Logo Daihatsu
Menu

Apa Fungsi Lampu Kota pada Mobil? Ternyata Penting Lho!

Otomotif

2022-08-18

Apa Fungsi Lampu Kota pada Mobil? Ternyata Penting Lho!

Pada dasarnya setiap produsen mobil telah melengkapi setia kendaraan yang diproduksi dengan berbagai jenis lampu mobil sebagai penerangan saat berkendara termasuk lampu kota. Meski begitu, masih banyak pengemudi yang belum memahami apa fungsi lampu kota pada mobil dengan baik. Sehingga penggunaannya sering kali tidak tepat. Berikut akan diulas secara mendalam apa itu fungsi lampu kota dan mengapa begitu penting. 

Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

Di Indonesia banyak orang yang memiliki sebutan sendiri-sendiri untuk lampu kota misal menyebutnya dengan sebutan clearance light atau lampu senja, lampu kecil, hingga lampu jarak.

Sedangkan secara pabrikan lampu senja disebut dengan lampu posisi, bila lampu berada di depan disebut dengan front position lamp. Jika lampu berada di posisi belakang maka disebut deb fab tail lamps atau rear position lamps

Cara sederhana untuk memahami lampu kota adalah dengan mengartikan sesuai namanya, berarti lampu yang wajib dinyalakan saat berkendara di daerah perkotaan. Berikut fungsi dari lampu kota atau lampu senja pada mobil :

1. Sinyal Penanda Posisi Mobil

Perlu diketahui bahwa alur jalan yang berada di Indonesia memiliki beberapa lajur seperti lajur satu arah, lajur dua arah hingga tiga arah.

Sehingga lampu kota penting untuk digunakan terutama ketika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat seperti hujan lebat, hujan badai, atau kabut asap, atau pada saat malam hari. 

Pada kondisi tersebut lampu kota berfungsi sebagai sinyal penanda posisi mobil sedang melaju, sehingga pengemudi lain dapat mengenali mobil Anda dengan melihat lampu kota yang menyala terutama pada saat lawan arah. 

Baca Juga : Cara Pasang Relay Lampu Foglamp Tambahan Mobil

2. Sebagai Penanda Lebar dan Panjang Kendaraan

Apa fungsi lampu kota bagian belakang? Yaitu sebagai penanda ukuran lebar dan panjang kendaraan.

Dengan menyalakan lampu kota berarti Anda mempermudah pengemudi lain untuk mengetahui lebar dan panjang kendaraan Anda.

Sehingga pengemudi lain dapat memperkirakan kecepatan dan jarak sebelum menyalip kendaraan Anda dan sebaliknya. 

Anda juga perlu memasang lampu tambahan pada kendaraan terutama jika berkendara di malam hari atau tempat yang gelap.

Hal ini perlu Anda lakukan agar lebar dan panjang kendaraan Anda lebih mudah dikenali oleh pengemudi lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Mengetahui Komponen Lampu Yang Rusak, Anda Wajib Tahu!

3. Sebagai Penanda Arah Laju Kendaraan

Selain fungsi di atas, lampu kota juga memiliki fungsi sebagai penanda arah laju kendaraan. Pada lampu kota bagian depan atau front position lamp biasanya lampu berwarna putih dan biasanya dipasang dengan headlamp atau lampu kepala.

Sedangkan pada bagian belakang lampu kota atau tail lamps biasanya warnanya merah. Fungsi lampu kota pada bagian belakang ini untuk  mengetahui laju kendaraan lain berada di arah berlawanan atau tidak, hanya dengan memperhatikan warna lampu kota. 

Jika lampu menyala putih berarti kendaraan lain berada pada posisi arah yang berlawanan. Namun, jika lampu berwarna merah berarti posisi kendaraan lain berada di posisi arah yang sama dengan posisi kendaraan yang Anda.

Jika lampu merah menyala dengan sangat terang berarti kendaraan lain sedang mengerem. Untuk itu Anda harus segera mengurangi kecepatan dan menjaga jarak agar kendaraan Anda tidak menabrak bagian belakang kendaraan lain. 

Itulah beberapa fungsi lampu kota pada mobil yang wajib Anda ketahui. Bila lampu kota mengalami masalah segera lakukan perawatan secara berkala.

Jika perlu ganti lampu kota yang rusak dengan yang baru demi keselamatan Anda ketika berkendara. Anda dapat membeli lampu kota asli di dealer Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Memeriksa Run Out Camshaft yang Benar dan Efektif

2023-10-03

Untuk mengetahui baik buruknya performa komponen mobil, dapat dilihat dari run out (kebengkokan) komponen tersebut. Apabila run out suatu komponen terlalu tinggi mak

thumbnail

Cek Kendaraan di Bengkel Kelistrikan Mobil, Apa Saja yang Diperiksa?

2020-12-02

Bengkel kelistrikan mobil adalah tempat untuk servis sega

thumbnail

Bagi yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

2021-02-01

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Pada artikel ini, kami

thumbnail

Pajak Mobil Mewah di Indonesia 2023, Tarif & Perhitungannya

2023-01-17

Sahabat berniatan ingin membeli mobil mewah? Sudah tahu pajak mobil mewah di Indonesia belum? Nah, jika belum ada baiknya untuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini, ya! Punya mobil mewah mer