Logo Daihatsu
Menu

Efek Negatif Modifikasi Ganti Setir Mobil

Otomotif

2022-06-26

Modifikasi Ganti Setir

Sebagai pemilik kendaraan, Anda pasti memiliki keinginan untuk memperindah tampilan kendaraan sesuai dengan keinginan hati. Tidak sedikit orang yang suka mempercantik kendaraan dengan melakukan modifikasi. Pada mobil, biasanya dilakukan modifikasi ganti setir, ganti knalpot, mengganti velg, pasang short shifter, memasang body kit, pasang cold air intake, memasang stiker hingga modifikasi interior.

Modifikasi ganti setir sejak dulu merupakan hal yang sering dilakukan para pemilik mobil. Beberapa hal ini menyebabkan para pemilik mobil gemar melakukan modifikasi pada setir mobil, diantaranya sebagai berikut :

Penyebab Pemilik Mobil Melakukan Modifikasi Ganti Setir

Salah satu penyebab pemilik mobil melakukan modifikasi ganti setir adalah karena menyukai gaya mobil klasik yang memiliki setir manual dengan bentuk yang klasik dan sederhana tanpa fitur dan tombol tambahan pada setir. Selain itu, banyak pengendara yang melakukan modifikasi agar mobil terlihat lebih keren dan bergaya seperti pembalap dengan mengganti setir mobil biasa menjadi setir racing agar mirip dengan setir pada mobil balap.

Meski modifikasi penggantian setir memang sudah lama dan sudah biasa dilakukan, namun kini modifikasi setir tidak disarankan karena mobil keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan airbag yang dapat melindungi pengendara saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Oleh karena itu, memodifikasi setir dinilai memiliki bahaya tertentu. Tahukah Anda apa saja efek negatif memodifikasi mobil dengan mengganti setir? Yuk simak informasi dari kami.

Bahaya Modifikasi Ganti Setir Mobil

1. Berbahaya saat terjadi kecelakaan

Telah disebutkan bahwa mobil kini telah dilengkapi oleh airbag yang dapat mengembang otomatis saat terjadi hal tertentu seperti kecelakaan, airbag ini berfungsi untuk melindungi kepala pengendara dari benturan yang terjadi, sehingga dapat meminimalisir cedera pada pengendara saat terjadi kecelakaan. Setir yang memiliki sistem keamanan dan keselamatan untuk pengendara sebaiknya tidak dilakukan modifikasi ganti setir. Karena tidak ada lagi airbag, maka akan membahayakan nyawa jika terjadi kecelakaan.  Namun, jika Anda masih tetap ingin memodifikasi setir, pastikan bahwa airbag pada setir mobil masih tetap bekerja dengan baik meskipun dilakukan modifikasi.

2. Fitur tidak bekerja

Tidak seperti setir mobil tahun 80-an hingga 90-an, Setir mobil kini memiliki fitur-fitur dengan tombol yang ada di sekitar setir. Fitur-fitur ini dapat berupa pengontrol audio mobil, mengatur volume, radio, CD, USB hingga tombol untuk menjawab telepon yang dapat memudahkan pengendara. Selain itu, setelah selesai instalasi setir, indikator peringatan pada panel instrumen dan layar MID bisa saja error bahkan mati total selesai instalasi. Jika Anda melakukan modifikasi ganti setir, kemungkinan besar fitur ini akan hilang dan tidak bekerja. Oleh sebab itu, jika Anda menyukai fitur-fitur pada setir tersebut, Anda dapat mengurungkan niat untuk melakukan modifikasi ganti setir pada mobil anda.

3.    Korsleting pada kabel

Proses penggantian setir pasti memerlukan perubahan pada kabel-kabel di mobil yang dapat menyebabkan bahaya terjadi korsleting. Pada saat melakukan proses penggantian setir, kabel aki positif dan aki negatif harus dicabut agar pemasangan inflator airbag pada setir menjadi lebih aman dan tidak meledak karena terjadi korslet. Inflator airbag ini sangat penting untuk melakukan pemindahan airbag dari setir yang lama ke setir yang baru agar setir hasil modifikasi tetap memiliki airbag untuk menunjang keselamatan anda.

Kini Anda sudah mengetahui bahaya melakukan modifikasi ganti setir, terlebih jika modifikasi tidak dilakukan oleh ahlinya, akan menyebabkan bahaya yang lebih besar. Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan modifikasi mobil Daihatsu, Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami di dealer Daihatsu di kota Anda!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Polimer Pada Pembuatan Ban Mobil? Intip Disini!

2022-06-26

Polimer yang merupakan karet sintetis pada pembuatan ban mobil adalah polipropilena. Pada dasarnya, produksi ban tidak mempergunakan karet sembarangan.Terdapat jenis polimer yang dipergunaka

thumbnail

E-Tilang – Cek Info dan Cara Pembayaran

2022-06-26

E-Tilang atau tilang elektronik adalah sistem tilang yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan CCTV pada lampu lalu lintas sebagai pengawas menggantikan petug

thumbnail

Serba-Serbi Oli Mobil, Mulai dari Jenis hingga Beberapa Rekomendasinya

2022-06-26

Oli mobil merupakan salah satu komponen penting dalam suatu mobil. Ada banyak fungsi oli pada suatu mobil. Melumas, melindungi, dan membersihkan mesin adalah beberapa di antaranya.Oli mobil

thumbnail

Mengenal Bagian-Bagian Avometer

2022-06-26

Avometer atau multimeter merupakan alat ukur yang dibutuhkan saat akan memperbaiki atau bahkan membuat sebuah rangkaian listrik. Berkat bantuan alat tersebut, Anda dapat