Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Cushion Plate pada Plat Kopling Mobil & Komponennya

Otomotif

2022-11-18

cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk

Bicara transmisi mobil manual, tidak terlepas dari peran plat kopling. Komponen ini membantu unit kopling lainnya untuk meneruskan putaran mesin menuju transmisi. Namun, di dalam plat kopling terdapat komponen penting yaitu cushion plate atau tempat dudukan plat kopling.  Cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk meminimalkan efek kejut mesin saat kopling bekerja.

Cushion plate pada plat kopling tidak bekerja sendiri, namun didukung dengan komponen lainnya. Agar Anda tidak bingung, ketahui terlebih dahulu apa fungsi cushion plate sebenarnya beserta komponen pendukung lainnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi Cushion Plate pada Plat Kopling

Cushion plate memiliki fungsi utama menghaluskan getaran atau guncangan yang terjadi selama proses memutuskan dan menyambungkan tenaga putar mesin ke transmisi.

Selain untuk meminimalkan efek kejut mesin saat kopling bekerja, cushion plate pada plat kopling juga berfungsi untuk dudukan plat kopling atau facing. 

Seperti yang diketahui, transmisi memegang fungsi kendali mobil, apabila transmisi berfungsi dengan baik otomatis kendali mobil juga baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda juga harus memperhatikan bagian plat kopling dan komponen penunjang lainnya. 

Baca Juga : Tanda Plat Kopling Transmisi Matic Sudah Habis

Komponen-Komponen di Dalam Plat Kopling

Berikut beberapa komponen di dalam plat kopling yang wajib Anda ketahui.

1. Clutch Hub

Komponen ini terletak di tengah plat kopling dan berfungsi menghubungkan input shaft pada transmisi dengan unit plat kopling lainnya. Selain itu, komponen ini dapat membuat unit plat kopling bergerak maju dan mundur meskipun geraknya terbatas.

2. Torsion dumper

Berfungsi sebagai peredam guncangan atau puntiran yang terjadi ketika melakukan deselerasi atau akselerasi mobil.

3. Disc plate

Berfungsi sebagai penahan beban ketika mobil melaju, komponen ini termasuk unit utama pada plat kopling.

4. Facing (kampas kopling atau plat kopling)

Berfungsi memindahkan tenaga serta daya mesin pada mobil agar dapat berfungsi secara maksimal dengan memperbesar gesekan.

5. Cushion plate

Sebagai dudukan plat kopling atau facing. Selain itu, cushion plate pada plat kopling berfungsi untuk meminimalkan efek kejut mesin saat kopling bekerja.

6. Rivet (paku keling)

Berfungsi sebagai penyatu beberapa unit komponen plat kopling (seperti plat kopling dengan cushion plate, serta disc plate dengan cushion plate).

Demikian beberapa komponen dari plat kopling yang perlu Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui komponen-komponen tersebut. Anda perlu juga mengetahui apa saja ciri-ciri plat kopling sudah mulai aus atau harus diganti. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Tanda Plat Kopling Aus atau Harus Segera Diganti

Berikut beberapa ciri yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui kondisi plat kopling yang aus:

1. Pedal kopling terlihat lebih tinggi

Ciri pertama, Anda bisa memperhatikan posisi pedal kopling. Apabila posisinya terlihat lebih tinggi dari posisi kabel kopling sebelumnya. Maka Anda perlu waspada, berarti Anda harus segera mengganti plat kopling karena sudah aus.

2. Terasa berat saat memindahkan persneling

Persneling juga bisa dijadikan indikator plat kopling harus segera diganti atau tidak. Bila Anda terasa berat saat memindahkan persneling tandanya plat kopling sudah aus.

3. Mesin mudah panas

Ciri selanjutnya, mesin mobil overheat atau mudah panas. Hal tersebut terjadi akibat peningkatan kinerja mesin karena rotasi mesin berputar di luar batas normal. Rotasi tersebut terjadi akibat permukaan plat kopling terlalu licin.

4. Muncul bau hangus

Ciri selanjutnya, muncul bau hangus dari kabin. Kondisi tersebut terjadi akibat plat kopling terbakar. 

5. Penurunan akselerasi mesin

Ciri terakhir, adalah timbul masalah akselerasi mesin. Akibatnya mesin mobil akan tidak bertenaga meski pedal gas sudah diinjak.

Apabila kondisi tersebut terjadi pada mobil Anda, segera lakukan penggantian plat kopling. Anda bisa melakukan penggantian di dealer Daihatsu terdekat agar akselerasi mesin kembali optimal.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sejauh Mana Trend Mobil LCGC 2020-2021 di Indonesia?

2020-12-14

Istilah LCGC sempat meramaikan pangsa otomotif Indonesia. LCGC sendiri adalah singkatan dari Low Cost Green Car, yang kerap digunakan untuk mengklasifikasi tipe m

thumbnail

Daftar Merk Alarm Mobil Rekomendasi Terbaik

2020-12-04

Berbicara mengenai mobil tentu tidak cukup hanya membahas mengenai mesin yang bertenaga dan juga dapat melaju di segala medan jalanan. Membahas mengenai mobil tentunya h

thumbnail

Beberapa Contoh Pengalaman Pahit Membeli Mobil Bekas dan Penyebabnya

2021-01-29

Membeli mobil bekas tak sepenuhnya menyenangkan. Kadangkala, pembeli suka mengalami pengalaman pahit yang bikin mereka kesal. Atau, bahkan sampai kapok untuk tidak membe

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

2022-08-03

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mud