Logo Daihatsu
Menu

Deretan APAR yang Cocok Untuk Mobil Pribadi

Otomotif

2021-04-19

apar mobil pribadi

Kebakaran merupakan kejadian yang bisa terjadi kapan saja di mobil Sahabat. Entah itu karena instalasi listrik yang bermasalah atau karena faktor eksternal lainnya. Cukup banyak kasus kebakaran mobil yang terjadi hingga menghanguskan mobil karena tidak ada tindakan tanggap ketika mulai terjadi tanda-tanda kecil kebakaran.

Pemerintah di tahun 2020 lalu telah menetapkan peraturan bagi produsen mobil untuk menyertakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di mobil buatan mereka. Memang aturan ini cukup terbilang baru dan hanya diterapkan di mobil yang baru saja. Namun, tidak menutup kemungkinan mobil-mobil yang lama pun juga akan mendapatkan kewajiban APAR mobil untuk kemaslahatan pengguna mobil.

Penggunaan APAR mobil ini sangat penting untuk memadamkan api yang kebanyakan berasal dari bawah kap mesin di ruang mesin. Bagian ini susah sekali dibuka dan susah dipadamkan jika tidak dibuka. Jika Sahabat menggunakan APAR, pemadaman akan lebih mudah dilakukan.

Jenis APAR untuk Mobil Pribadi

Ada beberapa jenis APAR yang cocok untuk mobil Sahabat. Setiap jenis punya kelebihan masing-masing.

1. APAR Jenis Air

Jenis APAR yang pertama adalah APAR jenis air bertekanan tinggi. APAR jenis air ini memang yang paling murah. Namun, APAR jenis air ini hanya bisa digunakan untuk memadamkan bahan yang padat dan bukan logam, seperti kertas, plastik, karet, dan sejenisnya. APAR jenis air ini hanya cocok untuk kebakaran kelas A.

2. APAR Jenis Bubuk Kimia

APAR yang satu ini lebih cocok digunakan untuk kebakaran yang diakibatkan oleh listrik. Kandungan APAR jenis bubuk kimia ini terdiri dari mono amonium dan amonium sulfat. APAR ini cocok untuk kebakaran kelas C.

3. APAR Jenis Karbon Dioksida

APAR jenis karbon dioksida ini adalah jenis yang paling cocok untuk mobil pribadi. Dia bisa memadamkan kebakaran karena kelistrikan, cairan seperti minyak, alkohol, kertas, dan sebagainya. APAR jenis ini bisa digunakan untuk kebakaran kelas A, B, dan C.

4. APAR Jenis Busa

APAR yang satu ini cocok untuk digunakan memadamkan kebakaran karena benda padat bukan logam dan cairan, misalkan karena kertas, karet, plastik, minyak, alkohol, dan sebagainya. APAR jenis busa ini cocok untuk digunakan untuk kebakaran kelas A dan B.

Cara Mematikan Api dengan APAR

Saat mobil Sahabat tiba-tiba kebakaran, Sahabat jangan panik. Panik hanya membuat Sahabat susah untuk berpikir dan menemukan solusi yang baik.

Yang perlu Sahabat lakukan adalah meminggirkan kendaraan ke tempat yang aman. Matikan mesin, lalu mulailah padamkan api menggunakan APAR mobil yang sudah ada di mobil.

Dalam proses ini, Sahabat sebisa mungkin membuka terlebih dahulu kap mesin mobil lalu mulailah semprotkan APAR di arah mesin mobil. Saat membuka kap mesin, Sahabat harus berada di posisi samping mobil, jangan di depannya. Karena api biasanya langsung menyembur ke arah depan. Sahabat bisa menyemprotkan APAR di posisi samping mobil.

Kondisi Darurat Tanpa APAR

Lalu bagaimana jika ternyata di mobil tidak ada APAR? Sahabat bisa menggunakan kain berupa baju atau selimut yang dibasahi lalu letakkan pada tempat kebakaran tersebut. Tujuannya agar menghalangi oksigen yang akan membuat api semakin besar.

Sahabat juga bisa meminta tolong orang sekitar untuk membantu pemadaman api yang terjadi di mobil. Syukur-syukur jika ada orang yang kebetulan membawa APAR di mobilnya dan meminjamkannya pada Sahabat.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Update Terbaru Tarif Tol Semarang-Solo 2023, Ini Informasi Lengkapnya!

2023-10-30

Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh dari Kota Lumpia ke Kota Batik lewat jalur darat, maka Anda perlu mengetahui update terbaru tarif Tol Semarang So

thumbnail

Mobil LCGC untuk Jarak Jauh, Ada Nggak Sih?

2020-12-22

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) adalah sebutan untuk varian mobil yang muncul setelah adanya regulasi otomotif di Tanah Air, dan mengedepankan efisiensi bahan bakar sert

thumbnail

10 Komponen Suspensi Depan pada Mobil dan Fungsinya

2023-07-31

Kenyamanan berkendara saat melewati jalanan yang berlubang dan tidak rata, dapat terwujud dengan bantuan komponen suspensi mobil bagian depan dan belakang mobil. Sep

thumbnail

Cara Bayar Denda Tilang Elektronik Secara Online dan Offline, Mudah!

2023-10-30

Di tahun 2023 ini, tilang elektronik sudah resmi di berlakukan di seluruh wilayah Indonesia. Sistem tilang elektronik sendiri mampu menindak pengendara yang melakuka