Logo Daihatsu
Menu

Fungsi Water Jacket, Komponen, dan Penyebab Kerusakannya

Otomotif

2022-10-24

Fungsi Water Jacket, Komponen, dan Penyebab Kerusakannya

Water jacket adalah ruang yang ada di dalam mesin mobil sebagai tempat untuk menyimpan air pendingin mesin (coolant) yang bersikulasi di dalam mesin mobil. Maka dari itu, fungsi water jacket terbilang cukup krusial pada mobil karena berperan mengurangi suhu panas mesin.

Seperti diketahui water jacket termasuk salah satu komponen dari sistem pendingin mobil. Apabila sistem tersebut bermasalah maka akan mengalami masalah seperti mesin mobil overheat. Di bawah ini akan diulas secara detail mengenai fungsi, komponen, dan penyebab kerusakan water jacket mobil. Berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi Water Jacket

Apa fungsi water jacket pada sistem pendingin? Berikut fungsi dari water jacket:

  1. Sebagai tempat penampungan air pada sistem pendinginan mesin.
  2. Sebagai jalur untuk sirkulasi udara mesin.
  3. Sebagai penyerap suhu panas dalam mesin. Ketika air pendingin mengalir dengan suhu panas menuju water jacket, maka secara otomatis air pendingin ditampung terlebih dahulu oleh water jacket. Kemudian dialirkan menuju thermostat dan radiator untuk proses mendinginkan air pendingin tersebut. Setelah kondisi air sudah dingin maka dialirkan kembali ke water jacket untuk menyerap suhu panas mesin.

Baca Juga : Efek Angin Palsu Di Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil

Komponen Water Jacket

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, water jacket terletak dimana? Jadi, letak water jacket berada di sekeliling silinder liner mesin. Di dalam mesin komponen ini terletak pada dua bagian yaitu cylinder head dan cylinder block. Pada bagian ini, water jacket ada yang nampak seperti ruangan dan ada yang terlihat seperti lubang. 

Berikut komponen-komponen lain yang berada di dalam sistem pendingin yang membantu kinerja water jacket:

  • Radiator
  • Motor fan radiator
  • Fan radiator
  • Hose Radiator
  • Bypass hose
  • Thermostat
  • Water pipe
  • Belt
  • Water pump
  • Engine coolant temperature sensor
  • Temperature gauge

Baca Juga : 8 Komponen Utama Sistem Pendingin Mesin Mobil

Penyebab Water Jacket Rusak

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan water jacket rusak.

1. Menggunakan Cairan Pendingin Tidak Sesuai Spesifikasi

Pada saat pengisian air pendingin, air yang digunakan adalah air khusus dan bukan air biasa. Kesalahan penggunaan air pendingin dapat menyebabkan mantel air korosi atau berkarat. Hal tersebut terjadi karena mantel air terbuat dari material logam. 

Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan penggunaan cairan pendingin yang sesuai spesifikasi agar mantel air tidak korosi. Gunakan coolant dari pabrikan ternama sebagai air pendingin terbaik Anda. 

Pastikan Anda tidak gonta-ganti menggunakan coolant agar mantel air awet. Jika dari awal penggunaan air pendingin mesin mobil menggunakan air biasa, maka tidak boleh menggantinya dengan coolant. Hal tersebut justru akan menimbulkan masalah baru. 

Baca Juga : Suara Mesin Mobil Kasar Saat Di Gas? Ini Penyebab & Solusinya

2. Adanya Sumbatan Kotoran

Penyebab water jacket rusak lainnya, disebabkan karena adanya sumbatan kotoran pada saluran water jacket. Hal tersebut terjadi karena adanya kotoran yang ikut dan mengendap pada saat pengisian air pendingin. 

Kotoran yang dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan akan mengendap dan menyumbat sirkulasi air pendingin dan saluran mantel air. Endapan kotoran tersebut juga dapat menimbulkan karat yang dapat membuat mantel air korosi. 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan proses pembersihan dengan menyemprotkan udara bertekanan tinggi dengan menggunakan kompresor. 

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan water jacket menjadi rusak. Agar fungsi water jacket dapat berfungsi dengan maksimal, Anda perlu mengecek komponen-komponen sistem pendingin mobil secara rutin. Hal tersebut berguna sebagai langkah preventif overheat pada mobil. 

Jika Anda merasa kurang kompeten memperbaiki water jacket yang rusak, Anda bisa meminta bantuan tenaga ahli dengan mengunjungi bengkel atau dealer Daihatsu terdekat. Dengan begitu, teknisi tidak hanya akan membantu menangani kerusakan pada water jacket, namun juga memperbaiki seluruh komponen sistem pendingin mesin mobil secara menyeluruh. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips dan Cara Tukar Tambah Mobil Syariah

2020-12-01

Tukar tambah mobil syariah barangkali adalah salah satu langkah yang bisa Sahabat lakukan. Terutama, bila Sahabat ingin mendapatkan mobil baru dengan harga yang baik, Un

thumbnail

Deretan Marketplace Rental Mobil

2021-03-12

Marketplace rental mobil adalah tempat menjual jasa sewa mobil yang mampu menaikkan pendapatan pemilik mobil dengan mempromosikan mobilnya ke pengguna marketplace terseb

thumbnail

Awas Keliru! Berikut 3 Jenis Air Radiator yang Bagus Untuk Mobil Tua

2021-01-07

Air radiator pada mobil memegang peranan penting untuk meredakan panas yang ditimbulkan pada mesin kendaraan roda empat. Apalagi kendaraannya termasuk ke dalam tipe mobi

thumbnail

6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar & Solusinya

2022-08-19

Anda pasti pernah mengalami masalah kipas radiator mobil yang tidak bisa berputar. Masalah tersebut menyebabkan mesin mobil overheat dan membuat suhu di dalam mobil terasa panas.