Fungsi Gasket Cylinder Head Mobil, Jenis, dan Cara Memasangnya
Cylinder head adalah bagian atas dari mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) yang menutup ruang bakar. Komponen ini biasanya berisi katup masuk dan buang, busi (pada mesin bensin), serta saluran untuk bahan bakar, udara, dan gas buang.
Sedangkan, gasket cylinder head mobil merupakan komponen yang terletak diantara cylinder head dan engine block (blok mesin) pada ruang pembakaran mesin mobil. Komponen ini sangat vital terhadap keberhasilan proses pembakaran mobil.
Gasket yang baik menyebabkan pembakaran menjadi sempurna sehingga tenaga mesin tetap optimal. Sedangkan kerusakan pada gasket bisa menyebabkan kebocoran yang berujung mesin jadi overheat, oli dan coolant bercampur, bahkan kerusakan mesin total.
Berikut ini adalah informasi tentang serba-serbi gasket cylinder head mobil, mulai dari fungsi, jenis, cara memasang, tanda-tanda kerusakan, hingga tips merawatnya.
Fungsi Gasket Cylinder Head Mobil
Ada beberapa fungsi dari gasket cylinder head mobil yang perlu Anda ketahui. Adapun fungsi selengkapnya sebagai berikut.
Menjaga tekanan ruang bakar tetap optimal
Seperti diketahui gasket berfungsi sebagai penjaga kompresi pada blok cylinder. Kompresi ini sangatlah penting bagi kinerja mobil karena apabila kompresi berubah maka tarikan mobil akan loyo dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.
Mencegah kebocoran oli dan cairan pendingin
Gasket cylinder head pada mobil berfungsi mencegah adanya kebocoran oli ke dalam saluran radiator dan sebaliknya sehingga kebocoran tersebut tidak merembes ke ruang pembakaran mesin ketika proses kompresi mesin berlangsung.
Selain mencegah kebocoran oli, gasket cylinder head ini juga berfungsi untuk mencegah kebocoran cairan pendingin (coolant). Jika coolant bercampur oli, maka bisa mengurangi performa mesin dan bisa berefek buruk dalam jangka panjang.
Menjadi penyekat antara blok mesin dan cylinder head
Karena permukaan blok mesin dan kepala silinder (cylinder head) tidak sempurna rata, gasket mengisi celah-celah mikro untuk membuat segel yang rapat.
Menahan suhu dan tekanan tinggi dalam mesin
Gasket yang terpasang sempurna mampu menahan tekanan tinggi dan suhu ekstrem dari proses pembakaran dalam silinder.
Jenis-Jenis Gasket Cylinder Head Mesin
Berdasarkan jenis material bahan dasar pembuatannya gasket cylinder mesin dibagi menjadi menjadi lima jenis yakni, gasket berbahan dasar kertas, karet, gabus, grafit berbalut kain, dan logam. Sedangkan menurut fungsional dan aplikatif, gasket dibagi menjadi enam jenis seperti berikut.
1. Flat gasket
Penggunaannya cocok untuk media bidang datar.
2. Spiral wound gasket
Hanya dapat digunakan untuk sekali pemakaian dan biasanya digunakan pada tekanan dan suhu tinggi.
3. Metal spring energizing
Penggunaannya untuk media yang besar
4. Metal O-ring gasket
Gasket ini sangat cocok untuk pengisian suhu dan tekanan yang tinggi.
5. Metal U-ring gasket
Gasket ini sangat cocok untuk pengisian tekanan 12.000 Psi.
6. Metal C-ring gasket
Penggunaannya untuk media kecil dan cocok untuk tekanan rendah.
Cara Memasang Gasket Cylinder Mobil yang Benar
Untuk memasang gasket cylinder head yang benar, Anda bisa menerapkan beberapa cara berikut.
- Siapkan peralatan penggantian mulai dari gasket cylinder head yang baru dan orisinil, sealant (lem perekat khusus), kunci ukuran 10 mm dan 12 mm, lap microfiber.
- Kemudian buka penutup mesin.
- Kemudian buka koil pengapian pada mesin tanpa membuka busi
- Buka selang breather (pernapasan) pada mesin dan katup Positive Crankshaft Ventilation (PCV).
