Logo Daihatsu
Menu

Planetary Gear: Fungsi, Komponen & Cara Kerja Lengkap

Otomotif

2022-08-12

fungsi planetary gear

Bagi sebagian besar pengendara mobil matic pasti sudah akrab dengan salah satu komponen penting dari transmisi otomatis mobil, yaitu planetary gear. Bagi yang belum tau apa itu planetary gear, simak apa fungsi planetary gear , komponen di dalamnya, dan bagaimana cara kerjanya secara lengkap seperti berikut. 

Fungsi Planetary Gear

Ketika mendengar nama komponen ini pasti Anda bertanya-tanya mengapa disebut planetary gear?

Jadi, pengertian dari planetary gear adalah komponen pada mobil yang terdiri dari gigi luar dan gigi dalam. Penamaan tersebut karena komponen ini memiliki beberapa komponen lainnya yang berupa gear dan tersusun sedemikian rupa seperti susunan planet dalam sistem tata surya.

Fungsi planetary gear adalah mengatur sistem transmisi mesin sehingga Anda bisa mengatur kecepatan mobil apakah ingin menaikkan atau menurunkan kecepatan, menurunkan dan menekan momen mesin hingga mengatur gerak mobil apakah bergerak mundur atau maju.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi planetary gear set pada transmisi otomatis sangat berperan penting dalam mengatur kecepatan mobil. Lantas apa saja komponen yang ada dalam planetary gear? Simak dibawah ini.

Beberapa Komponen pada Planetary Gear

Komponen mobil sangat banyak sekali. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa planetary gear terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Berikut komponen planetary gear yang harus Anda ketahui.

1. Sun Gear

Sun gear merupakan gear terkecil di dalam susunan planetary gear yang terletak di tengah.

Fungsi dari sun gear yaitu sebagai poros pusat dari semua komponen planetary lainnya sama seperti matahari yang menjadi poros bagi planet-planet dalam sistem tata surya. 

Pada dasarnya sun gear dirancang menggunakan model helical gear atau spur gear.

Ciri khas sun gear yang wajib diketahui  untuk membedakannya dari komponen lainnya adalah dari segi jumlah gigi yang lebih sedikit.

Saat proses bekerja maka gigi sun gear akan saling bertautan dengan gigi planetary pinion dan berputar secara bersamaan.

Baca Juga : Komponen Rem Tromol Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

2. Planetary Pinion Gear

Setelah mengetahui letak sun gear, pasti Anda penasaran dengan komponen yang berada di sekeliling poros pusat, dan saling bertautan dengan gigi dari sun gear.

Komponen tersebut adalah planetary pinion gear. Komponen ini memiliki diameter yang lebih kecil dari sun gear, dan memiliki kerangka susunan yang dikenal dengan planetary carrier. 

Pinion gear biasanya dilingkari oleh ring gear, dan pinion gear melingkari sun gear. Kerangka pinion gear biasanya terbuat dari bahan besi campuran dan pada ujungnya terdapat shaft yang berfungsi sebagai poros pada saat pinion berputar.

3. Ring Gear

Ring gear merupakan komponen yang mengelilingi bagian pinion gear dan terletak di bagian paling luar dan berfungsi sebagai tuas terbesar atau  pengikat seluruh komponen gear set.

Di dunia otomotif sendiri komponen ini sering disebut dengan annulus gear. Komponen ini juga terbilang komponen yang memiliki gear terbanyak dibandingkan dengan komponen  gear lainnya. 

Baca Juga : Cara Kerja Valve Body Gearbox pada Mobil Matic

Cara Kerja Planetary Gear

Setelah mengetahui semua komponen yang berada di dalam planetary gear, berikut mekanisme cara kerja planetary gear.

Komponen di dalam planetary gear dapat bekerja sesuai perintah yang di dapat, ketiga komponen gear tersebut dapat bertahan atau berputar. 

Jika Anda sedang ingin menurunkan kecepatan, maka ring gear berperan sebagai power input, sedangkan sun gear berperan menjadi stationary, dan planetary carrier berperan sebagai power output.

Hal tersebut terjadi karena sun gear ditahan dan ring gear dibiarkan berputar, sehingga gear planetary merespon dengan mengurangi kecepatan.

Namun, bila sun gear dalam keadaan ditahan, gear planetary dalam keadaan berputar, maka power output yang dikeluarkan ring gear akan menambah kecepatan.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai komponen, cara kerja, dan fungsi planetary gear. Semoga setelah membaca ulasan di atas Anda selalu memperhatikan kondisi planetary gear agar performa transmisi mobil Anda maksimal.

Apabila planetary gear pada mobil Anda mengalami masalah segera hubungi teknisi ahli atau kunjungi dealer Daihatsu terdekat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Hitung Pajak Mobil Tahunan dan 5 Tahunan

2022-08-12

Saat ingin membayar pajak, menghitung besaran pajak mobil tahunan dan 5 tahunan adalah langkah terbaik. Selain nggak bikin bingung harus menyiapkan dana berapa, Sahabat juga bisa melihat rinci biay

thumbnail

STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

2022-08-12

Salah satu dokumen kelengkapan berkendara yang harus dimiliki oleh setiap pengendara adalah STNK serta TNKB asli. Bagi pemilik kendaraan bermotor baru, tentunya dia tida

thumbnail

3 Komponen yang Harus Dicek Ketika Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek

2022-08-12

Adanya bunyi bunyian pada mesin pada saat mobil dinyalakan, bisa  menjadi penanda bahwa terdapat masalah serius yang harus segera diperbaiki. Pastinya terdapat sala

thumbnail

Cara Merawat Mobil Warna Putih Agar Tetap Awet dan Terlihat Kinclong

2022-08-12

Tak sedikit orang yang menyukai mobil putih. Hal ini karena, warna tersebut mampu membuat mobil terlihat lebih elegan, apalagi jika disejajarkan dengan mobil berwarna ge