Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Fuel Tank Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Merawatnya
26 Oktober 2023
Fuel Tank Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Merawatnya

Fuel tank mobil merupakan salah satu komponen terpenting mobil yang berperan penting terhadap operasional mobil. Bisa dibilang komponen ini memiliki fungsi yang cukup krusial agar mobil bisa berjalan. Mengingat fungsinya yang begitu krusial, sebaiknya komponen ini dirawat dengan baik. Di bawah ini akan dijelaskan secara mendalam mengenai fungsi, komponen, serta perawatan fuel tank. Adapun pembahasan selengkapnya sebagai berikut.

Apa Itu Fuel Tank Mobil? Dan Apa Fungsinya?

Fuel tank pada mobil, merupakan istilah lain dari tangki bahan bakar. Komponen ini memiliki beragam fungsi di antaranya sebagai berikut.

1. Wadah bahan bakar

Fuel tank memiliki fungsi utama yakni sebagai wadah bahan bakar. Komponen ini akan menampung bahan bakar yang masuk ke dalam tangki atau secara keseluruhan untuk disimpan. 

2. Mencegah bahan bakar tumpah

Selanjutnya, fuel tank berfungsi untuk mencegah bahan bakar mobil tumpah ketika terjadi kecelakaan. Seperti diketahui, bahan bakar mobil yang tumpah ketika kecelakaan terjadi dapat memicu adanya kebakaran mobil serta ledakan. Untuk menghindari kondisi tersebut, maka fuel tank sudah dilengkapi dengan katup satu arah atau one way valve guna menghalangi keluarnya bahan bakar ketika mobil kecelakaan.

3. Memastikan proses pengolahan bahan bakar pada mesin berjalan dengan baik

Selanjutnya, fuel tank juga berfungsi memastikan proses pengolahan bahan bakar pada mesin berlangsung dengan baik. Bahan bakar yang dialirkan ke mesin tentu tidak langsung dapat digunakan. Bahan bakar tersebut akan dihisap oleh fuel pump dan dialirkan menuju ruang pembakaran untuk proses pembakaran. 

4. Meminimalkan kadar emisi 

Pada umumnya, bahan bakar merupakan zat yang mudah menguap. Uap dari penguapan bahan bakar tentunya mengandung zat polutan yang dapat mencemari udara. Namun, untuk meminimalkan kandungan polutan tersebut, maka uap bahan bakar akan ditampung oleh fuel tank terlebih dahulu, kemudian disalurkan ke canister. Uap tersebut nantinya akan di proses kembali sehingga bisa digunakan untuk menyalakan mesin.

Komponen Fuel Tank

Agar fuel tank dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, maka fuel tank membutuhkan bantuan dari beberapa komponen lain di dalamnya. Berikut komponen selengkapnya.

  • Fuel cap (tutup tangki)
  • Fuel inlet house
  • One way valve (katup satu arah)
  • Separator
  • Sub tank
  • Drain plug
  • Fuel strainer
  • Fuel pump
  • Fuel return line
  • Main return line
  • Fuel gauge sender unit
  • Line to canister 
  • Air breather hose

Cara Merawat Fuel Tank yang Baik dan Benar

Agar kinerja fuel tank selalu prima, tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Adapun caranya seperti berikut.

1. Rutin mengecek kondisi fuel cap

Agar kondisi fuel tank selalu terawat dan dapat bekerja secara optimal, maka Anda perlu mengecek bagian fuel cap (tutup tangki) secara rutin. Apabila komponen ini rusak segera lakukan penggantian komponen. Jika komponen ini hanya kotor, Anda perlu membersihkan kotoran tersebut dengan sikat lembut dan lap agar kotoran tidak tercampur bahan bakar di dalam tangki.

2. Gunakan bahan bakar yang tepat

Agar fuel tank terawatt, Anda juga perlu menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan standar yang ditentukan. Sebab, bahan bakar dengan kadar oktan di bawah standar dapat menyebabkan endapan kotoran di dalam tangki.

3. Rutin menguras fuel tank

Sebaiknya, Anda juga rajin menguras fuel tank agar endapan yang mengendap di dalamnya bisa dikeluarkan. Sebaiknya lakukan pengurasan paling sedikit enam bulan sekali.

4. Hindari membiarkan mesin mobil tidak dinyalakan terlalu lama

Kondisi mesin yang tidak dinyalakan terlalu lama, dapat membuat kondisi bahan bakar menjadi basi sehingga menyebabkan korosi pada fuel tank. 

Demikian cara merawat fuel tank yang tepat yang bisa Anda contoh. Jangan lupa servis secara keseluruhan di bengkel Daihatsu, agar semua komponen mobil Anda terawat dan prima. 

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku