Logo Daihatsu
Menu

Daftar Ukuran Aki Mobil Terlengkap, Yuk Ketahui!

Otomotif

2022-09-23

Daftar Ukuran Aki Mobil Terlengkap, Yuk Ketahui!

Ketika Anda berencana ingin mengganti atau membeli aki mobil, Anda harus mengetahui daftar ukuran aki mobil agar tidak salah pilih. Banyaknya aki yang beredar di pasaran terkadang membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan. 

Lantas, kapasitas aki mobil berapa watt? Pada umumnya aki mobil memiliki tegangan 12 Volt, yang berarti ukuran standar tegangan listrik dari suatu mobil adalah 12 Volt. Namun, untuk mobil dengan kapasitas tenaga yang lebih besar, misalnya mobil truk, biasanya membutuhkan aki dengan kapasitas tegangan sebesar 24 Volt.  Agar Anda tidak bingung dan salah memilih, perhatikan ulasan lengkap tentang ukuran aki mobil berikut ini.

Daftar Ukuran Aki Mobil

Ukuran aki mobil bisa Anda ketahui dengan memperhatikan bagian ukuran ampere aki dengan memahami kode standar aki seperti JIS, DIN atau ETN.

1.Kode Aki JIS

Ketika Anda menemukan kode JIS pada aki mobil, berarti aki tersebut merupakan buatan dari negara Jepang. Sesuai arti dari singkatan JIS (Japanese Industrial Standard). Kode tersebut biasanya bisa Anda temukan pada bagian atas bodi aki, dan biasanya memiliki dua tipe penulisan kode seperti NS40ZL atau 36B20L. Berikut cara membaca kode tersebut:

Misal kode aki 36b20L, amaka bisa diartikan sebagai berikut:

  • 36 : angka ini menunjukkan besaran kapasitas aktual aki sebesar 36 Ah.
  • B: kode huruf ini menunjukkan, tinggi dan lebar ukuran aki.
  • 20: Kode angka ini, menunjukkan ukuran panjang aki. Bahwa aki memiliki panjang 20 cm.
  • L: sedangkan kode huruf ini, memiliki arti sebagai penanda posisi pole atau kutub negatif aki berada di sebelah kiri. Jika Anda menemukan kode huruf R berarti kutub negatif aki berada di sebelah kanan. 

2. Kode Aki DIN atau ETN

Kode Din memiliki arti Deutsche Institut Fur Normung (aki berasal dari negara Jerman). Sedangkan kode ETN memiliki arti Europe Type Number (aki sesuai dengan standar negara-negara di benua Eropa). Pada aki dengan kode DIN atau ETN memiliki kode yang terdiri dari lima digit angka. Namun, yang wajib Anda perhatikan adalah tiga digit depan saja. Berikut cara membacanya:

Misal kode aki 55530 :

Maka bisa diartikan, angka pertama (yaitu angka 5) diubah menjadi angka 0. Untuk angka kedua dan angka ketiga tetap dibiarkan saja dan jangan diubah. Dari kedua angka tersebut Anda bisa mengetahui besaran kapasitas aki sebesar 55 Ah. Berikut aturan main saat membaca kode aki DIN atau ETN:

  • Jika angka pertamanya 5, maka akan diubah menjadi angka 0
  • Jika angka pertamanya 6, maka akan diubah menjadi angka 1
  • Jika angka pertamanya 7, maka akan diubah menjadi angka 2

Baca Juga : Cara Melepas dan Memasang Aki Mobil yang Benar

Daftar Ukuran Aki Mobil Berdasarkan Kapasitas Ampere Aki

Penggunaan aki mobil yang asal-asalan tidak memperhatikan standar kebutuhan dapat menyebabkan aki mudah tekor atau soak.

Anda bisa mengetahui ukuran ampere aki mobil dengan memperhatikan simbol Ah pada aki. Simbol ini memiliki arti besaran maksimal arus listrik yang dihasilkan oleh aki dalam kurun waktu satu jam.

Dampak Buruk Ukuran Aki Mobil Tidak Sesuai dengan Standar Mobil

Selain menyebabkan aki mudah soak, dampak buruk lainnya yang Anda dapatkan ketika ukuran aki tidak sesuai standar adalah sebagai berikut:

  1. Rusaknya beberapa komponen pada sistem kelistrikan mobil
  2. Alternator mobil tidak bisa berfungsi secara optimal bahkan cepat aus
  3. Boros biaya karena disebabkan oleh banyaknya komponen mobil yang rusak

Jika Anda ingin melakukan pemasangan aki dengan tepat, Anda bisa melakukannya di dealer Daihatsu atau bengkel resmi terdekat. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan teknisi ahli agar pemilihan aki tepat sesuai standar daftar ukuran aki mobil yang berlaku. Jika ingin melakukan pemasangan aki mobil secara mandiri jangan sampai air aki terkena kulit langsung. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kekurangan Pakai Ban Mobil Profil Tipis

2022-09-23

Modifikasi mobil kesayangan hingga tampil unik dan mengesankan, bukanlah sesuatu hal yang dilarang. Salah satu area modifikasi yang sering pemilik lakukan adalah dengan

thumbnail

Alasan Kenapa Harus Pilih Jok Mobil yang Nyaman

2022-09-23

Sahabat pasti tahu dong Jok yang ada didalam mobil nggak mungkin sebuah mobil tanpa dilengkapi dengan Jok. Jok mobil ini sangat penting ada didalam mobil tentunya. Selain hanya untuk duduk si penge

thumbnail

5 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis & Tips Mengatasinya

2022-09-23

Tidak sedikit orang yang mengetahui beberapa penyebab air radiator mobil cepat habis sehingga