Logo Daihatsu
Menu

Fitur yang Dicari Saat Modifikasi Sistem Audio pada Mobil Mewah

Otomotif

2022-06-24

Fitur yang Dicari Saat Modifikasi Sistem Audio pada Mobil Mewah

Bagi manusia modern terutama yang hidup di perkotaan, mobil bisa diibaratkan sebagai rumah kedua. Ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam mobil. Misalnya saja menonton film, mendengarkan musik, menerima panggilan telepon dsb.

Hal tersebut menyebabkan peran sistem audio menjadi cukup krusial. Untuk itulah trend modifikasi sistem audio masih bergaung hingga sekarang. Lalu apa fitur yang dicari saat modifikasi audio mobil mewah? Berikut penjelasannya.

Fitur yang Dicari Saat Modifikasi Sistem Audio Mobil Mewah

Ada begitu banyak produsen mobil premium yang menggandeng merk besar pembuat audio speaker dunia. Sebut saja supercar Lamborghini dengan Monster, Lexus dengan Mark Levinson, Harman/Kardon dengan BMW, Maserati dengan Bowers & Wilkins, dan sebagainya.

Penyematan audio speaker yang berkualitas tersebut tentunya akan membuat aktivitas komputer Anda menjadi lebih menyenangkan, bahkan Anda menjadi lebih betah berlama-lama di dalam mobil walaupun tengah terjebak macet.

Hanya saja, kendati telah disematkan sistem audio speaker dari merk ternama, biasanya mereka tidak datang dengan paket komplit. Ada bagian yang masih di-lock atau masih di kunci.

Untuk itulah proses modifikasi sistem audio pada mobil mewah masih tetap diperlukan. Adapun beberapa fitur yang biasanya dilirik antara lain:

1. Processor

Para pakar otomotif banyak yang mengatakan bahwa processor adalah komponen yang biasanya menjadi aspek penting yang harus diperhatikan pada sistem audio mobil.

Hal tersebut dikarenakan biasanya processor yang terpasang masih terkunci atau di-lock, yang menyebabkan potensi terbaik dari kualitas suara yang dihasilkan masih belum maksimal.

2. Woofers and Tweeters

Kedua fitur ini merupakan penanggung jawab atas output audio yang dihasilkan. Woofers bertugas sebagai agen yang menangani frekuensi rendah, sedangkan Tweeters yang mengatur keluaran frekuensi tinggi.

Jadi jika Anda tipe yang gemar mendengarkan musik berbagai genre, keduanya akan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Entah musik rock atau musik dengan vokal tinggi, bisa dilahap dengan sempurna.

Penempatan Woofers dan Tweeters juga sangat penting untuk diperhatikan jika Anda menghendaki sensasi suara yang lebih jelas, jernih, dan nyata.

Selain Woofers dan Tweeters, ada juga Midrange yang bertugas untuk mengontrol keluaran suara berfrekuensi nada menengah. Jadi ketiganya perlu untuk diperhatikan saat melakukan upgrade sistem audio mobil Anda.

3. Amplifiers

Amplifiers adalah semacam sistem keamanan yang disematkan pada mobil. Mobil yang sangat bergantung pada sistem kelistrikan, bisa menjadi cukup rentan terjadi konslet.

Maka tidak mengherankan, kadang ada berita kebakaran mobil setelah audio mobil dimodifikasi. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan kabel yang dipakai tidak sesuai, sehingga logam kabel menjadi cepat panas dan akhirnya memicu kebakaran.

Untungnya, kebanyakan sistem audio mobil mewah memiliki amplifiers yang bisa diandalkan. Namun, jika Anda melakukan modifikasi, maka bagian ini juga penting untuk mendapatkan perhatian.

4. Screen Head Unit

Digitalisasi juga merambah dunia otomotif. Hanya saja, kebanyakan mobil mewah masih belum diberikan akses untuk tersambung pada jaringan musik digital misalnya Apple CarPlay atau Android Auto.

Untuk itulah perlu adanya penyesuaian supaya Anda tetap bisa mendengarkan musik favorite Anda segera saat memasuki mobil Anda tanpa ribet.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan modifikasi pada screen head unit. Penggantian tersebut juga berguna jika mobil mewah yang Anda miliki belum memiliki kamera parkir.

Selain yang telah disebutkan di atas, ada juga fitur-fitur lain yang biasanya diperhatikan saat melakukan upgrade sistem audio mobil. Entah yang mengganti spare parts bawaan pabrik dengan aftermarket equipments, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga fitur trim bawah dan trim atas. Jika Anda menginginkan suara yang lebih menggelegar dan seimbang, maka trim bawah menjadi penting untuk dikelola untuk mengejar kualitas suara yang dihasilkan pada trim atas.

Nah, itulah tadi beberapa fitur yang dicari saat melakukan modifikasi sistem audio mobil. Untuk mencari dealer yang menangani modifikasi, jangan mudah tergiur dengan biaya murah, tapi percayakan pada Daihatsu sebagai salah satu dealer mobil terbaik di Indonesia.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Pecah Ban dan Tips Menghindarinya

2022-06-24

Kecelakaan lalu lintas saat ini memang menjadi suatu hal yang menakutkan, apalagi hingga berujung kematian. Hal ini biasanya terjadi akibat kelalaian pengemudi atau kond

thumbnail

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

2022-06-24

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menja

thumbnail

Mana Urutan yang Benar, Ganti Oli Atau Purging Dulu di Mobil Mesin Diesel?

2022-06-24

Saat Anda akan membersihkan ruang bakar mobil, maka bisa menggunakan metode purging. Namun, olinya juga harus diganti. Lalu, pada proses ganti oli purging, mana yang lebih dahulu?Urutan pros

thumbnail

Bahaya Kerusakan Mesin, Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli Mobil

2022-06-24

Filter oli merupakan satu komponen yang tak kalah penting dari