo Daihatsu
Menu

Daftar Alat Bongkar Pasang Ban Mobil Agar Lebih Mudah & Cepat

Otomotif

2023-07-10

Daftar Alat Bongkar Pasang Ban Mobil Agar Lebih Mudah & Cepat

Memiliki alat bongkar pasang ban mobil sangat dianjurkan, terutama bagi yang sering melakukan road trip. Seperti diketahui ban merupakan komponen yang harus dirawat secara rutin dan berkala. Sebab permukaan ban yang sudah mulai gundul dapat membahayakan keselamatan para pengemudi. Belum lagi, masalah lain seperti ban pecah di tengah jalan akibat terkena benda tajam ataupun tidak kuat menahan panasnya suhu permukaan jalan. Lantas apa saja peralatan bongkar pasang ban mobil yang perlu dimiliki? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini.

Daftar Alat Bongkar Pasang Ban Mobil yang Wajib Dimiliki

Ada beberapa peralatan bongkar pasang ban mobil yang wajib dimiliki agar proses penggantian ban menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut daftar alat selengkapnya.

1. Alat pembuka ban mobil manual (Manual Tire Changer)

Alat bongkar pasang ban mobil yang satu ini memiliki mekanisme kerja tanpa bantuan tenaga angin atau listrik. Alat ini biasanya bekerja menggunakan tiga atau dua pedal untuk mengontrol klem ketika membuka atau memasang pelek. 

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menginjak pedal. Dengan begitu piston pneumatik akan memisahkan atau menyatukan empat klem secara bersamaan. Jika Anda hendak membuka pelek mobil, Anda perlu alat lain seperti tongkat besi panjang sebanyak dua buah untuk mencungkil ban. Fitur lain yang terdapat pada alat ini, ialah tiang press dan pengatur putaran roda. Peralatan ini bisa Anda gunakan untuk membongkar pasang ban di rumah ataupun Anda bawa ketika bepergian. 

2. Mesin pembuka ban mobil (Electrical /Air Compressor Tire Changer)

Jika Anda ingin membuka ban dengan mudah tanpa perlu bantuan tenaga sendiri. Anda bisa menggunakan mesin pembuka ban mobil. Mesin ini ada yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya, ada pula yang menggunakan kompresor udara. Cara pengoperasiannya juga cukup mudah, Anda tinggal meletakkan roda ke mesin, lalu tekan tombol power, tunggu sebentar hingga ban terbuka dari pelek mobil. 

3. Kunci ring

Alat bongkar pasang ban mobil ketiga yang perlu Anda miliki ialah offset ring spanner atau yang lebih dikenal dengan kunci ring. Kunci ini memiliki ciri khas, terdapat lingkaran dengan berbagai ukuran diameter pada kedua sisi ujungnya. Kunci ini memiliki ukuran mulai dari 6 mm hingga 32 mm, tetapi ketika Anda membeli mobil tentu tidak diberikan kunci ring dengan semua ukuran. Anda perlu membeli ukuran lainnya di toko online atau di toko perkakas bengkel bila diperlukan. Peralatan ini harus selalu ada dalam mobil Anda, jadi ketika ban mobil pecah, Anda bisa langsung menanganinya dengan segera. 

4. Kunci roda

Kunci roda juga perlu Anda miliki, kunci ini memiliki ciri khas bentuknya yang menyerupai huruf X. Kunci ini memiliki lubang mur dengan ukuran diameter lubang yang berbeda-beda di setiap ujungnya sehingga mempercepat kinerja Anda ketika mengganti mur roda mobil. 

5. Dongkrak

Dongkrak bisa dibilang tire changer yang harus Anda bawa terus dimanapun Anda bepergian menggunakan mobil. Dongkrak sendiri ada beragam jenisnya, mulai dongkrak buaya, dongkrak hidrolik, hingga elektrik. Dengan adanya dongkrak, Anda akan lebih mudah mengangkat bodi mobil Anda ketika melakukan penggantian ban.

6. Jack stand

Alat ini berfungsi sebagai penahan atau pengaman tambahan ketika salah satu sisi mobil Anda sudah terangkat dengan dongkrak. Jack stand ini akan melindungi tubuh Anda dari risiko tergencet bodi mobil ketika dongkrak gembos.

7. Ban cadangan

Ban cadangan atau ban serep juga perlu Anda bawa sendiri ketika bepergian. Sebab, ketika ban Anda pecah di tengah jalan yang jauh dari pemukiman, Anda tidak perlu susah-susah mencari ban. 

Demikian alat yang perlu Anda miliki untuk memudahkan proses bongkar pasang ban. Jika Anda kurang ahli dalam membongkar pasang ban, Anda bisa membawa mobil Anda di bengkel Daihatsu terdekat. Di sana Anda mobil Anda juga bisa di spooring dan balancing


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Samping Keramik Busi Mobil Retak

2022-04-28

Mengendarai kendaraan dalam kondisi prima pastinya akan terasa nyaman dan aman. namun apa jadinya jika kenyamanan ini bisa berkurang akibat

thumbnail

Mengenal Lebih Dekat Fungsi Ignition Coil dan Cara Kerjanya pada Mobil

2021-01-14

Dalam melakukan kerjanya, biasanya komponen engine dalam kendaraan roda empat khususnya bermesin bensin memerlukan sistem pengapian. Adanya percikan api yang dimunculkan

thumbnail

Cara Balik Nama Motor, Biaya dan Syarat Terbaru 2023

2023-01-17

Membeli kendaraan bermotor second atau bekas kini sudah menjadi tren di berbagai kalangan. Mengingat harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kendaraan yang masih hangat keluar dari pabri

thumbnail

Yuk, Kenali Arti Lambang Lampu Indikator Mobil Lengkap Ini!

2021-03-24

Banyaknya lampu indikator mobil seringkali membuat seseorang merasa bingung dan enggan untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman komponen tersebut sangat