Logo Daihatsu
Menu

Daftar Makanan Khas Belitung yang Nikmat

Travel

2020-11-10

makanan khas belitung

Selain destinasi wisatanya yang menakjubkan, Belitung juga memiliki segudang makanan khas. Baik makanan basah maupun makanan kering, semuanya nikmat untuk disantap. Makanan apa saja? Di antaranya adalah sembilan makanan berikut ini.

Lempah Kuning dan Sup Gangan

Sebagai wilayah kepulauan, Belitung tentu diapit oleh laut. Tempat wisatanya pun banyak yang berupa pantai dan karena hal tersebut, mata pencaharian penduduknya adalah nelayan. Maka, banyak makanan di Belitung yang berupa makanan ikan atau berbahan dasar ikan. Salah duanya adalah Lempah Kuning dan Sup Gangan.

Lempah Kuning dan Sup Gangan sama-sama berupa sup ikan segar. Ikannya pun sama-sama menggunakan ikan Tenggiri, meskipun Lempah Kuning bisa menggunakan ikan kakap merah. Selain kesamaan jenis ikannya, kedua makanan ini juga memiliki kuah kuning. Bedanya, kuah Sup Gangan lebih kental ketimbang Lempah Kuning.

Ketam Isi

Ketam adalah kepiting dalam bahasa Belitung. Bahan utamanya adalah kepiting yang direbus. Isinya kemudian dikeluarkan dari cangkang dan dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu. Setelah itu dimasukkan kembali ke dalam cangkang dan digoreng.

Ketam isi bisa dibeli per bungkus yang berisi 10 ketam isi dengan harga sekitar Rp100.000. Makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh loh, Sahabat, karena bisa awet hingga tiga hari lamanya di luar lemari pendingin.

Lakse

Lakse adalah mie khas Belitung yang bentuknya berbuntel-buntel. Diprakarsai oleh masyarakat Tionghoa yang hidup di Belitung, lakse memang terlihat seperti makanan-makanan yang tersaji di restoran China. Makanan ini juga diklaim sebagai spageti Belitung karena memang terbuat dari bahan-bahan tepung selayaknya pasta.

Pempek

Pempek tidak hanya menjadi makanan khas Palembang, makanan ini juga masyur di Belitung. Tetap dinikmati dengan kuah cuka yang asam dan pedas, tetapi masyarakat Belitung juga terkadang tidak menggoreng pempek tersebut, melainkan hanya rebusan saja. Pempek yang dinikmati tanpa digoreng disebut bakwan loh, Sahabat!

Berego

Jika dilihat dari bentuk dan bahan pembuatnya, Berego mirip seperti lontong. Perbedaannya hanyalah beras pembuat berego dicampur dengan tepung sagu. Oleh masyarakat Belitung, Berego kerap dinikmati dengan lempah kuning dan sup gangan. Wah, pasti segar dan mengenyangkan ya.

Cakien

Cakien mirip seperti tahu bakso. Bedanya adalah dalam segi bentuk, yaitu cakien lebih lonjong. Selain itu, ketika tahu bakso tetap menyertakan isi tahu, cakien hanya menggunakan kulit tahu untuk membungkus bakso yang terbuat dari daging ikan. Cakien biasanya dinikmati dengan kuah bakso sehingga terasa segar.  

Kemplang

Kemplang merupakan makanan kering yang wajib dibeli ketika berkunjung ke Belitung. Kerupuk berbahan dasar ikan tenggiri ini berbentuk bulat pipih dan lebar. Kemplang begitu digemari karena rasa dan aroma ikannya begitu dominan.

Biasanya, kemplang akan dijual dalam bentuk bungkusan yang berisi 10 hingga 30 buah. Di dalamnya selalu diberi bumbu terasi bercitarasa pedas dalam plastik kecil sebagai bumbu cocolan kemplang.

Kue Rintak

Kue Rintak biasanya banyak disajikan di rumah-rumah masyarakat beragama Islam di Belitung ketika Idul Fitri. Kue ini berbahan dasar sagu sehingga juga dikenal sebagai kue sagu. Cita rasa kue ini yang ringan, manis, lembut, dan gurih banyak digemari anak-anak untuk dijadikan camilan.

Biasanya, kue ini berbentuk bulat. Namun, ada beberapa produsen oleh-oleh khas Belitung yang berkreasi sehingga bentuk kue rintak bermacam-macam, seperti bentuk lonjong hingga bunga berkelopak lima.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Menjadi Backpacker dengan Hemat Budget bahkan Gratis? Ini Dia Caranya! Berpotensi untuk Dibayarin Juga, Loh!

2020-11-20

Backpacker adalah smart traveller karena dia bisa mencari peluang untuk melakukan wisata dengan budget minim hingga mendapatkan relasi di tempat wisata. Meskipun esensi dari seorang backpacker buka

thumbnail

6 Tempat Wisata di Bekasi Wajib Kamu Kunjungi!

2020-10-28

Bekasi merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah 210 kilometer persegi. Hampir setengah lahan yang ada di sana sudah digunakan untuk industri dan pem

thumbnail

Rute Perjalanan Surabaya—Jogja, Inilah 5 Faktor Tol Trans Jawa Membuat Perjalanan Lebih Efisien

2020-12-25

Surabaya—Jogja adalah perjalanan panjang yang mengharuskan banyak persiapan, terutama jika dilakukan melalui darat dan harus mengendarai mobil sendiri. Rute perjalanan S

thumbnail

Camping: Kegiatan Seru yang Wajib Dilakukan dengan Anak

2020-11-22

Camping merupakan kegiatan di alam bebas yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk mengusir penat terhadap rutinitas sehari-hari. Tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Bag