Logo Daihatsu
Menu

Deretan Ikan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Family

2021-03-17

jenis ikan

Ikan merupakan lauk yang tinggi akan nutrisi. Bagi Sahabat yang tinggal di Indonesia, mendapatkan ikan bukanlah hal yang sulit karena memang banyak perairan di Indonesia. Harga ikan di Indonesia pun relatif murah. Sahabat bisa menemukan banyak ikan dengan harga murah di pasar-pasar tradisional.

Ikan sangat baik bagi perkembangan anak maupun ibu yang sedang hamil. Ibu hamil membutuhkan ikan untuk melengkapi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Berikut ini adalah deretan ikan sehat untuk ibu hamil yang penuh dengan nutrisi.

Ikan Salmon

Siapa yang tidak tahu bahwa ikan salmon ini memiliki banyak nutrisi. Di pasaran memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan ikan lainnya. Namun, harga yang mahal berbanding lurus dengan manfaat yang bakal Sahabat dapatkan. Ikan salmon ini mengandung banyak omega-3, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Omega-3 yang terkandung pada ikan salmon dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Selain itu, ikan salmon juga bisa mengurangi risiko ibu melahirkan janinnya prematur, preeklamsia, dan depresi setelah melahirkan.

Ikan Mujair

Berbeda dengan ikan salmon, ikan mujair lebih mudah didapatkan di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Meskipun tergolong murah, namun tetap banyak nutrisi yang bisa Sahabat dapatkan dari ikan ini.

Ikan mujair mengandung banyak protein, vitamin B, kalsium, fosfor, kalium, dan selenium. Kalsium pada ikan mujair ini dibutuhkan untuk menyokong kebutuhan pertumbuhan tulang janin. Begitu juga dengan nutrisi lainnya juga berguna untuk pertumbuhan jaringan tubuh janin.

Ikan Lele

Meskipun ikan lele ini dianggap remeh oleh banyak orang, ikan lele baik juga untuk ibu hamil. Beberapa orang jijik dengan ikan lele karena beberapa budidaya ikan lele yang memberikan pakan lele dengan kotoran ternak.

Namun, dibalik hal tersebut terdapat kandungan nutrisi pada daging ikan lele, antara lain: vitamin B12, selenium, protein, zat besi, omega-3, omega-6, dan fosfor. Zat besi pada ikan lele bisa mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Ikan lele ini juga rendah kalori dan rendah merkuri. Ibu hamil aman mengonsumsi ikan ini.

Ikan Bandeng

Ikan bandeng selain enak rasanya saat dikonsumsi juga kaya akan nutrisi. Di dalam ikan bandeng terdapat omega-3, protein, selenium, kalsium, vitamin B5, dan vitamin B12. Ikan bandeng ini rendah natrium, rendah lemak, dan rendah kalori.

Ikan Nila

Bagi Sahabat yang hamil dan menderita kolesterol, mengonsumsi ikan nila ini sangat dianjurkan. Ikan nila ini jika dikonsumsi tidak akan meningkatkan kolesterol. Kandungan nutrisi pada ikan nila, antara lain: fosfor, selenium, vitamin B12, dan potasium. Fosfor pada ikan nila ini berguna untuk menghindari risiko tulang keropos pada ibu hamil.

Ikan Bawal

Ikan bawal juga termasuk ikan sehat untuk ibu hamil. Kandungan nutrisi yang ada pada ikan bawal antara lain: vitamin A, vitamin B, vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan nutrisinya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, rambut, dan kulit.

Ikan Teri

Kandungan nutrisi pada ikan teri cukup banyak loh Sahabat. Ada protein, omega-3, vitamin B, vitamin E, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, selenium, dan seng. Ikan teri ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tak hanya itu, ikan teri juga rendah kandungan merkurinya.

Baca juga : 9 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Tubuh yang Prima

Itulah beberapa deretan ikan sehat untuk ibu hamil. Sahabat bisa menggilir hari ini makan ikan salmon, besok ikan nila, dan seterusnya.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

IPK Memang Bukanlah Segalanya, Selama 7 Kualitas Ini Kamu Punya

2020-12-02

Setiap akhir semester, ada saja yang jantungnya dibuat berdebar-debar menunggu keluarnya IPK. Nggak sedikit, yang mendapatkan nilai hampir 4,00 pun mengunggah transkripn

thumbnail

10 Permainan Anak-Anak Indonesia Sebelum Adanya Gadget

2021-06-15

Sebelum game berbasis gadget merebak, anak-anak Indonesia dahulu lazim memainkan permainan tradisional. Permainan tradisional asli Indonesia sendiri sangat beragam. Seti

thumbnail

7 Gejala Defisiensi Vitamin C yang Bisa Disembuhkan Dengan Infus Vitamin C

2021-08-08

Vitamin C merupakan salah satu zat yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa melakukan pemenuhan zat ini dengan melakukan infus vitamin C. Namun perlu dip

thumbnail

5 Bentuk Tanggung Jawab Terhadap Keluarga Oleh Suami

2020-11-10

Membangun rumah tangga yang bahagia dapat direalisasikan dengan saling memenuhi kewajiban terhadap