- Kemudian lepas baut pada silinder secara berurutan sesuai dengan nomor yang tertera pada baut menggunakan kunci ukuran 10 mm atau 12 mm.
- Kemudian angkat cover dari bagian head cylinder dengan perlahan dan hati-hati karena komponen tersebut terhubung dengan timing chain, selang AC, dan power steering.
- Bersihkan residu gasket sebelumnya, sebab gasket yang rusak kerap kali menempel pada bagian cover dalam keadaan patah atau sobek
- Kemudian beri sealent pada bagian cover dan bundaran karet gasket yang baru.
- Kemudian pasang cover, dan komponen lainnya kembali sesuai dengan urutan.
Apabila Anda masih bingung dengan cara di atas, Anda bisa melakukan pemasangan langsung di bengkel resmi Daihatsu.
Tanda-Tanda Gasket Cylinder Head Bermasalah
Ada beberapa tanda gasket cylinder head bermasalah. Berikut ini adalah tanda-tanda yang sering dijumpai.
Mesin cepat panas (overheating)
Mesin overheating menjadi tanda yang paling umum dari cylinder head bermasalah. Gasket yang bocor bisa membuat coolant ke ruang bakar atau keluar dari sistem pendingin. Alhasil volume coolant di sistem pendingin berkurang dan kurang bisa mendinginkan mesin.
Oli tercampur dengan air (warna seperti susu)
Cara lain untuk mengetahui tanda gasket cylinder head bermasalah adalah Anda bisa cek stik tutup oli mesin. Jika warna oli seperti cokelat bercampur susu, maka pertanda oli sudah tercampur dengan air.
Asap putih keluar dari knalpot
Asap putih yang keluar dari knalpot menandakan coolant masuk ke ruang bakar dan terbakar bersama campuran udara-bahan bakar. Hal ini biasanya disertai bau manis yang keluar dari uap knalpot.
Performa mesin menurun drastis
Ketika gasket cylinder head bermasalah, akan terjadi kebocoran oli dan akan mengurangi kompresi di dalam ruang bakar. Alhasil tenaga yang dihasilkan oleh mesin menurun.
Baca juga: 9 Komponen Blok Silinder Mobil, Fungsi, dan Cara Kerjanya.
Tips Merawat Gasket Cylinder Head Mobil
Anda sudah tahu kerusakan pada gasket cylinder head mobil bisa berakibat cukup fatal. Oleh karena itu, Anda perlu merawatnya dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.
Gunakan coolant yang tepat
Penggunaan air biasa akan menyebabkan kerak dan karat. Hal ini akan membuat gasket gampang rusak dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Gunakan coolant yang tepat sesuai anjuran dari pabrikan mobil Anda. Coolant yang tepat biasanya sudah dilengkapi dengan zat aditif dan antikarat.
Jaga suhu mesin tetap normal
Menjaga suhu mesin ini bisa Anda lakukan dengan cara rajin cek air radiator (coolant) dan pastikan kipas radiator dan termostat berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, jika mesin Anda terlalu panas, matikan segera dan tunggu hingga dingin. Jangan paksa mesin bekerja dalam keadaan overheat.
Rutin ganti oli mesin
Oli yang bersih mencegah kerak dan lumpur yang bisa merusak seal mesin. Ganti oli sesuai jadwal pabrikan, biasanya tiap 5 ribu hingga 10 ribu kilometer pemakaian.
Perhatikan tanda awal kerusakan
Jika Anda melihat tanda-tanda gasket cylinder head akan rusak, maka segera bawa ke bengkel atau servis resmi mobil Anda. Penanganan dini yang tepat bisa mencegah kerusakan yang parah.
Servis berkala sistem pendingin
Biasanya tiap 20 ribu hingga 40 ribu kilometer pemakaian, Anda disarankan untuk melakukan servis berkala. Cek pada bagian selang radiator, water pump, dan termostat.
Itulah informasi serba-serbi gasket cylinder head mobil beserta cara merawatnya. Rawat kendaraan Anda secara rutin agar tetap dalam kondisi prima, aman dikendarai, dan tahan lama.