Logo Daihatsu
Menu

Gejala yang Ditimbulkan saat Bushing Arm Rusak pada Mobil

Otomotif

2022-06-23

Gejala Bushing Arm Rusak

Bushing arm termasuk salah satu kondisi kerusakan pada mobil yang berpengaruh pada mobil itu sendiri. Gejala bushing arm rusak yang muncul pun tidak boleh diabaikan begitu saja karena dapat berpengaruh terhadap kinerja mobil.

Saat Anda mendengar suara mobil yang keras dan terasa oleng saat dikendarai, maka Anda harus mewaspadai bahwa bushing arm pada mobil Anda sedang dalam keadaan tidak baik. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang tidak menyadari hal tersebut. Lalu, apa saja gejala yang ditimbulkan? Simak informasi selengkapnya di sini!

Gejala Bushing Arm Rusak pada Mobil

Karet bushing arm pada mobil memiliki fungsi penting untuk menjaga kaki-kaki mobil agar bekerja sesuai fungsinya. Selain itu, karet bushing arm juga dapat membantu meredam getaran yang terjadi saat mobil berjalan.

Meskipun komponen ini berada di bagian kolong mobil, saat terjadi kerusakan pun seharusnya bisa dirasakan oleh pengemudi sehingga pengemudi seharusnya segera memeriksanya sesegera mungkin.

Berikut gejala bushing arm rusak pada mobil :

1. Kurang stabilnya mobil saat berjalan

Untuk mengenali adanya gejala bushing arm rusak pada mobil, Anda bisa memperhatikan bagaimana stabilisasi mobil saat dijalankan. Jika Anda merasakan kurang stabil pada mobil, terutama pada kecepatan tinggi dan jalan yang kurang mulus, tentu hal ini menjadi tanda bahwa bushing arm mulai rusak.

Hal ini akan membuat mobil terasa kurang nyaman, apalagi saat melewati jalanan yang bergelombang. Anda akan merasakan mobil seolah-olah berubah arah dengan tiba-tiba.

2 . Ada bunyi aneh di kolong mobil

Gejala selanjutnya terdapat bunyi aneh di bagian kolong mobil. Bunyi ini sebenarnya disebabkan oleh karet bushing arm yang mulai getas dan rusak. Akibatnya berdampak pada kinerjanya yang menimbulkan benturan bagian sasis dan arm.

Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini juga dapat berpengaruh terhadap stabilitas mobil saat dikendarai, bahkan bisa berbahaya.

3. Karet bushing retak

Karet bushing termasuk komponen yang penting untuk meredam getaran serta penyeimbang suspensi pada mobil. Jika karet bushing arm rusak, tentu saja komponen ini tidak bisa bekerja dengan optimal.

Jika kondisinya masih normal, maka bentuknya juga akan tetap utuh dan bagus, tetapi jika bushing telah mengalami kerusakan tentu keadaannya mulai retak.

Nah, keretakannya itu sendiri dapat disebabkan oleh bushing bekerja terlalu berat, mobil terlalu sering melewati jalan rusak, hingga karena strut bar pada bushing mulai pecah.

Untuk mengenali gejala karet bushing arm yang rusak, Anda bisa memperhatikan bahwa ada bunyi decitan atau bunyi beradu. Bunyi-bunyian ini akan muncul di bagian bawah jok depan mobil.

Cara Merawat Bushing Arm pada Mobil

Setelah Anda mengetahui gejala yang ditimbulkan akibat bushing arm, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan secara berkala, mengingat komponen ini lebih rentan mengalami kerusakan.

Jika bushing arm pada mobil sudah rusak, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru agar dapat berfungsi dengan optimal.

Selanjutnya Anda perlu melakukan perawatan bushing arm dengan baik pada mobil Anda dengan menghindari jalanan yang berlubang terutama saat menggunakan kecepatan tinggi, memastikan beban muatan sesuai dengan kapasitas mobil, serta rutin melakukan pemeriksaan pada bagian bushing.

Jika Anda ingin mengganti bushing arm pada mobil secara mandiri, pastikan Anda telah memiliki pengetahuan otomotif yang mumpuni. Akan tetapi jika Anda ragu, lebih baik Anda percayakan hal ini pada ahlinya di bengkel resmi Daihatsu.

Melalui kami di bengkel Daihatsu, Anda dapat melakukan perawatan mobil di bengkel resmi serta mendapatkan kualitas spare part mobil Daihatsu yang sesuai dengan tipe mobil Anda.

Nikmati layanan booking service online untuk menjadwalkan service tanpa harus menunggu antrian yang lama! Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengunjungi website resmi kami di sini!

 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Fungsi Link Stabilizer Mobil & Ciri-Ciri Jika Rusak

2022-08-16

Hampir semua produsen mobil membekali mobil yang diproduksi dengan komponen penting agar mobil dapat melaju dengan baik yaitu link stabilizer.

thumbnail

3 Tanda Platina Mobil Rusak Atau Sudah Habis

2021-01-05

Pada rangkaian komponen mesin mobil, platina punya tugas utama untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dalam sistem pengapian. Jadi peranti ini punya peran penting

thumbnail

Fungsi Dwell Tester : Cara Perawatan & Menggunakannya

2022-08-10

Bicara soal pemeliharaan kendaraan, tentu tidak lepas dari penggunaan alat ukur untuk membantu proses perbaikan salah satunya menggunakan dwell tester. Salah satu fungsi dwell tester

thumbnail

E-Tilang – Cek Info dan Cara Pembayaran

2020-12-03

E-Tilang atau tilang elektronik adalah sistem tilang yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan CCTV pada lampu lalu lintas sebagai pengawas menggantikan petug