Logo Daihatsu
Menu

Efek Menjemur di Tempat Panas pada Umur Coating Mobil

Otomotif

2022-05-27

Jemur di Tempat Panas Mempengaruhi Umur Coating

Sering kali sahabat jumpai ketika mengunjungi suatu lokasi dan membutuhkan tempat untuk parkir mobil, dan didapati lahan parkir tersebut tidak teduh terutama. Hal tersebut sering sahabat jumpai di tempat umum, seperti depan toko atau swalayan. Atau terkadang juga ketika sahabat mengunjungi rumah saudara atau teman, memarkirkan mobil sahabat di tempat yang panas sehingga mobil terpapar sinar matahari yang cukup lama. 

Namun, tahukah sahabat jika melakukan pada mobil untuk jemur di tempat panas mempengaruhi umur coating apalagi sering dilakukan dan dalam jangka waktu yang lama? Mungkin bagi orang awam hal tersebut merupakan suatu informasi yang baru. 

Kerusakan tersebut dapat membuat coating mobil sahabat menjadi lebih cepat rusak dan terlihat kusam. Nah buat sahabat yang belum mengetahuinya, berikut kami akan membagikan informasi menarik mengenai efek jika menjemur mobil terlalu lama di tempat panas pada coating mobil di bawah ini.

Jemur di Tempat Panas Mempengaruhi Umur Coating Mobil Sahabat!

Ternyata, panas dari terik matahari tersebut dapat memberikan efek negatif untuk coating mobil sahabat jika terpapar terlalu lama. Suhu tinggi dari terik matahari apalagi ketika siang hari, dapat semakin membuatnya cepat rusak dan warnanya menjadi kusam. 

Bagian eksterior atau permukaan body mobil luar sahabat, catnya dapat menjadi terlihat lebih pudar atau kusam dari warna aslinya. Selain itu, juga bisa mempengaruhi pada bagian mobil yang terbuat dari karet, seperti karet channel yang berada di sela-sela kaca mobil, dan bagian lainnya yang terbuat dari karet. 

Tidak hanya itu saja, jemur di tempat panas mempengaruhi umur coating mobil sahabat pada bagian di wiper, sehingga dapat cepat rusak. Kualitas dari wiper dapat berkurang, menjadi lebih keras sehingga tidak elastis lagi. Jika karet wiper tidak elastis lagi, dapat membuat baret pada kaca ketika digunakan karena terjadinya goresan. 

Mika lampu pada mobil juga dapat dipengaruhi karena seringnya menjemur mobil sahabat di bawah terik sinar matahari. Mika lampu akan menjadi cepat menguning. Hal tersebut dapat terjadi karena bahan pembuatan mika lampu yang terbuat dari akrilik yang lebih rentan ketika terpapar sinar matahari. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat mempengaruhi dari pancaran sinar lampu yang keluar. Lampu akan terlihat lebih redup, sehingga dapat membahayakan ketika digunakan. 

Tidak hanya membuat mika lampu menjadi berwarna kekuningan, mika juga bisa terdapat baret halus. Meskipun halus, jika sering terpapar sinar matahari apalagi dalam jangka waktu yang panjang, baret tersebut dapat menjadi banyak hingga panjang. 

Selain mempengaruhi pada eksterior, bagian interior mobil juga dapat menjadi rusak jika sering terpapar sinar matahari secara berlebihan. Suhu yang tinggi pada paparan sinar matahari, dapat mempengaruhi dashboard mobil. Lapisan dari jok mobil juga dapat menjadi lebih cepat kering hingga pecah-pecah. 

Tidak ingin hal tersebut terjadi kepada mobil sahabat bukan? Oleh karena itu hindarilah memarkirkan mobil sahabat di tempat yang panas terpapar sinar matahari secara langsung, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Nah itulah beberapa efek jemur di tempat panas mempengaruhi umur coating mobil sahabat. Semoga dapat membantu untuk meningkatkan umur coating mobil sahabat lebih lama.

Ingin mendapatkan informasi lainnya yang menarik? Sahabat bisa mengunjungi kami di blog Tips Sahabat

Kami juga menyediakan berbagai layanan jasa servis untuk mobil sahabat. Kami akan memastikan kondisi kendaraan sahabat menjadi prima kembali. Kami dapat melayani jasa servis untuk berbagai jenis merek mobil Daihatsu seperti Ayla, Sigra, All New Sirion, All New Terios, hingga All New Xenia. Kunjungi kami Daihatsu Service untuk mengetahui biaya jasa service yang harus dikeluarkan.    


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Penyebab Malfungsi pada Transmisi CVT dan Tanda-tandanya

2022-05-27

Penyebab malfungsi pada transmisi CVT seringkali tidak disadari oleh pengendaranya, sehingga merusak beberapa komponen transmisi CVT. Hal ini juga pernah dilaporkan oleh

thumbnail
New

Beginilah Fungsi dan Cara Kerja Alternator Mobil

2022-05-27

Sebagian besar pemilik mobil pastinya telah mengetahui bila di dalam kendaraannya terdapat beberapa komponen engine yang memiliki tugas masing masing. 

thumbnail
New

Perbedaan Minyak Rem Mobil dan Motor

2022-05-27

Minyak rem adalah komponen yang bertugas untuk melumasi sistem pengereman seperti cakram dan kampas rem. Minyak rem ini bekerja s

thumbnail
New

7 Tips Perawatan Mobil setelah Kena Banjir, Pengecekan Interior Tidak Kalah Penting

2022-05-27

Perawatan mobil setelah kena banjir memang perlu kesabaran dan ketelitian. Hal ini dikarenakan air dan lumpur yang terbawa karena banjir bisa saja merusak mesin dan inte