Logo Daihatsu
Menu

Fuel Pressure Regulator : Fungsi, Cara Kerja dan Setting

Otomotif

2022-09-05

fungsi dan cara kerja fuel pressure regulator

Di dalam dunia otomotif, ada komponen penting mobil yang disebut fuel pressure regulator (FPR). Meski komponen ini begitu penting, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui tentangnya. Lalu apa fungsi komponen ini, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana cara settingnya sehingga dinilai begitu penting? Berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi Fuel Pressure Regulator pada Mobil

Secara bahasa FPR memiliki arti sebagai pengatur tekanan bahan bakar. Secara kegunaan, komponen fuel pressure regulator memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1. Pengatur Bahan Bakar

Seperti artinya, fuel pressure regulator berfungsi sebagai pengatur tekanan bahan bakar dalam sistem injeksi atau EFI (electronic fuel injection). Tekanan FPR dipengaruhi oleh fuel injector atau intake manifold. Sehingga apabila fuel injector naik maka tekanan pada rail fuel juga naik.

2. Pendukung Kinerja Fuel Injector

FPR juga memiliki fungsi lain, yaitu mengalirkan bahan bakar ke fuel injector hingga ke sistem mobil. Selain itu, FPR berfungsi sebagai pengontrol seberapa banyak jumlah bahan bakar dalam fuel tank. Sehingga hal ini membuat tekanan bahan bakar tetap konsisten.

3. Penjaga Bentuk Kabut Bahan Bakar

Pada delivery pipe (pipa pengiriman), tekanan bahan bakar biasanya diatur dan dijaga oleh FPR sesuai kebutuhan. Hal tersebut akan mengubah bahan bakar menjadi kabut agar mesin tidak boros dan mudah dinyalakan.

4. Penjaga Kestabilan Bahan Bakar

Fungsi selanjutnya, adalah menjaga kestabilan bahan bakar apabila pasokan berlebihan akan dikembalikan lagi ke tangki.  

Baca Juga : Beberapa Penyebab Kerusakan Fuel Pump Mesin Mobil Diesel

Cara Kerja Fuel Pressure Regulator

Setelah mengetahui beberapa fungsi komponen ini, berikut beberapa cara kerja komponen fuel pressure regulator :

1. Ketika Mesin Idling atau Langsam

FPR memiliki 3 komponen penting di dalamnya, yaitu diafragma, katup, dan pegas. Untuk menjaga tekanan bahan bakar, FPR akan menggunakan besarnya kevakuman udara dalam intake manifold. Saat mesin langsam maka injektor akan menyemprotkan sedikit bahan bakar ke mesin.

Kondisi ini membuat tekanan bahan bakar di pipa pengiriman menjadi besar. Agar tekanan seimbang, maka FPR menarik diafragma dan membuka katup sehingga bahan bakar dapat mengalir melalui menuju ke tangki melalui return pipe. Hal ini akan membuat tekanan di dalam pipa pengiriman menjadi seimbang.

2. Ketika Mesin Beban Penuh

Ketika mesin dalam kondisi beban penuh, maka injektor menyemprotkan lebih banyak bahan bakar. Hal tersebut membuat tekanan dalam pipa pengiriman menurun drastis.

Untuk menghindari penurunan tekanan, maka pegas FPR akan menutup katup dan menekan bagian diafragma hingga kembali ke posisi semula. Katup yang menutup akan membuat tekanan di pipa pengiriman sama dan stabil.

3. Ketika Mesin Dimatikan

Saat mesin mati, maka otomatis pompa bahan bakar juga mati. Hal ini membuat pegas kembali menekan diafragma, menutup katup dan menutup check valve.

Sehingga, FPR akan mempertahankan tekanan bahan bakar di dalam pipa pengiriman menjadi seimbang. Kondisi ini membuat mesin mobil mudah untuk dinyalakan meski terparkir terlalu lama. 

Cara Setting Fuel Pressure Regulator

Berikut cara setting FPR yang benar:

  1. Nyalakan mobil terlebih dahulu, tunggu hingga suhu mesin dalam keadaan normal.
  2. Cabut bagian hose vacuum fuel regulator.
  3. Atur tekanan FPR hingga jarum regulator menyentuh angka 43 hingga 45 psi (3 bar). 
  4. Kemudian sambungkan kembali bagian hose vacuum. Dalam kondisi ini, biasanya jarum indikator tekanan akan turun ke angka 33 hingga 35 psi.
  5. Setelah terpasang, lakukan pengecekan kembali. Apabila angka indikator masih belum sesuai, maka atur kembali. Indikator nilai standard FPR pada kondisi mesin idling adalah 35 psi (2,5 bar).

Demikian ulasan tentang fungsi, cara kerja, dan cara setting fuel pressure regulator yang wajib Anda ketahui. Apabila Anda ingin melakukan penggantian FPR pastikan hanya menggunakan onderdil asli Daihatsu dan kunjungi dealer Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Deretan Aplikasi untuk Sewa Mobil

2022-09-05

Saat ini menyewa mobil bukan hal yang susah. Bahkan Sahabat bisa menyewa mobil sambil rebahan tanpa harus datang ke tempat rental mobil. Banyak aplikasi untuk

thumbnail

Apakah Aman Pakai Cetane Booster Pada Mobil Mesin Diesel?

2022-09-05

Sebagian besar masyarakat yang menyukai otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan cetane booster. Memiliki fungsi untuk menaikkan bilangan setana

thumbnail

Fungsi Bushing Arm Mobil yang Jarang Diketahui

2022-09-05

Fungsi bushing arm mobil adalah hal yang jarang diketahui, padahal sangat penting diketahui oleh para pemilik mobil. Dengan mengetahui fungsi tersebut, Sahabat bisa lebi

thumbnail

Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Ketika Hujan ala Daihatsu

2022-09-05

JAKARTA (26/1): Beberapa daerah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Dalam beraktivitas sehari-hari di musim hujan membutuhkan persiapan tersend