Logo Daihatsu
Menu

Ide Tema 17 Agustus yang Kreatif dan Unik

Family

2020-11-03

tema 17 agustus kreatif dan unik

Momen 17 Agustus memang menarik setiap tahunnya. Banyak sekali orang yang memikirkan kira-kira tema 17 Agustus yang kreatif dan unik apa yang bisa digunakan untuk kampungnya. Semakin kreatif dan unik, maka semakin terkenal juga kampungnya dan biasanya akan ditiru oleh kampung sekitar di tahun berikutnya. Ini adalah kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang.

Berikut ini adalah beberapa ide tema 17 Agustus yang kreatif dan unik, serta berkaitan dengan lomba 17-an apa saja yang bisa diterapkan dengan tema 17 Agustus-an tersebut.

Tema Perjuangan

Untuk tema perjuangan ini sangat biasa diambil oleh banyak kampung. Hal ini wajar karena memang 17-an adalah momen memperingati perjuangan. Namun, Sahabat masih bisa mengeksplorasi lebih jauh mengenai tema perjuangan ini.

Beberapa lomba 17-an yang bisa digelar untuk tema perjuangan, antara lain sebagai berikut.

Lomba Cosplay Pahlawan

Lomba yang satu ini memang biasanya dilakukan oleh anak kecil dengan melakukan karnaval. Namun, Sahabat bisa memberikan sentuhan yang lebih kreatif dengan mengajak orang dewasa yang melakukannya. Siapa yang paling kreatif dan cosplay-nya paling mirip dengan pahlawan, itulah pemenangnya.

Sahabat bisa melakukan polling dengan bantuan dewan juri atau masyarakat yang datang di lokasi saat itu. Siapa yang mendapatkan suara paling banyak, itulah pemenangnya.

Lomba Memasang Perban

Lomba ini hampir tidak pernah dijumpai saat lomba 17 Agustus. Padahal keterampilan memasang perban ini perlu diketahui oleh orang awam.

Lomba memasang perban bisa dilakukan dengan memberikan batas waktu dan hasil perban siapa yang paling bagus. Jika Sahabat merasa lomba ini susah dilaksanakan, Sahabat bisa memberikan penyuluhan terlebih dahulu bagaimana cara memasang perban yang benar kepada calon peserta. Setelah itu, keesokan harinya lomba dimulai.

Lomba Balap Tandu

Lomba balap tandu ini tujuannya adalah agar memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai bagaimana mengangkat tandu yang benar agar korban kecelakaan tidak jatuh dari tandu.

Sahabat bisa memberikan variasi lomba balap tandu ini dengan menentukan pemenangnya adalah yang lebih dulu sampai di garis Finish dan yang ditandu tidak boleh jatuh.

Baca juga: Permainan Tradisional khas Indonesia

Tema Gotong Royong

Indonesia sejak zaman dulu dikenal dengan keramahan dan gotong royongnya. Sahabat bisa menggunakan tema gotong royong ini untuk tema 17 Agustus di kampung Sahabat. Lomba-lomba yang bisa dieksplorasi dari tema gotong royong adalah sebagai berikut.

Lomba Memasukkan Paku ke Botol Secara Berkelompok

Jika satu orang saja memasukkan paku yang ditali dengan benang di pinggang ke dalam botol saja susah, apalagi jika dilakukan secara berkelompok. Cara bermainnya adalah paku diikat dengan beberapa tali yang mencabang. Setiap anggota memegang satu tali. 

Targetnya adalah mengangkat paku tersebut bersama-sama dan memasukkannya dalam botol. Siapa grup yang lebih dulu memasukkan paku ke botol, itulah pemenangnya.

Lomba Kereta-keretaan Berkelompok

Lomba ini cukup menantang. Dalam satu kelompok terdiri dari 4 orang dan saling memegang pundak orang di depannya. Orang yang paling belakang matanya tidak ditutup, sedangkan 3 orang depannya matanya ditutup.

Orang yang paling belakang memberikan instruksi kepada orang yang terdepan. Orang kedua dan ketiga dari depan mengikuti orang yang terdepan. Apakah Sahabat bisa membayangkannya? Nantinya akan diberikan penghalang di tengah jalur lombanya. Siapa grup yang paling cepat sampai Finish itulah pemenangnya.

Apakah ini lomba yang mudah? Tentu saja tidak. Karena ini berkaitan dengan menurunkan ego dan percaya pada rekan tim. Secara naluriah, manusia kebanyakan lebih mendahulukan egonya sendiri dibandingkan tujuan bersama.

Tema Kekinian

Untuk tema 17 Agustus kekinian banyak sekali yang bisa dieksplor. Mulai dari permainan yang sedang populer saat ini bisa dilombakan. Beberapa contoh lomba yang bisa dibuat adalah dengan membuat video kreatif perorangan atau tim di kampung. Yang paling bagus, itulah yang menang.

Tak hanya itu, Sahabat juga bisa membuat kampanye mencuci tangan dan hidup sehat melalui TikTok atau media sosial lainnya. Yang paling banyak dibagikan dan mendapatkan apresiasi bagus, itulah yang menang. Banyak sekali ide yang bisa digali.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

10 Orang Terkaya di Indonesia yang Sangat Menginspirasi

2020-11-27

Menjadi orang kaya memang impian semua orang ya Sahabat. Namun, untuk menjadi orang kaya, kamu diharuskan untuk bekerja keras dan tidak mudah menyerah. Karena, setiap pr

thumbnail

7 Unsur Kebudayaan yang Melekat di Kehidupan Masyarakat

2021-01-31

Budaya merupakan suatu cara hidup yang telah tumbuh dan berkembang di dalam sekelompok manusia. Lalu, budaya tersebut akan diwariskan secara turun-temurun. 

thumbnail

Cara Mendidik Anak dengan Baik Ala Orang Tua Milenial

2020-11-05

Memiliki anak berperilaku baik adalah hal yang diinginkan setiap orang tua. Cara orang tua mendidik anak akan menentukan perilaku si kecil. Orang tua yang mendidik anaknya dengan baik tidak akan me

thumbnail

10 Tips Membersihkan Rumah dengan Efektif sehingga Lebih Nyaman untuk Ditempati

2021-03-12

Membersihkan rumah adalah kegiatan yang dianggap remeh. Padahal, untuk melakukannya dengan baik harus paham jenis perkakas di rumah supaya tahu bagaimana cara membersihk